Daihatsu Siapkan Taft Modern, Bakal Goda Konsumen Suzuki Jimny?

30/12/2019| Daihatsu

Suzuki Motor Corporation sukses mengejutkan publik dunia lewat peluncuran Suzuki Jimny generasi terbaru pertengahan 2018 lalu. Model ini menjadi idola baru pecinta mobil off road karena desainnya yang lebih modern dan harga paling terjangkau dibanding merek lain. Makin eksklusif karena Jimny terbaru yang dijual di seluruh negara hanya diproduksi di Jepang. Walhasil, karena keterbatasan produksi dan distribusi, inden Jimny sangat lama.

Kondisi ini nampaknya dimanfaatkan Daihatsu. Kompetitor Suzuki yang juga sama-sama Jepang itu bersiap menghadirkan kembali model legendarisnya, Taft dengan tampilan yang modern, namanya Daihatsu Taft Concept. Mengutip dari Paultan, (26/12/2019) model konsep ini bakal diperkenalkan di ajang Tokyo Auto Salon 2020, lalu diluncurkan dan diproduksi secara massal di tahun yang sama.

Foto Daihatsu Taft Concept yang dirilis Daihatsu Jepang

Daihatsu Taft Concept, tengah dipersiapkan

Dalam rilis yang terpajang di situs resmi Daihatsu Jepang diketahui mobil ini masih mengedepankan nuansa off road, hanya saja dengan desain boxy yang lebih modern dan kekinian serta dimensi yang lebih kecil. Daihatsu memasukkannya ke dalam kategori kei car.  Dari facianya, Daihatsu Taft Concept punya gril yang lebih kecil dengan logo TAFT di tengah. Di bawahnya ada bumper berukuran besar dengan lampu suar di kiri kanan menempel pada fender hitam.

Lalu di bagian samping bodi memiliki garis-garis tegas dari atas hingga bawah dengan pintu dibuat mengotak solid. Fender yang pada model sebelumnya sangat menonjol dan bundar, pada Daihatsu Taft Concept dibuat mengotak dan hanya sedikit menonjol dari bodi mobil.

Di bagian atas ada sunroof kaca berukuran besar memberi kesan modern. Untuk spesifikasi teknis hanya sedikit yang diungkap, yaitu dimensi 3.395 mm x 1.475 mm x 1.630 mm, mesin 660 cc turbocharged, transmisi CVT dan drive train 2WD.

>>> Inilah Kelebihan Rancang Bangun DNGA Pada Mobil-Mobil Daihatsu

Sekilas tentang Daihasu Taft

Foto menunjukkan Daihatsu Taft F50 atau generasi kedua

Daihatsu Taft generasi pertama

Foto menunjukkan Daihatsu Taft Rocky tampak dari samping depan

Daihatsu Taft Rocky, generasi keempat

>>> Potensi Daihatsu Rocky Dijual Di Indonesia Tahun Depan

Daihatsu Taft dipasarkan tahun 1974 hingga 2007 dan mengalami pembaruan empat generasi. Yang terakhir yaitu Taft Feroza dan Rocky yang sangat dikenal di Indonesia. Dari generasi pertama hingga keempat Taft selalu tampil garang. Menggunakan penggerak empat roda mobil ini bisa dipakai di segala medan. Tahun 2007 produksi Taft di Indonesia sepenuhnya ditutup. Mesin bensin HD-C 1.6L kemudian dipakai pada Daihatsu Taruna, yang kemudian menjadi cikal bakal Daihatsu Terios.

Apa Daihatsu Taft Concept nanti bisa se-fenomenal Suzuki Jimny, layak untuk ditunggu!

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

International