Gila, Mau Beli Suzuki Jimny Harus Antre 10 Tahun

06/12/2019| Fatchur Sag

Dibatasinya produksi Suzuki Jimny hanya di pabrik Jepang membawa dampak besar pada percepatan distribusi ke konsumen. Jimny yang harusnya segera terkirim jadi tertunda lama karena kapasitas produksi tidak mencukupi. Bukan karena tidak dimaksimalkan, tapi permintaan di seluruh dunia yang lebih besar.

Foto Suzuki JImny 2019 tampak dari samping depan

Suzuki Jimny, harus inden lama untuk memiliki

Di Inggris misalnya, Autocar.co.uk memberitakan lebih dari 4.500 orang telah memesan Jimny. Namun hanya 1.100 unit yang bisa dikirim tahun ini. Di Indonesia juga demikian, sebelumnya dikabarkan inden Suzuki Jimny sampai 3-4 tahun karena pesanan yang masuk sudah melebihi angka 2.000 unit. Sementara kuota Jimny untuk Indonesia hanya 50 unit. Kondisi ini memaksa PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menghentikan pemesanan agar antrean tidak semakin panjang.

"Maka dari itu untuk beberapa diler dengan antrian inden panjang sudah tidak menerima pemesanan. Selanjutnya akan kami tinjau pada Mei 2020 mendatang," kata Direktur Pemasaran 4W PT SIS Donny Ismi Saputra seperti dikutip dari Okezone, (30/9/2019) lalu.

Nah, kabar terbaru lebih mencengangkan lagi. Meski sudah distop, SIS tidak mampu membendung permintaan yang terus masuk. Saking banyaknya, inden Suzuki Jimny di beberapa kota mencapai 7 tahun hingga 10 tahun. Memang ini konsekuensi yang harus diterima konsumen dan ternyata mereka tidak keberatan.

>>> Review Suzuki Jimny AT (Two Tone) 2019

Foto Diler Suzuki Depok dari samping depan

Sudah membludak, diler disarankan tidak menerima pemesanan Suzuki Jimny

"Kami sudah infokan ke diler untuk stop, tapi tetap dari konsumen dan diler masih ada yang terima juga. Inden di kota-kota besar sangat panjang, bahkan ada satu daerah yang anteran indennya sampai tujuh dan 10 tahun lebih," tuturnya sebagaimana dikutip dari Kompas, (5/12/2019). "Herannya lagi, konsumennya juga tetap mau," tambahnya heran.

Meski semua tahu Suzuki Jimny mengalami ledakan permintaan yang luar biasa di berbagai negara, pihak prinsipal sepertinya masih enggan untuk melakukan perluasan produksi di pabriknya yang lain. Pernah diberitakan Jimny bakal diproduksi juga di India di bawah bendera Maruti untuk memenuhi pasar Afrika dan Timur Tengah. Namun hingga kini tak juga jadi kenyataan.

Suzuki Indonesia juga sudah mengajukan permohonan agar Jimny bisa diproduksi lokal. Dan sampai sekarang statusnya masih menunggu tanpa ada kepastian.

>>> Produksi di Jepang Tidak Mencukupi, Prinsipal Belum Yakin Buat Produksi di Negara Lain

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

International