Jadi Ambilance, Mobil Desa AMMDes Turut Perangi Wabah Corona

14/04/2020| Fatchur Sag

Sejak bulan lalu Pemerintah Indonesia bersama dengan masyarakat disibukkan dengan aktivitas penanganan virus Corona. Virus bernama COVID-19 yang muncul pertama dari kota Wuhan China itu menyebar di Indonesia di hampir seluruh daerah. Langkah antisipasi dilakukan dengan beragam cara, mulai dari pembatasan beragam aktivitas di luar rumah, melarang acara kumpul-kumpul banyak orang hingga instruksi wajib memakai masker untuk seluruh masyarakat saat berada di luar rumah.

Kabar baik datang dari Lebak Banten dimana mobil  pedesaan atau yang disebut Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) telah difungsikan sebagai ambulance untuk membantu penanganan COVID-19. Adalah Puskesmas Bojongmanik di Kabupaten Lebak, Banten, memanfaatkannya untuk memberikan seosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya dan pencegahan COVID-19.

>>> Cegah Virus Corona, Pertamina Sumbang Ribuan APD

Foto menujukkan AMMDes Ambulance Feeder tampak dari samping depan

AMMDes Ambulance Feeder, membantu penanganan wabah virus Corona

"Hal ini membuktikan bahwa AMMDes dapat memberi kemudahan dan bisa digunakan dengan berbagai fungsi sesuai kebutuhan yang diinginkan," tutur Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kemenperin, Putu Juli Ardika, seperti dikutip dari Detik, (9/4/2020).

Dijelaskan oleh Putu, AMMDes ambulance feeder digunakan secara aktif oleh petugas Puskesmas Bojongmanik mengunjungi masyarakat yang berada di sembilan desa. AMMDes dipilih mengingat akses ke sembilan desa tersebut cukup terpencil dengan infrastruktur jalan yang masih buruk. Dan AMMDes sangat mumpuni untuk hal tersebut. Demi kelancaran pihak puskesmas menggandeng berbagai kalangan seperti pemerintah daerah, Kepolisian, TNI, organisasi masyarakat, serta kader Jamilah dari USAID Jalin Project.

"Peran kader Jamilah dalam kegiatan ini adalah membantu tim Puskesmas untuk memberi informasi kepada masyarakat agar mengikuti konseling," kata Putu. "Para kader Jamilah ini akan melapor langsung ke petugas Puskesmas jika ada yang diduga (suspect) terjangkit virus Corona di lingkungannya dan terus mengawasi pengunjung yang datang ke desa mereka," imbuhnya.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Foto AMMDes Ambulance Feeder tampak dari samping

AMMDes, kendaraan pedesaan multiguna

Dalam kunjungannya ke desa-desa menggunakan mobil pedesaan AMMDes Puskesmas Bojongmanik melakukan kegiatan sosialisasi dan edukasi terkait virus Corona (COVID-19). Diantaranya membagikan selebaran atau brosur tentang virus Corona, memberikan masker gratis kepada masyarakat dan mengajarkan cara penggunaan yang tepat, mengajarkan cara mencuci tangan dengan sabun dan air yang benar, serta mengimbau masyarakat untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

AMMDes

Sebagai informasi, mobil pedesaan yang disebut Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) resmi diluncurkan Presiden Joko Widodo di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. Sesuai namanya AMMDes dibuat untuk membantu mobilitas warga yang berkaitan dengan perekonomian desa. Fungsi utamanya adalah sebagai kendaraan pengangkut hasil pertanian / perkebunan, sebagai generator atau genset listrik, serta pompa air untuk keperluan irigasi. Namun pada perkembangannya, AMMDes juga difungsikan sebagai ambulance untuk mendukung kebutuhan kesehatan di pedesaan.

>>> GIIAS 2018: Resmi Dibuka dengan Peluncuran AMMDes serta Deklarasi Euro4

Foto Peluncuran AMMDes di GIIAS 2018 oleh Presiden Joko Widodo

Presiden Jokowi meresmikan peluncuran mobil pedesaan di GIIAS 2018

ADa tiga tipe AMMDes yang saat ini tersedia yaitu tipe fix bin dengan power take off atau PTO (mengambil tenaga dari sumber lain dan mentransmisikan energi tersebut untuk aplikasi lain), tipe fixed bin dengan ALSINTAN dan tipe flat deck atau passenger dengan PTO.

>>> Berbagai berita otomotif bisa Anda dapatkan di Mobilmo

Berita sama topik

  • Tahun Baru Mobil Baru, Beli Daihatsu Ayla Mulai Rp. 102 Juta

    11/01/2021| Abdul

    Tahun Baru Mobil Baru, Beli Daihatsu Ayla Mulai Rp. 102 Juta

    Mobil Daihatsu Ayla varian terendah dijual dengan harga Rp. 100 jutaan lebih sedikit. Tentunya hal ini menjadi salah satu kendaraan yang dapat dibeli bagi Sobat yang menginginkan sebuah kendaraan dengan harga terjangkau dan kondisi baru.

  • Terkait Larangan Mobil Konvensional Di Jepang, Toyota Minta Tidak Melarangnya

    21/12/2020| Abdul

    Terkait Larangan Mobil Konvensional Di Jepang, Toyota Minta Tidak Melarangnya

    Rencana Jepang untuk larangan kendaraan ICE akan dilakukan tahun 2035. Pihak Toyota mencoba untuk mendorong pihak Pemerintah Jepang supaya tidak melarang mobil konvensional terkait larangan mobil konvensional di Jepang. Selain itu belum ada kejelasan terkait perizinan untuk kendaraan hybrid dan plug-in hybrid apakah diizinkan atau tidak.

  • Bulan November 2020 Penjualan Honda Brio Mengalami Peningkatan

    14/12/2020| Abdul

    Bulan November 2020 Penjualan Honda Brio Mengalami Peningkatan

    Momen akhir tahun menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk membeli mobil. Hal tersebut karena terdapat penawaran menarik yang diberikan oleh pihak pabrikan. Nah untuk kali ini kami akan memberikan informasi mengenai penjualan Honda Brio di bulan November 2020.

International