Jalan Tol di Medan Ini Bakal Jadi Smart Toll Way Pertama di Sumatra

19/06/2020| Fatchur Sag

Pandemi virus Corona (COVID-19) tak menghentikan proyek-proyek penting di tanah air. Salah satunya pembangunan jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat yang progresnya terus dikerjakan secara serius oleh kontraktornya, PT Hutama Karya (Persero). Bahkan pengerjaannya dilakukan menggunakan teknologi yang dilengkapi dengan serat optik sehingga diproyeksi ke depan akan menjadi Smart Toll Way.

"Ini berimplikasi pada pengembangan smart plantation pada lokasi perkebunan sepanjang tol dan juga pengembangan smart city,” ujar Direktur Utama Hutama Karya Hamawas Wikumurti, dalam keterangannya, Rabu (17/6/2020).

Foto menunjukkan progres Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat

Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat dilengkapi fiber optic

Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat

Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat merupakan koneksi penting Kota Medan dengan Kawasan Pariwisata Strategis Nasional (KSPN) Danau Toba. Panjangnya mencapai 143,5 kilometer (Km) dan menjadi bagian dari pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS).

Jalan tol ini juga merupakan lanjutan dari Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) sepanjang 61,72 km yang sudah beroperasi penuh sejak tahun lalu. Ditargetkan jalan tol ini bisa selesai tahun secara keseluruhan sekaligus beroperasi secara resmi.

>>> Dibikin Kapok, Truk ODOL Dilarang Lewat Tol Jakarta-Bandung

Plan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat

Ditargetkan beroperasi tahun 2020 ini

Persingkat akses ke Danau Toba

Ke depan jika Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat ini terhubung masyarakat hanya butuh waktu sekitar 1,5 jam untuk bisa mengakses kawasan wisata Danau Toba dari Kota Medan. Bukah hanya itu saja, jalan tol ini bakal membuka lebih luas destinasi wisata yang tersebar di sepanjang jalur tol serta meningkatkan kegiatan ekonomi masyarakat.

“Lokasi tol yang strategis untuk angkutan logistik Pelabuhan Kuala Tanjung dan penghubung lokasi Wisata Danau Toba memberi peluang ketertarikan Investor untuk pembiayaan Investasi kerjasama bagi hasil serta pengembangan kawasan sekitar Jalan Tol.” ungkap Wikumurti.

>>> Sudah Dipasang WIM, Truk ODOL Dilarang Masuk di Tol Trans Sumatra

Foto menunjukkan Danau Toba tampak dari kejauhan

Danau Toba, Destinasi wisata paling populer di Sumatra Utara

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

International