Bertetangga, Kenapa Lalu Lintas Kuala Lumpur Berbeda dari Jakarta?

20/07/2018| Padli Nurdin

Sebagai ibukota negara, lalu lintas Kuala Lumpur tak ubahnya seperti Jakarta; dipenuhi oleh kendaraan yang berlalu lalang setiap waktu setiap hari. Namun, tidak ada polisi yang mengawasi lalu lintas di setiap persimpangan jalan serta meskipun terjadi, kemacetan tidak terlalu menjadi permasalahan. Meskipun bertetangga dan kultur budaya yang hampir sama, kondisi ini patut menjadi perhatian.

Malaysia memang memiliki lokasi pemerintahan yang berpusat di Putrajaya. Semua kantor pemerintahan berpusat di satu kawasan ini. Pegawai pemerintahan yang bekerja untuk Kerajaan Malaysia juga kebanyakan bertempat tinggal di wilayah ini.

Gambar yang menunjukan jalan yang berada pada kawasan Putrajaya di Malaysia

Kawasan Putrajaya yang menjadi pusat pemerintahan Malaysia

Untuk efisiensi pekerjaan, apartemen khusus karyawan juga sudah dipersiapkan oleh pemerintah. Mereka baru meninggalkan lokasi setelah pensiun atau tidak bekerja lagi di pemerintahan.

>>> Mengulik sejarah otomotif di Alfa Romeo Museum

Selain itu, gedung-gedung pemerintahan juga tertata dengan megah dan memiliki arsitekturnya masing-masing. Bahkan uniknya, kawasan yang dibangun semasa pemerintahan Perdana Menteri Mahatir Muhammad saat ini berkembang menjadi salah satu destinasi wisata Negeri Jiran.

Meskipun begitu, perbedaan yang paling mencolok adalah kondisi lalu lintas Jakarta dengan Kuala Lumpur. Pelanggaran lalu lintas sangat minim terjadi, meskipun tidak ada polisi lalu lalang di jalanan. Meskipun kemacetan masih sering terjadi, bisa dibilang tidak separah di Ibu Kota.

>>> Ingin membeli mobil baru? Informasi selengkapnya klik di sini

Gambar yang menunjukan kepadatan lalu lintas di Kuala Lumpur

Meskipun padat kondisi lalu lintas Kuala Lumpur lebih rapi dibandingkan Jakarta

Salah satu yang menjadi pembeda Jakarta dengan Kuala Lumpur adalah keberadaan CCTV yang terpasang di jalan-jalan perkotaan. CCTV akan merekam kondisi jalan serta pelanggaran yang dilakukan. Setiap mobil terpasang barcode yang akan menjadi penanda kendaraan yang melanggar peraturan. Pada waktu tertentu, petugas akan menyampaikan denda yang dibayarkan.

>>> Berita pasar mobil dalam dan luar negeri hanya di sini

Keberadaan CCTV seperti menjadi momok menakutkan bagi pengemudi di Malaysia. Salah-salah, tagihan langsung datang membawa gaji melayang. Terlebih, adanya denda langsung akan menunjukan ketegasan pemerintah terhadap pelanggar lampu merah dan rambu-rambu lalu lintas lainnya.

Gambar yang menunjukan lalu lintas Jakarta di jalan tol

Penerapan ganjil genap masih diuji coba di Indonesia

Untuk permulaan, Indonesia telah menerapkan kebijakan ganjil genap untuk mengatasi kemacetan. Bahkan, meskipun belum memberikan pengurangan yang signifikan, penggunaan CCTV telah diterapkan di beberapa tempat di Indonesia. Semoga saja kedepannya, perubahan dan kebijakan-kebijakan baru akan menjadikan lalu lintas Jakarta dan kota-kota besar lainnya semakin aman dan membuat nyaman.

>>> Berbagai berita informatif paling lengkap hanya di Mobilmo

Berita sama topik

International