Impor Pajero Sport Belum Terealisasi, Konsumen Tak Perlu Risau Soal Harga

29/03/2019| Fatchur Sag

Foto Mitsubishi Pajero Sport saat diluncurkan para pertengahan tahun 2017

Demi Xpander, Pajero Sport yang jadi unggulan Mitsubishi di segmen SUV sepertinya harus mengalah

Kabar sebelumnya yang mungkin cukup melegakan bagi konsumen Xpander bahwasanya untuk memenuhi banjirnya permintaan terhadap low MPV Mitsubishi Xpander, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) benar-benar sudah memiliki tekad untuk memenuhi permintaan kosumen terhadap Xpander. Hal tersebut dilakukan setelah beberapa waktu yang lalu pihaknya mengetahui bahwa cukup banyak dari calon konsumen yang mengeluhkan terkait dengan pemesanan atau inden terhadap Mitsubishi Xpander yang masih tetap lama.

Konsekuensi dari tekad ini membuat Mitsubishi mau tidak mau harus berkonsentrasi penuh dalam memproduksi Xpander. Ini yang dilematis karena pengaruh yang sangat signifikan terhadap produksi model-model lain di dapur pabrik Mitsubishi dimana salah satunya adalah produksi SUV Pajero Sport. Dan semua orang tahu betul bahwa di segmen mobil SUV yang sangat ramai di pasaran Pajero Sport merupakan salah satu produk andalan milik Mitsubishi di Indonesia.

Nah, terkait dengan masalah itu Mitsubishi pernah mengutarakan rencana bahwa pihaknya akan melakukan impor Pajero Sport yang diimpor langsung dari Thailand. Bagaimana kabarnya saat ini?

“Sebetulnya ini adalah rencana sementara. Karena kita perluas juga untuk meningkatkan Xpander. Nantinya sambil mempersiapkan kapasitas untuk Xpander, sementara kita akan lakukan impor. Tapi ini belum dilakukan,” tutur Director Sales & Marketing Division PT MMKSI, Irwan Kuncoro di sela-sela peresmian dua diler baru di Tangerang, Rabu (27/3/2019) lalu.

>>> Presiden Jokowi Resmikan Ekspor Perdana Mitsubishi Xpander

Foto sejumlah mobil Mitsubishi Xpander untuk pasar ekspor masih berjajar di pelabuhan

Produksi Mitsubishi Xpander tidak hanya untuk pasar domestik, tapi juga untuk pasar ekspor

Belum ada kepastian dan kejelasan soal waktu impor dilakukan sebab saat ini masih dalam tahap komunikasi dengan pemerintah terkait masalah perizinan. “Soal waktunya kita lihat nanti. Ada beberapa komposisi Pajero tidak diimpor (tetap lokal). Tapi lihat nanti kebutuhan pasar dan kebutuhan dipakai untuk Xpander,” katanya.

Jika rencana impor Pajero Sport itu benar-benar dilakukan oleh Mitsubishi, apakah harga Pajero Sport akan menjadi naik? Mungkin ini yang jadi salah satu pertanyaan dan kekhawatiran konsumen.

>>> Mungkin Anda tertarik: Review Mitsubishi Xpander Sport M/T 2018: Ancaman Nyata Duet Avanza Xenia

Terkait masalah naik dan tidaknya harga Pajero Sport versi impor Irwan mengatakan bahwa konsumen tidak perlu khawatir. Sebab, kenaikan harga seharusnya tidak akan diberlakukan terhadap mobil SUV andalan Mitsubishi tersebut. “Secara prinsip harusnya tidak naik harganya. Karena impor itu juga belum terealisasi jadi harusnya impor dan ini harus sama. Jadi dari sisi konsumen, impor atau tidak itu sebetulnya bukan masalah, kalau internal kita karena menjaga pasokan Xpander cukup, Pajero juga aman,” jelas Irwan.

Intinya karena belum ada kepastian konsumen tidak perlu khawatir harga Pajero Sport mengalami kenaikan dan bisa membeli dengan harga saat ini sesuai yang tertera di situs resmi Mitsubishi Motors Indonesia. Soal harganya naik atau tidak, itu akan diputuskan saat impor Pajero Sport benar-benar terealisasi.

>>> Awal 2018, Varian Lokal Pajero Sport Resmi Bertambah Dua

Seperti diketahui, pesanan Mitsubishi Xpander sejak pertama diluncurkan terus mengalir. Mitsubishi juga terus meningkatkan produksinya di pabrik sebab selain untuk memenuhi konsumen dalam negeri, Mitsubishi Xpander juga diekspor memenuhi permintaan konsumen di luar negeri. Belum lagi sekarang pabrik Misubishi juga memproduksi Nissan Livina yang produknya sudah diluncurkan sejak bulan lalu.

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

  • Layanan EV Smart Mobility Di Bali, Akses Mudah Dengan Adanya Digitalisasi

    06/04/2021| Abdul

    Layanan EV Smart Mobility Di Bali, Akses Mudah Dengan Adanya Digitalisasi

    Layanan EV Smart Mobility di Bali bisa dirasakan oleh para wisatawan. Terdapat beberapa mobil full listrik yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan mobilitas saat berada di Pulau Dewata Bali. Kemudahan juga diberikan dengan digitalisasi dan protocol kesehatan lebih meningkat karena tidak berhubungan dengan banyak orang secara langsung.

  • Bulan Februari Mobil Murah Suzuki Jadi Kendaraan Yang Laris Manis

    31/03/2021| Abdul

    Bulan Februari Mobil Murah Suzuki Jadi Kendaraan Yang Laris Manis

    Mobil murah Suzuki menjadi salah satu yang laris manis di bulan Februari. Dibandingkan bulan Januari kenaikan yang terjadi cukup signifikan. Untuk mobil paling tinggi dalam hal ekspor adalah Suzuki Karimun Wagon R. Setelah itu diikuti dengan mobil Suzuki XL7 dan Ertiga.

  • New Honda CR-V Dapat Pembaruan, Penjualan Mobil Honda Mengalami Kenaikan

    22/03/2021| Abdul

    New Honda CR-V Dapat Pembaruan, Penjualan Mobil Honda Mengalami Kenaikan

    Penjualan mobil Honda mengalami peningkatan. Jadi pada bulan Februari sempat mengalami penurunan. Hal tersebut bisa disebabkan menunggu realisasi insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah sehingga harga mobil bisa lebih ringan. Terbukti setelah mendapatkan insentif pajak, beberapa mobil mengalami penyesuaian harganya sehingga ada diskon yang cukup besar.

International