Ada 3 Seksi Pada Jalan Tol Lubuk Linggau - Curup – Bengkulu

08/07/2021| Abdul

Pulau Sumatera merupakan salah satu pulau yang berada di Indonesia. Dimana untuk kabar di sana terkait jalan tol adalah pembangunan Jalan Tol Lubuk Linggau - Curup - Bengkulu. Jalan tol yang merupakan bagian dari konektivitas Jalan Tol Trans Sumatera tersebut mempunya jarak  95,8 km.

Gambar ini menunjukkan salah satu jalur dengan jembatan di Jalan Tol Lubuk Linggau - Curup - Bengkulu

Buat waktu perjalanan lebih cepat dari Lubuk Linggau ke Bengkulu

>>> Baca Juga, Ingat, Ini Modal Saat Mengemudi Mobil Di Jalan Tol

Dilansir dari laman resmi BPJT, dengan adanya jalan tol tersebut pihak pemerintah terus melakukan peningkatan konektivitas di pulau Sumatera dengan melalui BPJT (Badan Pengatur Jalan Tol) Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat). Pertumbuhan ekonomi untuk masyarakat di Lubuk Linggau dan Provinsi Bengkulu serta daerah disekitarnya mendapatkan dukungan dan dorongan dengan pembangunan jalan tol tersebut.

Jadi setelah Jalan Tol Lubuk Linggau - Curup - Bengkulu dioperasikan, hanya dengan 1-2 jam saja perjalanan ke Kota Bengkulu dari Lubuk Linggau sudah sampai tujuan.

Terdapat beberapa Seksi pada jalan tol tersebut meliputi:

  • Seksi 1 Lubuk Linggau - Kepahiang (54,5 Km)
  • Seksi 2 Kepahiang - Taba Penanjung (23,7 Km)
  • Seksi 3 Taba Penanjung - Bengkulu (17,6 Km)

Pembangunan jalan tol saat ini sudah progres konstruksi pada Seksi 3. Dimana pengerjaan yang dilakukan sudah berada di angka 84,62%. Adapun target konstruksi bisa selesai dan operasionalnya dilakukan adalah akhir tahun 2021. Bahkan konektivitas pariwisata di Bumi Raflesia juga akan ditunjangnya, hal tersebut karena jalan tol tersebut terintegrasi dengan pengembangan Pelabuhan Baai.

>>> Lihat Juga, Sering Lewat Jalan Tol, Tahukan Tentang Perbedaan Sistem Transaksi Terbuka Dan Tertutup

Gambar ini menunjukkan seksi 3 Jalan Tol Lubuk Linggau - Curup - Bengkulu

Terdapat 3 seksi dalam pembangunan

>>> Baca Juga, Pantas Dilarang, Ini Risiko Besar Putar Balik di Jalan Tol

Bahkan keunikan juga terdapat pada ruas Jalan Tol Lubuk Linggau - Curup - Bengkulu. Dimana terdapat terowongan yang mempunyai panjang 7 km dan kedalaman 352 meter dengan menembus bukit barisan. Sementara untuk pilarnya mempunyai ukuran tinggi 45 - 90 meter.

Berkat kehadiran jalan tol tersebut bisa membuat waktu tempuh jadi lebih cepat. Selain itu biaya logistik juga terpangkas sehingga bisa meningkatkan daya saing produk Indonesia.

Sebagai tambahan informasi, sampai saat ini untuk Jalan Tol Trans Sumatera yang telah dioperasikan memiliki panjang 673 km. Sedangkan ruas yang dimiliki terdapat 9 ruas tol. Adapun 9 ruas Jalan Tol Trans Sumatera tersebut adalah :

  1. Bakauheni - Terbanggi Besar 140 Km
  2. Terbanggi Besar - Kayu Agung 189 Km
  3. Kayu Agung - Palembang - Betung 38 Km
  4. Belawan - Medan - Tanjung Morawa 43 Km
  5. Medan - Binjai 17 Km
  6. Medan - Kualanamu - Tebing Tinggi 62 Km
  7. Palembang - Indralaya 22 Km
  8. Sigli - Banda Aceh Seksi 3-4 30 Km
  9. Pekanbaru - Dumai 132 Km

>>> Baca Juga, Ada Masalah Dan Mengharuskan Berhenti Di Jalan Tol? Ini Etikanya

Gambar ini menunjukkan Jalan Tol Lubuk Linggau - Curup - Bengkulu

Jalan Tol Lubuk Linggau - Curup - Bengkulu bagian dari konektivitas Jalan Tol Trans Sumatera

Sebagai tambahan, pada saat mengemudi mobil di jalan tol sebaiknya memperhatikan beberapa hal baik di Jalan Tol Lubuk Linggau - Curup - Bengkulu dan jalan tol lainnya. Adapun yang pertama adalah saldo e-Toll mencukupi sehingga saat masuk gerbang tol bisa dilakukan dengan lancar. Rambu-rambu lalu lintas di jalan tol juga perlu dipatuhi serta menggunakan jalur sebelah kiri karena kalur kanan untuk mendahului kendaraan lain. Selanjutnya, konsentrasi dan fokus perlu diperhatikan serta menjaga jarak yang aman dengan kendaraan lain. Mengingat jalan tol digunakan pengendara dengan kecepatan cukup tinggi.

>>> Klik Di Sini Untuk Mengetahui Berita Otomotif Terbaru Lainnya

International