Ikuti Kebijakan PSBB, Pabrik Mitsubishi Cikarang Tutup Sementara

22/04/2020| Fatchur Sag

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan di DKI Jakarta mulai 10 April lalu meluas. Wilayah lain turut memberlakukan kebijakan yang sama guna memutus rantai penyebaran virus Corona (COVID-19). Seperti di Bogor, Depok, Bekasi, Tangerang Raya, Bandung Raya, serta beberapa wilayah lain di Indonesia.

Gambar menunjukkan PSBB di Sumbar

PSBB berlaku juga di luar Jawa

Sebagaimana di Jakarta, PSBB di wilayah-wilayah tersebut juga membatasi 6 aktivitas utama warga, yaitu pembatasan pembelajaran di sekolah dan institusi pendidikan lainnya, pembatasan aktivitas bekerja di tempat kerja, pembatasan kegiatan keagamaan, pembatasan kegiatan di tempat atau fasilitas umum, pembatasan kegiatan sosial dan budaya, serta pembatasan pergerakan orang dan barang yang menggunaan moda transportasi.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Mengikuti kebijakan di atas, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) turut mengambil langkah penyesuaian. Produsen kendaraan penumpang Mitsubishi di Indonesia itu bakal menutup sementara pabriknya di Indonesia yang berada di kawasan GIIC, Deltamas, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Belum dijelaskan detail waktunya, yang pasti penghentian aktivitas produksi bakal dilakukan sesegera mungkin serta mengikuti kebijakan PSBB.

"Produksi kami telah disesuaikan, tapi masih ada kewajiban untuk pasar ekspor dan domestik yang harus dipenuhi. Sehingga, minggu ini (13-17 April 2020) kami masih memiliki aktivitas produksi," tutur HR & GA Director MMKI, Prianto seperti dikutip dari Kompas, (18/4/2020). "Kami memiliki rencana untuk menghentikan sementara produksi pada awal minggu depan, tetapi kami belum dapat memberikan informasi secara detail pada saat ini," lanjutnya.

>>> Promo Mitsubishi April 2020, Dari Bunga 0% Hingga Special Trade-In

Foto menunjukkan Pabrik Mitsubishi Cikarang Jawa Barat

Pabrik Mitsubishi di Cikarang, tempat Xpander diproduksi

Sebagai informasi pabrik Mitsubishi di Deltamas Cikarang merupakan salah satu pabrik mobil terbesar di Indonesia dengan kapasitas produksi mencapai 220.000 per tahun. Di antara produk yang dihasilkan yaitu Pajero Sport, Xpander dan Nissan Livina. Untuk diketahui Mitsubishi dan Nissan adalah satu aliansi. Jadi mereka bisa berbagi satu sama lain seperti memanfaatkan infrastruktur pabrik serta dalam pengembangan produk.

Terkait dengan penyebaran virus Corona (COVID-19) di Indonesia pabrik tetap beroperasi dan memproduksi. Meski demikian segala aktivitas dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai yang dianjurkan pemerintah. Hal ini untuk mastikan keselamatan dan kesehatan para karyawan tetap terjaga.

"Guna menjamin kesehatan dan keselamatan karyawan, keluarga karyawan, dan lingkungan terdekat, kami telah menerapkan protokol kesehatan sesuai aturan serta berkonsentrasi pada produksi hanya untuk pemenuhan kewajiban. Sehingga, keterlibatan karyawan bisa dikurangi signifikan," kata Prianto. "Kondisi ini masih terus dimonitor dan dapat berubah berdasarkan kondisi terkini," tambahnya.

>>> Review Mitsubishi Xpander Limited AT 2019

Foto menunjukkan Perakitan Mitsubishi Xpander di pabrik Mitsubishi Cikarang

Mitsubishi Xpander menjadi tulang punggung penjualan Mitsubishi di Indonesia

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

International