Cegah Virus Corona, Pertamina Sumbang Ribuan APD

30/03/2020 | Fatchur Sag

Pertamina memikul tanggung jawab besar dalam memenuhi kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) di tanah air. Namun dalam situasi seperti saat ini Pertamina turut berpartisipasi dalam menangani wabah Virus Covid-19 dengan menyalurkan ribuan bantuan, diantaranya:

  • Menyerahkan sebanyak 1.733 Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga medis. Bantuan ini diserahkan melalui 39 rumah sakit yang menjadi rujukan menangani COVID-19 di seluruh Indonesia.

Foto menunjukkan Pertamina menyerahkan APD kepada tenaga medis

Pertamina menyerahkan bantuan APD ke tenaga medis

  • Menyerahkan sebanyak 13.706 sarung tangan, 58.452 buah masker dan 1.800 liter hand sanitizer. Bantuan-bantuan tersebut diserahkan kepada Rumah Sakit, Puskesmas, Posyandu, Awak Mobil Tangki (AMT), petugas SPBU dan SPBE, pelanggan, serta masyarakat umum.
  • Melakukan penyemprotan disinfektan di 248 lokasi termasuk fasilitas umum yang sering digunakan masyarakat.
  • Menyediakan 61 wastefel portabel di Puskesmas dan fasilitas umum.
  • Mendistribusikan 4.866 paket makanan saji untuk pihak yang turut bekerja di luar rumah seperti buruh, jurnalis, dan tenaga medis.

“Kami juga menyadari, upaya paling utama untuk mencegah penyebaran ini adalah dengan mencuci tangan secara rutin. Karena itu, perusahaan juga telah menyediakan 61 wastafel portabel di Puskesmas dan fasilitas umum untuk memudahkan petugas medis dan masyarakat umum membersihkan tangan," kata VP Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman, dalam keterangan resminya (28/3/2020).

>>> Layanan Tutup, Perpanjangan SIM di Jakarta Dilakukan Setelah 29 Mei 2020

Foto menunjukkan tempat mencuci tangan bantuan Pertamina

Bantuan wastafel portabel untuk mencuci tangan masyarakat

Fajriyah menambahkan pihaknya seluruh elemen Pertamina Group terus bergerak untuk membantu pencegahan penyebaran Covid-19. Selain memastikan wilayah operasional Pertamina aman dari penyebaran virus tersebut, Pertamina juga aktif membantu penyebaran virus di tempat-tempat umum.

"Kami terus melakukan upaya optimal untuk memastikan wilayah operasional kami terbebas dari Covid-19 sehingga layanan BBM dan LPG dapat berjalan baik dengan mengedepankan keamanan dan keselamatan sesuai standar HSSE,” pungkas Fajriyah.

Sebagai informasi, Menteri BUMN telah mengarahkan Pertamina sebagai BUMN kordinator Penanganan Covid-19 di wilayah Jakarta Utara dan Kepulauan Riau. Meski begitu, menurut Fajriyah Pertamina juga akan tetap berperan aktif untuk membantu pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah-wilayah yang lain.

>>> Pencegahan Virus Corona, Ini Langkah Jasa Marga Di Gerbang Tol

Foto menunjukkan penyemprotan disinfektan Pertamina

Foto menunjukkan penyemprotan disinfekan oleh Pertamina

Pertamina melakukan penyemprotan disinfektan

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik