Inden Suzuki Jimny 20 Tahun, Kok Mau!

23/12/2019| Fatchur Sag

Jika di GIIAS 2017 ada Mitsubishi Xpander yang fenomenal penuh sesak dikerubuti pengunjung sejak hari pertama hingga penutupan, Suzuki Jimny sekarang lebih fenomenal lagi. Bukan karena jumlah pesanan yang meledak mencapai puluhan ribu, tapi karena lamanya waktu menunggu pengiriman unit. Pabrik di Jepang membatasi pengiriman unit ke Indonesia hanya 50 unit, sementara pesanan yang masuk jauh lebih besar dari itu. Hal ini membuat waktu pengiriman semakin panjang. Jika sebelumnya dikabarkan mencapai 7 hingga 10 tahun, kabar terbaru inden Suzuki Jimny mencapai 20 tahun.

>>> Gila, Mau Beli Suzuki Jimny Harus Antre 10 Tahun

Foto Suzuki Jimny tampak dari samping

MInat Suzuki Jimny harus inden puluhan tahun

"Ada cerita tambahan. Kemarin kan saya bilang (ada) 150 (unit antrean di salah satu diler), hari ini dapat update. Ada diler di Jakarta, yang terima indenan sudah 250 unit. Bisa bayangin nggak berapa lama? 250 bulan, (kalau 1 bulan 1 unit) bisa 20 tahun lebih itu (pemenuhannya)," tutur Direktur Pemasaran PT SIS 4W, Dony Saputra, seperti dikutip dari Detik, (21/12/2019).

Yang bikin Suzuki heran kok mau-maunya konsumen membayar uang booking untuk produk yang akan diterima 20 tahun mendatang. Selain keburu tua, teknologi otomotif sekarang kemungkinan tak relevan lagi di masa itu. "Banyak yang ngotot, padahal sudah dijelasin ke konsumen bahwa antrean sudah 250. Tapi dia bilang nggak papa. Kita juga jadi susah, nggak terima, dia konsumen loyal kami. Kalau diterima, janji delivery kami juga susah," terang Dony.

Seperti diketahui, Suzuki Jimny terbaru memulai debutnya di Jepang pada pertengahan 2018. Setelah dipamerkan di Indonesia beberapa kali, Jimny akhirnya diluncurkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) akhir April 2019. Dan seperti diduga sebelumnya, mobil ini pun mendapat respon cukup baik dari masyarakat. Lebih-lebih para pecinta mobil-mobil retro dan off road.

Foto Suzuki Jimny tampak dari depan

Wajah Suzuki Jimny terbaru, terlihat sekali nuansa off road-nya

Suzuki Jimny terbaru punya dimensi panjang 3.265 mm, lebar 1.645 mm, tinggi 1.720 mm, dan ground clearance setinggi 210 mm. Desainnya mengotak dengan lampu utama bundar, ground clearance tinggi dan ban cadangan menempel di pintu belakang, persis seperti ciri khasnya Jimny di masa lalu.

Untuk dapur pacu Suzuki Jimny dibekali mesin mesin K15B yang ringan dengan tenaga 102 PS pada putaran 600 rpm dan torsi 130 Nm pada putaran 4000 rpm. Mesin Jimny generasi keempat ini menawarkan kemampuan off road mutakhir untuk menghadapi dan mengeksplorasi tantangan dengan mode berkendara 2H, 4H dan 4L.

>>> Review Suzuki Jimny AT (Two Tone) 2019

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

  • Ini Alasan Mobil Listrik Honda Belum Masuk Ke Indonesia

    22/02/2021| Abdul

    Ini Alasan Mobil Listrik Honda Belum Masuk Ke Indonesia

    Mobil listrik Honda belum ada yang masuk ke Indonesia. Bahkan yang hadir baru-baru ini ada 3 model yang bukan menggunakan tenaga listrik. Mobil tersebut adalah New Honda Odyssey, Honda CR-V facelift dan New Honda Brio RS Urbanit. Padahal banyak yang memberikan spekulasi bahwa mobil baru yang akan hadir di Tanah Air adalah CR-V PHEV yang sebelumnya telah dihadirkan di China.

  • Peningkatan Transaksi Terjadi Di Aplikasi My Suzuki, Sampai 57%

    19/02/2021| Abdul

    Peningkatan Transaksi Terjadi Di Aplikasi My Suzuki, Sampai 57%

    Semakin kesini zaman semakin bertambah modern. Salah satunya ponsel, hampir semua orang saat ini punya ponsel dan selalu dibawa kemana-mana. Oleh sebab itu hal tersebut dimanfaatkan dengan memberikan sebuah aplikasi untuk mengakses sebuah layanan dan hal lainnya. Salah satunya adalah aplikasi My Suzuki yang ditujukan untuk para konsumennya.

  • Mobil Isuzu Panther Dihentikan Produksinya, Isuzu Berterima Kasih Kepada Pelanggan Setia

    17/02/2021| Abdul

    Mobil Isuzu Panther Dihentikan Produksinya, Isuzu Berterima Kasih Kepada Pelanggan Setia

    Mobil Isuzu Panther berhenti diproduksi, kiprahnya mencapai 3 dekade. Pihak Isuzu memberikan rasa terima kasih sedalam-dalamnya kepada pelanggan setia yang mempercayakan kendaraan produknya untuk menemani kegiatan sehari-hari. Selain itu, meskipun telah dihentikan produksinya namun soal sparepart dijamin selama 8 tahun.

International