Itung-itungan Ini Yang Bikin DFSK Tetap Optimis Berjualan Di Indonesia

16/04/2019 Fatchur Sag Pasar Mobil

Dengan dua model yang dimiliki saat ini, Glory 580 dan Glory 560, DFSK tetap optimis berjualan di Indonesia sebab diyakini pasar masih besar dan terbuka lebar untuk semua model.

Sedikit mengherankan melihat sepak terjang Dongfeng Sokon (DFSK) selama ini. Belum lama hadir dan model yang dimiliki yaitu Glory 580 juga belum begitu laris, DFSK tetap optimis berjualan di Indonesia. Bahkan model baru Glory 560 diluncurkan demi memberi banyak pilihan kepada konsumen dan mendongkrak penjualan.

Foto DFSK Glory 580 dalam sebuah pameran otomotif, mencoba menggoda konsumen dengan tawaran menggiurkan

Sampai saat ini penjualan Glory 580 belum sesuai ekspektasi

Rupanya DFSK telah membuat itung-itungan dan tidak asal berjualan. Menurut Managing Director of Sales Center PT Sokonindo Automobile, Franz Wang, Indonesia dengan penduduk saat ini sekitar 260 jutaan dan penjualan mobil 1 jutaan per tahun menandakan potensi pasar Indonesia masih sangat besar dan stimulus untuk memaksimalkan pasar tidak bisa dilakukan satu dua merek saja.

"Harus diakui dengan banyaknya merek otomotif yang ada di Indonesia, termasuk DFSK, memang menjadi stimulus untuk memaksimalkan pasar di Indonesia karena untuk melakukannya tidak bisa hanya dilakukan oleh satu atau dua merek saja. DFSK pun masuk ke Indonesia dengan menargetkan celah sport utility vehicle (SUV) yang juga sesuai dengan kami sebagai spesialis SUV," tutur Franz Wang, melalui keterangan resminya, Jumat (12/4/2019) lalu.

Dari data penjualan yang tercatat di Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) rasio kepemilikan kendaraan di Indonesia jauh lebih rendah dibanding dengan negara-negara tetangga. Di Malaysia rasio kepemilikan 450 unit per 100 orang, di Thailand rasionya 220 per 1000 orang. Sementara di Indonesia hanya 87 unit per 1000 orang.

>>> Diklaim Mulai Diterima Masyarakat, Ini Hasil Penjualan DFSK Glory 580

Foto suasan lalu lintas di jalan raya yang sangat padat oleh berbagai macam kendaraan

Pasar otomotif tanah air diperebutkan banyak merek dunia

Dari sisi segmentasi pasar Indonesia saat ini memang didominasi Multi Purpose Vehicle (MPV), namun tren yang ada segmen SUV juga terus meningkat dari tahun ke tahun, besarnya mencapai 5 persen dalam empat tahun belakangan. Sementara MPV pada saat yang sama menurun hingga 4 persen. Sebagai gambaran, tahun 2018 lalu penjualan SUV di Indonesia mencapai 201 ribu unit, terdiri atas 135 unit SUV compact (naik 6 persen dibanding tahun 2017) dan 45 ribu unit SUV medium large (turun 6 persen dibanding tahun 2017).

"Ini sesuai dengan prediksi kami, dan kami menunjukan keseriusan dan spesialisasi sebagai produsen SUV dengan menawarkan DFSK Glory 580 dan DFSK Glory 560 segera kepada masyarakat Indonesia yang membutuhkan kendaraan untuk memenuhi kebutuhan mobilitas dengan aman, nyaman, dan penuh gaya," tutur Franz Wang mantap.

Saat ini meski belum terlihat hasil penjualan yang menggembirakan, DFSK tetap optimis berjualan di Indonesia dan sangat yakin suatu saat SUV-SUV yang diluncurkannya bakal diminati dan dicari banyak orang. Jadi ditunggu saja.

>>> Harga DFSK Glory 560 Telah Diumumkan, Tersedia 3 Varian

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Mungkin anda ingin baca