Evaluasi Uji Laik Fungsi (ULF), Tol Permai Siap Dioperasikan

29/06/2020| Fatchur Sag

PT Hutama Karya / HK (Persero) tengah mempersiapkan beroperasinya jalan Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) sebagaimana arahan Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR). Kesiapan terlihat dengan suksesnya pelaksanaan proses Uji Laik Fungsi (ULF) mulai dari seksi 2 (Minas – Kandis Selatan) hingga seksi 6 (Duri Utama – Dumai).

Foto menunjukkan Kunjungan anggota DPR ke Tol Permai

Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) segera berop

Dalam keterangan resmi yang dirilis HK, Senior Executive Vice President (SEVP) Divisi Pengembangan Jalan Tol (PBJT) Hutama Karya, Agung Fajarwanto menyatakan bahwa kegiatan ULF yang dilakukan pekan lalu, Rabu s/d. Jumat, 17-19 Juni 2020 berjalan lancar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Jadi selama tiga hari tersebut, kami bersama beberapa stakeholder melakukan rangkaian ULF mulai dari pembukaan, peninjauan ke lapangan, hingga pembahasan atas temuan catatan dari kegiatan ULF ini,” ungkap Fajar.

Lebih lanjut Fajar menyampaikan bahwa Hutama Karya berterima kasih atas dukungan dari berbagai pihak terhadap pembangunan Tol Permai.

“Berkat usaha terbaik perusahaan untuk terus mendukung terealisasinya pengoperasian JTTS ruas Pekanbaru – Dumai sepanjang 131 KM sesuai dengan arahan Kementerian PU, kami telah melaksanakan ULF sebagai bagian dari tahapan operasional jalan tol,” pungkasnya.

Penyelesaian tol ini juga dapat terealisasi berkat kolaborasi Hutama Karya dengan anak perusahaannya yakni PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) sebagai kontraktor dan PT Hakaaston (HKA) sebagai penyuplai aspal.

>>> Jalan Tol di Medan Ini Bakal Jadi Smart Toll Way Pertama di Sumatra

Foto Tol Pekanbaru-Dumai, indah

Uji Laik Fungsi (ULF) Tol Permai selesai digelar

Spesifikasi Tol Permai

Tol Permai terdiri dari 6 (enam seksi) yaitu

  1. Seksi 1 Pekanbaru – Minas (9,5km),
  2. Seksi 2 Minas – Kandis Selatan (24,1km),
  3. Seksi 3 Kandis Selatan – Kandis Utara (16,9km),
  4. Seksi 4 Kandis Utara – Duri Selatan (26,5 km),
  5. Seksi 5 Duri Setalan – Duri Utara (29,54km), dan
  6. Seksi 6 (Duri Utara – Dumai (25,05km).

Tol ini juga akan dilengkapi dengan 10 (sepuluh) tempat istirahat dan pelayanan (TIP), 5 (lima) TIP arah Kota Pekanbaru dan 5 (lima) TIP lainnya arah Kota Dumai. 10 TIP ini terbagi menjadi 2 (dua) tipe yakni Tipe A yang terletak di Seksi 2 (Minas – Kandis Selatan) KM 14,5 dan Seksi 3 (Kandis Selatan – Kandis Utara) KM 45. Sedangkan TIP Tipe B terletak di Seksi 4 (Kandis Utara – Duri Selatan) KM 64, Seksi 5 (Duri Selatan – Duri Utara) KM 82 dan Seksi 6 (Duri Utara – Dumai) KM 13.

Hingga saat ini, progres pembangunan TIP masih dalam tahap pembebasan lahan dan land clearing. Keseluruhan TIP ini ditargetkan dapat beroperasi secara fungsional setelah tol permai mulai dioperasionalkan.

>>> Sudah Dipasang WIM, Truk ODOL Dilarang Masuk di Tol Trans Sumatra

Foto salah satu Overpass Tol Permai

Tol Permai dilengkapi jalur penyeberangan manusia dan gajah

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Berita sama topik

International