Review Mitsubishi Xpander Limited AT 2019

02/11/2019| Fatchur Sag

1. PENGANTAR MITSUBISHI XPANDER LIMITED AT 2019

Sedikit kilas balik ke pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 dimana Mitsubishi Xpander diluncurkan. Mobil ini langsung terkenal dengan tampilannya yang lebih atraktif, keren dan futuristik dibandingkan Low MPV lain yang ada di Indonesia. Xpander sukses menjadi model paling fenomenal dengan bukti penjuaan yang meledak diluar dugaan. Meski demikian, nama Mitsubishi Xpander masih berada dalam bayang-bayang Toyota Avanza, mobil keluarga model paling sukses sejak pertama diluncurkan tahun 2003. Beberapa kali Xpander berhasil mengungguli Avanza dalam hal penjualan, namun beberapa kali pula Avanza mampu menyalip kembali.

Nah, di tahun 2019 ini, upaya dilakukan Mitsubishi untuk mengambil kembali posisi atas pada pasaran mobil Low MPV. Salah satunya dengan menghadirkan varian spesial Mitsubishi Xpander Limited AT 2019. Mobil ini diproduksi dengan aksesoris tambahan premium dan hanya ada 1000 unit. Peluncuran dilakukan di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 pada bulan April.

Foto menunjukkan Mitsubishi Xpander Limited AT 2019

Mitsubishi Xpander Limited AT 2019, lebih keren dari Xpander biasa

Mobil terbatas ini tentu nantinya akan menggebrak pasar Indonesia. Sebagai mobil limited, tentu prestige dan pamornya menjadi lebih tinggi dibandingkan mobil lainnya. Banyak orang yang mengincar mobil ini juga berharap harga jual yang masih tinggi beberapa tahun kedepannya.

2. EKSTERIOR MITSUBISHI XPANDER LIMITED AT 2019

Sebagai mobil Low MPV spesial, Mitsubishi Xpander Limited AT 2019 tentunya tampil dengan gaya baru yang dibuat lebih menarik dibandingkan varian-varian lainnya. Konsep tampilan baru dari Mitsubishi Xpander Limited AT 2019 adalah modern, sporty dan megah. Banyak bagian – bagian body luar yang didesain lebih gagah dan tegas. Beberapa bagian juga dibuat lebih besar untuk menunjukan kesan lebih mewah saat pertama kali melihat. Anda tentu bisa melihat perbedaan aura mobil ini jika datang mengamatinya langsung.

Eksterior Mitsubishi Xpander Limited AT 2019 : Bagian Depan

Foto Mitsubishi Xpander Limited AT 2019 tampak dari depan

Bagian depan Mitsubishi Xpander Limited AT 2019 lebih berani dan tegas

Pada bagian depan mobil ini, Anda melihat desain body yang memiliki sudut-sudut lebih berani. Hal ini sengaja dipilih untuk menunjukan tampilan yang lebih gagah dan sporty. Selain itu masih ada sentuhan detail lain yang cukup mencolok pada body kit yang membuat kombinasinya jadi lebih menarik.

Bagi banyak orang tampilan ini tentu sudah cukup, tapi jika konsep yang dicari Mitsubishi adalah kombinasi megah, modern dan sporty beberapa faktor rasanya masih kurang. Dari segi sporty tampilan ini tentu baik, tapi untuk modern dan megah, beberapa bagian masih terasa kurang pas. Hal yang paling mencolok dari tampilan depan ini adalah lampu besar yang dibungkus frame body kit. Bentuk frame dari lampu ini membuat tampilan lebih kaku, tapi hal ini terasa unik dan tentunya lebih berani.

Eksterior Mitsubishi Xpander Limited AT 2019 : Bagian Samping

Foto Mitsubishi Xpander Limited AT 2019 tampak dari samping

Dari samping tampilan Mitsubishi Xpander Limited AT 2019 dibedakan dengan adanya stiker racing

Dari samping tampilan mobil ini juga cukup baik. Sentuhan kontur dan juga sticker bertema racing yang dipasang membuat tampilannya tidak terkesan datar. Selain itu ada sentuhan chrome pada area handle pintu yang membuatnya tampak lebih mencolok.

Dari samping, tampilan megah dan besar lebih terasa karena dimensi mobilnya yang cukup besar. Hal ini didukung juga dengan tampilan velg dengan ukuran besar yang seakan membuat roda mobil ini tampil lebih dominan. Desain velg ini juga berpadu baik dengan desain sticker bertema racing yang berada di area dekat roda.

Eksterior Mitsubishi Xpander Limited AT 2019 : Bagian Belakang

Foto Mitsubishi Xpander Limited AT 2019 tampak dari belakang

Dari belakang Mitsubishi Xpander Limited AT 2019 sama dengan Xpander varian Ultimate

Pada area belakang, Anda akan menemukan logo Limited yang memang khusus menandai Mitsubishi Xpander Limited AT 2019. Selain emblem ini, detail lain seperti hiasan chrome dan juga bentuk body kit tidak berbeda dengan tampilan belakang Mitsubishi Xpander varian lain. Hal ini tentu sedikit kurang greget mengingat pihak Mitsubishi ingin membuat mobil ini lebih spesial.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR MITSUBISHI XPANDER LIMITED AT 2019

Tentunya, tak hanya eksterior yang mendapatkan perubahan pada mobil edisi khusus ini. Mitsubishi Xpander Limited AT 2019 juga mendapatkan sentuhan pada detail interior. Sebagai mobil yang limited edition, sentuhan tampilan dalam mobil ini juga harus dibuat special.

Banyak orang mengatakan bahwa tampilan di interior tidak sedrastis perubahan eksterior. Walaupun begitu, jika Anda melihat lebih detail, Anda akan melihat perubahan yang signifikan di dalamnya. Mari bahas bersama perubahan detail ini!

Interior Mitsubishi Xpander Limited AT 2019 : Kabin

Foto Kabin depan Mitsubishi Xpander Limited AT 2019

Nuansa kabin terlihat lebih mewah

Pada bagian kabin mobil ini, dominasi warna coklat muda dan krem akan menyambut Anda. Warna pilihan ini tentu membuat interior seakan – akan mewah dan elegan. Walaupun bentuknya mirip dengan model mobil Xpander generasi sebelumnya, pada beberapa detail Anda akan menemukan perbedaan.

Hal yang paling menjual adalah kualitas bahan yang digunakan sepertinya lebih tebal dan menggunakan komposit baru. Bahan ini membuat interior lebih terasa lembut tapi juga kuat. Pada beberapa sudut, Anda akan melihat logo dan stiker Limited menghiasi bagian dalam ini dan memberikan gambaran yang senada dengan tampilan luar mobil ini.

Interior Mitsubishi Xpander Limited AT 2019 : Dashboard dan Setir

Foto Dashboard Mitsubishi Xpander Limited AT 2019

Ornament Decal yang menghiasi ruang kabin membuat interior XPANDER Limited tampil lebih sporty

Untuk bentuk dashboard dan setir, sayangnya tidak banyak mendapatkan perubahan. Walaupun memiliki tampilan yang cukup menarik, tampilan ini sama seperti pada generasi sebelumnya. Hal yang berbeda adalah material yang digunakan pada dashboard terasa lebih halus.

Untuk setir, Anda akan dihadapi kombinasi panel digital dan juga analog. Semua ini mudah dibaca dan disusun rapi. Kontrol panel pada setir juga cukup mudah digunakan. Jadi secara penggunaan, tampilan setir sangat memuaskan, sayangnya dari penampilan masih biasa saja.

Interior Mitsubishi Xpander Limited AT 2019 : Kursi/Jok

Foto Kursi Mitsubishi Xpander Limited AT 2019

Berkendara terasa lebih nyaman dengan Sporty Seat Cover di Interior XPANDER Limited

Yang mencolok untuk kursi Mitsubishi Xpander Limited AT 2019 yaitu pilihan warnanya yang hitam dengan aksen tulisan 'Xpander'. Desainnya juga terlihat lebih sporty dibanding Xpander biasa. Untuk pengaturan, kursi belakang bisa dilipat sesuai kebutuhan untuk menambah luas ruang bagasi.

Interior Mitsubishi Xpander Limited AT 2019 : Bagasi

Bagasi pada mobil ini masih sama dengan Mitsubishi Xpander standar lainnya. Ruangan yang luas dengan kursi bagian belakang yang bisa dilipat untuk keperluan barang besar tentu sudah biasa. Untuk bagasi, sepertinya upgrade material dan pilihan warna adalah hal yang berubah jika dibandingkan versi sebelumnya.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

4. FITUR MITSUBISHI XPANDER LIMITED AT 2019

Banyak orang berharap fitur Mitsubishi Xpander Limited AT 2019 lebih ekstra. Tentu fitur ini mendapatkan beberapa sentuhan modern yang baik, tapi banyak juga yang merasa fitur ini kurang special sebagai pilihan untuk edisi limited dari Mitsubishi Xpander. Mari bahas bersama fitur-fitur tersebut di bawah ini!

Fitur Mitsubishi Xpander Limited AT 2019 : Fitur Keselamatan

Gambaran Pengereman ABS pada Mitsubishi Xpander Limited AT 2019

Gambaran fitur Emergency Stop Signal pada Mitsubishi Xpander Limited AT 2019

ESS (EMERGENCY STOP SIGNAL), lampu hazard akan menyala secara otomatis saat pengemudi menginjak rem

Untuk fitur yang penting ini, Mitsubishi Xpander Limited AT 2019 memiliki beberapa hal yang cukup special. Fitur pertama ini adalah sistem rem ABS (Anti-lock Braking System). Sistem ini akan membantu Anda saat mengerem mendadak. ABS akan membantu Anda mendistribusikan tekanan rem pada roda secara individu agar tidak terjadi masalah ban terkunci pada saat itu. Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan fitur HSA (Hill Start Assist) dan fitur ASC (Active Stability Control) untuk menghadapi tanjakan dan tikungan saat berkendara. Sistem keamanan standar seperti air bag dan juga sabuk pengaman juga tentu ada. Selain itu, Anda juga diberikan panel untuk membantu parkir.

Fitur Mitsubishi Xpander Limited AT 2019 : Fitur Kenyamanan dan Hiburan

Gambaran Radius Putar Mitsubishi Xpander Limited AT 2019

Untuk berputar Mitsubishi Xpander Limited AT 2019 tidak butuh lokasi super lapang

Kenyamanan pada mobil ini lebih difokuskan pada kemampuan berkendara. Menggunakan sistem cruise control, Anda dengan mudah melaju di kecepatan tinggi tanpa harus susah payah. Hal ini tentu membantu Anda yang sering berkendara di jalan tol dengan waktu lama. Selain itu, kenyamanan AC juga sudah diperbaiki. Sistem pendingin di sini lebih merata dan lebih sunyi dibandingkan Mitsubishi Xpander generasi sebelumnya.

Untuk hiburan, Anda hanya mendapatkan hal yang sama dengan edisi Mitsubishi Xpander tahun 2018. Tentu hal seperti audio dan layar di panel utama dashboard sudah cukup sebagai sarana hiburan bagi Anda yang lebih fokus pada fungsi mobil sebagai alat transport. Tapi mengingat versi ini adalah spesial, banyak orang mengharapkan hal lebih dari Mitsubishi.

>>> Review Mitsubishi Xpander Sport M/T 2018: Ancaman Nyata Duet Avanza Xenia

5. OPERASI MITSUBISHI XPANDER LIMITED AT 2019

Foto mesin yang digunakan Mitsubishi Xpander Limited AT 2019

Mitsubishi Xpander Limited AT 2019, mesin sama dengan Mitsubishi Xpander biasa

Mobil ini dilengkapi dengan mesin berteknologi MIVEC dengan kapasitas 1,499 cc. Mesin yang ini mampu mengeluarkan tenaga yang cukup besar yaitu 104 Ps pada 6,000 rpm dan torsi puncak 141 Nm pada 4,000 rpm. Hal ini tentu membuat mobil bisa mengeluarkan tenaga besar yang cukup mantap. Mesin ini juga didesain untuk memudahkan proses stop and go pada piston yang tentunya membuat mesin lebih responsif.

Mobil ini sangat terasa nyaman digunakan di jalanan kota. Suspensi yang digunakan sepertinya mengurangi hentakan di kecepatan tinggi dan tentunya membuat pengalaman berkendara lebih nyaman. Saat ditikungan, walaupun ukurannya besar, Low MPV ini tergolong cukup gesit.

>>> Selling Points Tinggi Bikin Mitsubishi Xpander Raih Banyak Penghargaan

6. SPESIFIKASI MITSUBISHI XPANDER LIMITED AT 2019

 

DIMENSI

Panjang

4475 mm

Lebar

1750 mm

Tinggi

1700 mm

Jarak sumbu roda

2775 mm

Ground Clearance

205 mm

Kapasitas tangki

45 liter

Radius putar

5,2 m

MESIN

Tipe

4A91 1.5L MIVEC DOHC 16-Valve

Kapasitas silinder

1499 cc

Tenaga maksimum

104 PS @ 6.000 rpm

Torsi maksimum

141 Nm @ 4.000 rpm

Bahan bakar

Bensin

Sistem bahan bakar

PGM-FI (Fuel Injection)

Transmisi

Otomatis 4 percepatan

KAKI-KAKI

Sistem Kemudi

Rack and Pinion, Electronic Power Steering (EPS)

Sistem penggerak roda

Penggerak roda depan / Front Drive (FWD)

Suspensi depan

MacPherson Strut with Coil Spring

Suspensi belakang

Torsion Beam

Rem depan

Cakram

Rem belakang

Tromol

Ukuran ban

205/55 R16

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN MITSUBISHI XPANDER LIMITED AT 2019

Kelebihan Kekurangan
Produk limited, diyakini harga jualnya akan menjadi tinggi beberapa tahun kedepan Beberapa aspek terasa kurang special bagi edisi limited
Tampilan mendapatkan sentuhan upgrade yang cukup memuaskan Segi kekuatan mesin terasa sama dengan Mitsubishi Xpander Ultimate biasa.
Sangat nyaman digunakan untuk kebutuhan transport jarak jauh  
Tampilan interior lebih mewah dengan penggunaan bahan yang lebih baik  

8. DAFTAR HARGA MITSUBISHI XPANDER LIMITED AT 2019

Hanya ada satu varian Mitsubishi Xpander Limited AT 2019 yang dipasarkan di Indonesia. Mobil ini dijual dengan harga Rp 276.600.000 OTR DKI Jakarta dan sekitarnya (Oktober 2019). Harga tidak mengikat, dapat berubah sewaktu-waktu. Untuk wilayah lain atau pada bulan yang lain, harga kemungkinan besar berbeda.

9. VIDEO MITSUBISHI XPANDER LIMITED AT 2019

10. KESIMPULAN MITSUBISHI XPANDER LIMITED AT 2019

Mobil ini punya feel special sebagai mobil limited edition. Walaupun banyak memiliki sisi baik, hal ini juga bisa ditemukan pada Mitsubishi Xpander Ultimate yang non-limited. Tentu dari segi tampilan, mobil ini memberikan sesuatu yang lebih, tapi hal ini akan tergantung selera individu yang menilainya. Jika Anda ingin mobil special, pilihan mobil ini bisa diambil, tapi bagi Anda yang tidak peduli akan tampilan dan lebih pada kegunaannya, Mitsubishi Xpander Limited AT 2019 ini tidak akan memberi sesuatu yang spesial bagi Anda.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Review mobil serupa

  • Review Mitsubishi Xpander Limited AT 2019

    02/11/2019| Fatchur Sag

    Review Mitsubishi Xpander Limited AT 2019

    Mitsubishi Xpander Limited AT 2019 hadir di Indonesia dengan tampilan berbeda. Tambahan aksesoris resmi membuatnya terlihat makin sporty tanpa meninggalkan fungsionalnya sebagai mobil keluarga. Apa yang membuat mobil ini terlihat istimewa dan layak dimiliki, simak ulasan berikut!

  • Review Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fosgate 2018 : Wajah Keren Dengan Sistem Audio Mumpuni

    28/08/2019| Abdul

    Review Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fosgate 2018 : Wajah Keren Dengan Sistem Audio Mumpuni

    Mitsubishi Pajero Sport adalah kendaraan yang diproduksi oleh Mitsubishi Motors. Masuk dalam kategori kendaraan SUV dengan station wagon 5 pintu yang di usungnya. Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fosgate 2018 masuk dalam generasi ketiga Mitsubishi Pajero dimana Pajero sendiri mulai diproduksi sejak 1996 silam. Di Indonesia, permintaan akan Mitsubishi Pajero Sport cukup tinggi yang mencapai 1.800 unit setiap bulannya.

  • Review Mitsubishi Pajero Sport 2020: Facelift Dulu Di Thailand, Indonesia Kapan Nih?

    02/08/2019| Franky Pratama

    Review Mitsubishi Pajero Sport 2020: Facelift Dulu Di Thailand, Indonesia Kapan Nih?

    Mitsubishi Thailand baru-baru ini menggemparkan dunia otomotif yang menghadirkan Pajero Sport Facelift dalam wajah baru. Fiturnya pun dikemas lebih canggih daripada yang dijual di Indonesia. Ingin tahu kelebihan barunya? Yuk kita simak bersama dalam review Mitsubishi Pajero Sport 2020.

International