Isuzu Traga Resmi Diekspor Setelah 20 Bulan Mengaspal di Indonesia

13/12/2019| Fatchur Sag

Presiden Widodo hadir dalam seremoni ekspor perdana Isuzu Traga dan melakukan pelepasan langsung terhadap 120 unit Traga yang dikirimkan ke Filipina. Seremoni berlangsung di pabrik perakitan PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) di Kawasan Industri Suryacipta, Karawang Timur pada Kamis, 12 Desember 2019.

Turut hadir dalam acara pelepasan tersebut yaitu Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Duta Besar Jepang untuk Republik Indonesia Masafumi Ishii, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Foto Presiden Jokowi melepas unit Isuzu Traga dalam acara ekspor perdana

Pelepasan unit Isuzu Traga ekspor perdana ke Filipina oleh Presiden Joko Widodo

Dalam sambutannya Presiden menuturkan, salah satu alasan utamanya datang ke pabrik IAMI adalah adanya ekspor perdana yang memang sangat beliau harapkan. “Kenapa saya mau datang ke PT Isuzu ini? Karena ada ekspor perdana Isuzu Traga pada pagi hari ini,” kata Presiden.

Sebagai awalan, sebanyak 120 unit Isuzu Traga dikirim ke Filipina dari target 6000 unit hingga akhir rahun 2020. Filipina menjadi negara pertama tujuan ekspor sebelum diteruskan ke negara lain di Asia Tenggara, Timur Tengah, Amerika Latin, hingga beberapa negara Afrika.

“Tadi disampaikan oleh Bapak Prijono (Presdir Astra), Pak, tahun ini hanya satu negara. Hanya satu negara, tapi dalam tiga tahun ke depan akan masuk ke 20 negara baik itu di Afrika, baik itu di Asia Timur, baik itu di Timur Tengah. Ini yang diharapkan oleh pemerintah,” ungkap Presiden.

Sebagai informasi, Isuzu Traga merupakan model pick up pertama yang dimiliki PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) setelah dihentikannya Isuzu Bison dari pasaran. Traga diluncurkan di Ballroom XXI di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, pada 23 April 2018.

>>> Review Isuzu Traga FD 2018, Pick Up Rasa Truck Terbaik dari Isuzu

Foto Isuzu Traga saat diluncurkan  pertama kali tahun 2018

World Premiere Isuzu Traga di Indonesia, 23 April 2018

Dibanding Bison, Isuzu Traga punya lebih banyak kelebihan. Dimensi kargonya lebih besar dengan panjang 2.810 mm dan lebar 1.620 mm. Untuk performa Traga dengan mesin yang sama dengan mesin si legendaris Panther, yaitu 4JA1-L 2.500cc Diesel Direct Injection. Tenaga yang dihasilkan mencapai 80 PS dan torsi 19,5 kgm dengan transmisi 5-percepatan.

>>> 10 Mitos Yang Membuat Orang Enggan Beralih ke Mobil Listrik

Mobil ini kini menjadi tulang punggung Isuzu di Indonesia dengan angka penjualan paling besar. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) mencatat penjualan Isuzu Traga tahun 2018 mencapai 3.043 unit. Di tahun 2019 ini dari Januari-Oktober penjualan Traga sudah mencapai 4.938 unit.

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

International