Desakan Mulai Berdatangan, Toyota Mulai Pikirkan Pembaruan Avanza

28/07/2018| Padli Nurdin

Desakan pembaruan Toyota semakin kencang berhembus. Hal ini terjadi karena kompetitor dari pabrikan lain di segmen Low MPV mulai bermunculan. Suzuki sudah meluncurkan Ertiga versi terbaru sedangkan merk China Wuling mengeluarkan Confero S. Dan yang menjadi kuda hitam, pesaing utama Avanza di kelas Low MPV datang dari sosok Mitsubishi Xpander.

Gambar yang menunjukan mobil Avanza keluaran tahun 2017 berwarna cokelat

Masih populer di segmen low MPV, pesaing Avanza mulai banyak bermunculan

Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto mengungkapkan pihaknya tidak menutup mata bahwa kebutuhan untuk memperbarui MPV terpopuler Toyota tersebut mulai berdatangan.

"Sebenarnya bukan Avanza saja, sekarang ini konsumen yang memang orientasinya fungsional masih ada. Namun ada juga yang melihat modern, baru, itu kita tidak menutup mata. Oleh karena itu, kami terus pelajari untuk memberikan produk dan layanan terbaik," ucap Henry saat ditemui media di Jakarta beberapa hari lalu.

>>> Masih bertaji, penjualan Avanza kalah sedikit dari Xpander

Lantas, kapan pembaruan pada Avanza akan dilakukan oleh Toyota? Henry Tanoto menutup rapat informasi ini. “Pokoknya pihak Toyota sangat memperhatikan basis dari konsumen kita, untuk saat ini basisnya itu fungsional. Untuk masalah fungsional Avanza masih diterima baik oleh masyarakat,” jelasnya.

Gambar yang menunjukan wajah Henry Tanoto dari Toyota

Henry Tanoto mengakui adanya desakan untuk pembaharuan Avanza

Berdasarkan data Gaikindo, Avanza sampai semester satu 2018 berhasil mencatatkan angka distribusi sebesar 39.455 unit atau sebesar 30 persen dari total pasar LMPV. Posisinya dilewati Mitsubishi Xpander yang unggul tipis dan terjual sebanyak 39.948 unit.

>>> Ingin membeli Avanza? Dapatkan beragam informasinya hanya di sini

Full model change Avanza dilakukan November 2011. Penambahan dimensi panjang membuat bagasi belakangnya dapat memuat galon air isi ulang, meski kursi baris ketiga berdiri tegak untuk diduduki penumpang. Tampilan eksterior dan interior pun berubah.

Generasi keduanya tersedia dalam 2 pilihan mesin, 1.3 liter dan 1.5 liter. Keduanya juga ditawarkan dalam pilihan transmisi manual 5-kecepatan dan otomatis 4-kecepatan dan bertahan hingga sekarang. Namun setelah facelift terakhir pada tahun 2015, Avanza dibekali mesin baru dengan teknologi dual VVTi.

>>> Dapatkan beragam informasi pasar mobil hanya di Mobilmo

Gambar yang menunjukan versi facelift terakhir Avanza tahun 2015

Versi facelift terakhir Avanza muncul 2015 lalu

Dengan banyaknya faktor yang mendesak pihak Toyota untuk segera memperbarui desainnya,  diharapkan akan lahir Avanza generasi terbaru yang modern dan berbeda dari pendahulunya. Sesuai dengan permintaan dari beberapa konsumen yang setia memperhatikan perkembangan Avanza dari generasi pertama.

>>> Dapatkan berbagai berita dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik