Ada Yang Baru, Teknologi Deteksi Jenis Kelamin Dan Usia Penumpang Pada Mobil!

19/02/2019| Abdul

Teknologi deteksi jenis kelamin dan usia penumpang diluncurkan oleh salah satu perusahaan Artificial Intelligence (AI) yang berasal dari Israel seperti yang dilansir dari Carscoops. Perusahaan tersebut bernama Eyesight Technologies yang memiliki inovasi tentang teknologi tersebut. Adapun untuk teknologinya sendiri diberi nama CabinSense yang memungkinkan untuk memantau penumpang serta memindainya.

Gambar ini menunjukkan ilustrasi fitur deteksi wajah pada mobil sedang memindai 4 orang dalam mobil

Terdapat kelebihan dan kekurangan fitur CabinSense pada kendaraan

Jadi kendaraan yang sudah mempunyai fitur tersebut akan memindai penumpang dan mengidentifikasinya serta mencatat informasi tentang orang tersebut. Adapun untuk yang dipindai adalah posisi kursi, berat badan, tinggi badan, usia dan jenis kelamin.

>>> Baca Juga, Honda Pamer Foto Interior Prototype Mobil Listrik Terbarunya Yang Sangat Menggoda

Jadi dengan adanya fitur ini diharapkan dapat memberikan kontribusi selama perjalanan dalam hal keamanan dan juga kenyamanan selama berkendara. Seperti misalnya untuk mengetahui penumpang apakah sudah duduk dengan aman atau belum.

Bahkan hebatnya lagi, teknologi deteksi jenis kelamin dan usia penumpang dapat mematikan airbags jika diketahui terdapat kursi anak, penumpang tidur yang berada di bagian kursi belakang.  Begitu juga saat terdapat anak yang dipangku oleh orang tuanya, tujuannya adalah mencegah terjadinya cedera karena pengembangan dari fitur airbag.

Terdapat kelebihan dan kekurangan pada teknologi modern satu ini. Yang mana salah satu kelebihannya adalah dapat dengan cepat mengenali penumpang sehingga penerapan suhu kabin, posisi kursi dan pilihan lagu bisa sesuai keinginan penumpangnya.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan seorang wanita sedang duduk di kursi belakang dengan melihat keadaan sekitar

Fitur CabiSense bisa membuat privasi penumpang terganggu

>>> Baca Juga, Ini Yang Bikin Nissan Livina Sudah Heboh Sebelum Diluncurkan

Akan tetapi kekurangannya adalah konsekuensi yang didapat. Jadi penumpang akan dipindai dan datanya akan tersimpan ke database. Dengan begitu privasi penumpang akan terbaca seperti usia atau hal lainnya.

Keunggulan lain pada fitur CabinSense adalah bisa menjadi panel instrumen yang tepat untuk mengetahui seseorang yang melakukan penipuan ataupun selingkuh. Selain itu apabila ada penumpang yang dompet atau ponselnya tertinggal pada kursi belakang  maka pengemudi akan diingatkan akan hal tersebut. Sehingga bisa dengan sigap mengembalikannya ke penumpang yang tepat. Beberapa aktivitas yang dilakukan juga bisa dipantau seperti merokok, minum dan hal lainnya.

Namun dengan teknologi deteksi jenis kelamin dan usia penumpang bisa membuat penumpang memiliki alasan untuk menuntut karena pelanggaran privasi. Jadi bagaimana  menurut sobat, apakah fitur ini tergolong penting apabila diberikan pada mobil di Indonesia?

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik