Impor Pajero Sport Belum Terealisasi, Konsumen Tak Perlu Risau Soal Harga

29/03/2019| Fatchur Sag

Foto Mitsubishi Pajero Sport saat diluncurkan para pertengahan tahun 2017

Demi Xpander, Pajero Sport yang jadi unggulan Mitsubishi di segmen SUV sepertinya harus mengalah

Kabar sebelumnya yang mungkin cukup melegakan bagi konsumen Xpander bahwasanya untuk memenuhi banjirnya permintaan terhadap low MPV Mitsubishi Xpander, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) benar-benar sudah memiliki tekad untuk memenuhi permintaan kosumen terhadap Xpander. Hal tersebut dilakukan setelah beberapa waktu yang lalu pihaknya mengetahui bahwa cukup banyak dari calon konsumen yang mengeluhkan terkait dengan pemesanan atau inden terhadap Mitsubishi Xpander yang masih tetap lama.

Konsekuensi dari tekad ini membuat Mitsubishi mau tidak mau harus berkonsentrasi penuh dalam memproduksi Xpander. Ini yang dilematis karena pengaruh yang sangat signifikan terhadap produksi model-model lain di dapur pabrik Mitsubishi dimana salah satunya adalah produksi SUV Pajero Sport. Dan semua orang tahu betul bahwa di segmen mobil SUV yang sangat ramai di pasaran Pajero Sport merupakan salah satu produk andalan milik Mitsubishi di Indonesia.

Nah, terkait dengan masalah itu Mitsubishi pernah mengutarakan rencana bahwa pihaknya akan melakukan impor Pajero Sport yang diimpor langsung dari Thailand. Bagaimana kabarnya saat ini?

“Sebetulnya ini adalah rencana sementara. Karena kita perluas juga untuk meningkatkan Xpander. Nantinya sambil mempersiapkan kapasitas untuk Xpander, sementara kita akan lakukan impor. Tapi ini belum dilakukan,” tutur Director Sales & Marketing Division PT MMKSI, Irwan Kuncoro di sela-sela peresmian dua diler baru di Tangerang, Rabu (27/3/2019) lalu.

>>> Presiden Jokowi Resmikan Ekspor Perdana Mitsubishi Xpander

Foto sejumlah mobil Mitsubishi Xpander untuk pasar ekspor masih berjajar di pelabuhan

Produksi Mitsubishi Xpander tidak hanya untuk pasar domestik, tapi juga untuk pasar ekspor

Belum ada kepastian dan kejelasan soal waktu impor dilakukan sebab saat ini masih dalam tahap komunikasi dengan pemerintah terkait masalah perizinan. “Soal waktunya kita lihat nanti. Ada beberapa komposisi Pajero tidak diimpor (tetap lokal). Tapi lihat nanti kebutuhan pasar dan kebutuhan dipakai untuk Xpander,” katanya.

Jika rencana impor Pajero Sport itu benar-benar dilakukan oleh Mitsubishi, apakah harga Pajero Sport akan menjadi naik? Mungkin ini yang jadi salah satu pertanyaan dan kekhawatiran konsumen.

>>> Mungkin Anda tertarik: Review Mitsubishi Xpander Sport M/T 2018: Ancaman Nyata Duet Avanza Xenia

Terkait masalah naik dan tidaknya harga Pajero Sport versi impor Irwan mengatakan bahwa konsumen tidak perlu khawatir. Sebab, kenaikan harga seharusnya tidak akan diberlakukan terhadap mobil SUV andalan Mitsubishi tersebut. “Secara prinsip harusnya tidak naik harganya. Karena impor itu juga belum terealisasi jadi harusnya impor dan ini harus sama. Jadi dari sisi konsumen, impor atau tidak itu sebetulnya bukan masalah, kalau internal kita karena menjaga pasokan Xpander cukup, Pajero juga aman,” jelas Irwan.

Intinya karena belum ada kepastian konsumen tidak perlu khawatir harga Pajero Sport mengalami kenaikan dan bisa membeli dengan harga saat ini sesuai yang tertera di situs resmi Mitsubishi Motors Indonesia. Soal harganya naik atau tidak, itu akan diputuskan saat impor Pajero Sport benar-benar terealisasi.

>>> Awal 2018, Varian Lokal Pajero Sport Resmi Bertambah Dua

Seperti diketahui, pesanan Mitsubishi Xpander sejak pertama diluncurkan terus mengalir. Mitsubishi juga terus meningkatkan produksinya di pabrik sebab selain untuk memenuhi konsumen dalam negeri, Mitsubishi Xpander juga diekspor memenuhi permintaan konsumen di luar negeri. Belum lagi sekarang pabrik Misubishi juga memproduksi Nissan Livina yang produknya sudah diluncurkan sejak bulan lalu.

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

  • BMW Jadi Merek Mobil Premium Terlaris Di Indonesia Dalam 7 Bulan Pertama 2020

    15/08/2020| Abdul

    BMW Jadi Merek Mobil Premium Terlaris Di Indonesia Dalam 7 Bulan Pertama 2020

    BMW Indonesia klaim dirinya jadi merek mobil premium terlaris di Indonesia dalam 7 bulan pertama di tahun 2020 ini. Penjualan yang dicapainya adalah 1.034 unit mobil. Tentunya hal tersebut menjadi berita yang menggembirakan untuk pihak BMW, mengingat di tahun ini terjadi pandemi virus corona (Covid-19).

  • Penjualan Mobil Honda Bulan Juli 2020 Naik 62%, Brio Satya Jadi Penopang

    14/08/2020| Abdul

    Penjualan Mobil Honda Bulan Juli 2020 Naik 62%, Brio Satya Jadi Penopang

    Hingga saat ini pandemi virus Covid-19 belum sepenuhnya hilang. Beberapa sektor perekonomian di Tanah Air masih terdampak, begitu juga soal penjualan mobil. Kali ini kami akan membahas tentang penjualan mobil Honda, yang mana di bulan juli mengalami kenaikan sebesar 62%.

  • Hadirkan Mobil Baru Saat Pandemi, Ini Alasan Toyota

    13/08/2020| Abdul

    Hadirkan Mobil Baru Saat Pandemi, Ini Alasan Toyota

    Toyota Astra Motor menghadirkan mobil baru saat pandemi. Ada tanggapan bahwa hal tersebut merupakan sesuatu yang nekat, namun terdapat alasan Toyota melakukan hal tersebut. Bahkan pihak Toyota juga terdapat perhitungan sendiri.

International