Hongqi N501, Limosin Kepresidenan Cina yang Membawa Sang Presiden di Afrika

13/08/2018| Padli Nurdin

Hongqi N501 merupakan sedan empat pintu dengan panjang lebih dari 5.5 meter memiliki bagian gril depan yang besar. Jelas untuk menyaingi mobil mewah berukuran besar lainnya, seperti Rolls-Royce, Bentleys, dan Mercedes yang sangat populer menjadi kendaraan kepresidenan pemimpin dunia, semisal Presiden Rusia Vladimir Putin dan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un.

Gambar yang menunjukan mobil limosin Hongqi N501

Hongqi N501 yang digunakan oleh Presiden Xi Jinping (foto: Twitter OedoSoldier)

Dilaporkan, Hongqi N501 mendapatkan kekuatan sebesar 402 daya kuda yang didapatkan dari mesin V8 turbocharged bertransmisi otomatis serta dapat melakukan perjalanan lebih dari 800 kilometer untuk sekali pengisian tangki penuh.

>>> Dimulai dari Go-Viet, Go-Jek lebarkan sayap ke Asia Tenggara

Laporan awal mengindikasikan bahwa N501 menggunakan mesin Toyota, tetapi ukuran dan bentuk limosin ini membuat pengamat otomotif memprediksi mobil ini menggunakan sasis Audi A6L. Yang jelas, bendera Cina terpasang pada dua sisi samping depan kendaraan mengisyaratkan unsur dan tampilan khas Cina.

Dalam perjalanan Presiden Xi Jinping di Afrika, jepretan gambar menunjukan mobil kepresidenan ini memiliki jendela dan pintu lapis baja tahan peluru yang berat. Meskipun tidak dijelaskan secara resmi, dipastikan berbagai fitur keamanan tambahan, termasuk peralatan komunikasi disematkan untuk membantu sang penguasa tetap terhubung selama perjalanan.

>>> Dapatkan berita informatif pasar mobil seluruh dunia hanya di sini

Gambar yang menunjukan presiden cina Xi Jinping ketika keluar dari mobil

Presiden Xi Jinping ketika keluar dari Hongqi N501 (foto: Twitter OedoSoldier)

Di luar itu, masih belum ada detail yang tersedia tentang mobil ini beserta fitur-fiturnya. Ketika informasi Hongqi N501 pertama kali muncul pada tahun 2016 lalu, banyak yang beranggapan bahwa mobil ini masuk menjadi lini produk komersial Hongqi.

>>> Ingin membeli mobil baru berkualitas? Informasi selengkapnya klik di sini!

Namun pada Mei 2018, ketika Hongqi belum secara resmi meluncurkan N501 dan limosin ini tidak terdaftar dalam katalog perusahaan, pengamat mobil Cina melihat salah satu mobil ini di jalan menggunakan pelat nomor militer. Penampakan ini menegaskan kedudukan N501 sebagai model khusus untuk pemerintah negara tersebut.

Gambar yang menunjukan limosin Hongqi N501 diarak di Cina

Limosin Hongqi merupakan limosin orisinil Cina (foto: Gasgoo)

Limosin Hongqi menjadi lambang penting bagi Pemerintah Cina. Hongqi, yang merupakan salah satu merek di bawah payung FAW Group milik Cina yang membangun desain dan bekerja sama dengan perusahaan asing seperti Audi dan Toyota untuk pengembangan mobil konglomerat ini.

>>> Berita terlengkap dunia otomotif hanya ada di Mobilmo

Berita sama topik

International