Bebarengan Toyota dan Daihatsu Bakal Bikin SUV Baru, Buat Saingi Jimny?

21/10/2019| Fatchur Sag

Dua aliansi besar Toyota dan Daihatsu tengah mempersiapkan peluncuran model baru bergenre kompak SUV. Satu namanya Toyota Rise dan Daihatsu Rocky. Dari pemberitaan di banyak media otomotif India disebutkan keduanya bakal dibuat bersamaan menggunakan basis Daihatsu DN Trec Concept yang pernah dipamerkan di ajang Tokyo Motor Show (TMS) 2017.

Foto Toyota Rise yang beredar di media sosial

Calon SUV kompak Toyota Rise, tertarik?

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Hanya saja, keduanya tidak akan dibikin kembar identik sebagaimana Avanza-Xenia, atau Rush-Terios. Toyota Rise dan Daihatsu Rocky bakal mengusung tampilan dengan bahasa desain khasnya masing-masing. Penggunaan basis yang sama ditujukan untuk menekan biaya riset dan produksi serta memposisikan keduanya di segmen SUV secara agresif. Konsep yang ada keduanya bakal memiliki dimensi panjang 3.900 mm, lebar, 1.700 mm, dan tinggi 1.600 mm.

Untuk platform Toyota Rise dan Daihatsu Rocky menggunakan platform yang sama juga yaitu Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Sedangkan untuk performa keduanya dibekali mesin bensin 1.0L 3 silinder serta tersedia dalam dua pilihan gaya berkendara, yaitu 2WD dan 4WD.

Kabarnya kedua mobil bikinan Toyota dan Daihatsu ini segera diluncurkan di Jepang pada November 2019 dan langsung dijual di pasar lokal. Sedengakan untuk ekspansi ke negara lain belum ada informasi detail. Dari gelagatnya, kedua pabrikan ini memang harus segera bertindak untuk menghambat laju Suzuki Jimny yang saat ini memimpin pasar SUV kompak nyaris tanpa pesaing.

>>> Pakai Platform Baru, Toyota Mirai 2021 Tampak Menakjubkan

Foto Daihatsu DN Trec di pameran TMS 2017

Daihatsu DN Trec Concept 2017, segera jadi mobil produksi

Urusan mesin, keduanya akan ditenagai mesin bensin 1 liter 3 silinder dengan pilihan penggerak 2 atau 4 roda. Dengan dimensi sepanjang 3.98 meter, mobil ini akan berhadapan langsung dengan Suzuki Jimny yang menguasai pasar SUV kompak saat ini.

Seperti apa rupa aslinya memang belum diperkenalkan. Namun dari gambar-gambar yang beredar, tampilan Toyota Rise dan Daihatsu Rocky nampak jauh berbeda dengan Suzuki Jimny yang benar-benar berkarakter off road. Sementara Rise dan Rocky lebih terkesan anggun dan elegan meski tetap tampil gagah.

>>> Review Suzuki Jimny AT (Two Tone) 2019

Foto Daihatsu DN Trec di pameran TMS 2017

Daihatsu DN Trec Concept 2017 dikabarkan segera masuk jalur produksi

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

International