Daihatsu Nyatakan Tidak Ada Model Baru Tahun 2020 Untuk Indonesia

11/01/2020 | Fatchur Sag

Tahun berganti, pasar otomotif roda empat mulai menggeliat. Beragam promo juga mulai ditawarkan demi memikat konsumen mulai dari potongan harga, angsuran ringan, hingga beragam bonus menarik. Tak sekadar program penjualan, beberapa model baru dan model facelift siap diluncurkan produsennya masing-masing demi menambah ramainya pasar.

Bagaimana dengan Daihatsu?

Foto Daihatsu Rocky dari arah samping depan

Daihatsu Rocky, model reinkarnasi yang hadir dengan tampilan modern

Pabrikan Jepang ini lagi hangat-hangatnya jadi perbincangan disebabkan peluncuran Rocky di Jepang. Namanya sama dengan model legendaris yang dimiliki Daihatsu di masa lalu, namun penampilannya jauh berbeda. Rocky yang dulu gagah, boxy, dan bergaya off road banget kini berubah stylish dan modern. Ada harapan model reinkarnasi ini bakal dibawa ke Indonesia tahun ini sebagai line up baru.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Sayang, pihak ADM menyatakan tidak akan meluncurkan model baru di 2020, bahkan untuk Rocky sekalipun. "Apakah Rocky akan diluncurkan tahun ini? Tidak ada," tutur Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra secara tegas dalam jumpa media di Astra Daihatsu Motor Head Office Sunter, Jakarta Utara, Kamis (9/1/2020).

Meski dipastikan tak dijual di Indonesia tahun ini, bukan berarti ADM menutup peluang. Daihatsu Rocky kemungkinan besarnya tetap dijual di Indonesia. "Nanti pada waktunya pasti saya informasikan tapi tahun ini saya hanya bisa bilang kita tidak keluarkan rocky. (Tampil di GIIAS 2020) Itu belum tahu, belum planning. GIIAS-nya Agustus kan? Mau dipamerkan atau tidak? Nah itu nanti kita pikirkan," lanjut Amel.

>>> Ini Rahasia Daihatsu Rocky Punya Visibilitas Ke Depan Yang Baik Dan Minim Blind Spot

Foto menunjukkan Daihatsu Taff Rocky generasi keempat tahun 2007

Salah satu model lama Daihatsu Rocky

Tidak ada Rocky dan model baru lain, Daihatsu paling banter melakukan penyegaran pada model yang sudah ada. Namun itu sudah cukup membuat ADM yakin bertahan di posisi nomor dua merek mobil terlaris di Indonesia. "Penambahan produk nggak ada, kita bisa pertahankan nomor dua dengan produk seadanya karena didukung oleh tim. Mereka melakukan inovasi luar biasa untuk kualitas dan efisiensi," tutup Amel.

Penjualan Daihatsu

Sebagai informasi, Daihatsu mencatatkan penjualan cukup apik tahun 2019 lalu. Di tengah lesunya pasar, masih bisa menjual sebanyak 177.588 unit dan menguasai 17 persen pasar. Penjualan Daihatsu hanya kalah dari Toyota yang notabene saudara sendiri. Model paling laris ditempati Sigra dengan persentese 29 persen. Disusul Gran Max sebesar 21 persen dan Xenia sebesar 16 persen. Untuk rincian jumlah unit terjual belum diinformasikan.

>>> Daihatsu Siapkan Taft Modern, Bakal Goda Konsumen Suzuki Jimny?

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Berita sama topik