35 Tahun Tak Dipakai, Alfa Romeo Ini Laku 9 Miliar

08/02/2019 Fatchur Sag Pasar Mobil

Hanya karena terparkir di basement rumah selama 35 tahun, Alfa Romeo Giulietta Sprint Zagato (SZ) klasik ini terjual di rumah lelang dengan harga 9 miliar. Bagaimana itu bisa terjadi?

Umumnya mobil baru bakal mengalami depresiasi harga cukup besar setelah beberapa tahun. Mobil yang asalnya dibeli dengan harga mahal akan dihargai murah saat dijual lagi. Makin lama umur dipakai, makin rendah harganya pula. Tapi, untuk satu kasus berikut hukum alam depresiasi tidak berlaku. Satu unit Alfa Romeo Giulietta Sprint Zagato (SZ) yang sudah tidak dipakai selama 35 tahun justru terjual sangat tinggi. Oleh pembelinya Alfa Romeo Giulietta Sprint Zagato (SZ) ini ditebus dengan harga €567.000 ($650,000) atau setara Rp 9 miliar.

Foto Alfa Romeo Giulietta Sprint Zagato (SZ) tampak dari depan

Alfa Romeo Giulietta Sprint Zagato (SZ) diketemukan dalam keadaan penuh debu

Dikutip dari halaman Facebook Alfa Romeo Giulia & 105-series mobil klasik ini terjebak di ruangan bawah tanah. Si pemilik yang merupakan seorang mekanik bingung untuk mengeluarkannya lantaran lift yang biasa digunakan rusak dan memilih membiarkannya di dalam rumah. Cukup lama tak ada yang mengetahui nasib Alfa Romeo-nya tersebut sampai kabar terbongkar, ternyata si pemilik sudah lama meninggal dunia tanpa meninggalkan pesan apapun. Mobil akhirnya diserahkan pemerintah Italia ke rumah lelang dan terjual dengan harga tersebut di atas.

>>> Tersimpan di Gudang, Tiga Bugatti Klasik Siap Dilelang dengan Harga Fantastis

Foto Alfa Romeo Giulietta Sprint Zagato saat dievakuasi

Sangat ekstra hati-hati saat melakukan pemindahan mobil mewah Alfa Romeo Giulietta Sprint Zagato (SZ)

Untuk sebuah mobil klasik, itu adalah harga yang fantastis setara dengan harga supercar berperforma tinggi. Namun itu masih terbilang wajar. Alfa Romeo Giulietta Sprint Zagato (SZ) diproduksi mulai 1957 hingga 1962 dalam jumlah yang sangat terbatas, hanya ada 217 unit saja di dunia.

Dengan bobot hanya 785 kg dan bekal mesin 1.300 cc 4 silinder yang disetel hingga menghasilkan tenaga 100 hp, mobil ini bisa melaju hingga 120 mph atau 200 km/jam.  Alfa Romeo Giulietta Sprint Zagato (SZ) lebih banyak menghabiskan waktu di berbagai acara seperti 24 Jam Le Mans, Targa Florio dan Nurburgring.

>>> Mengulik Sejarah di Alfa Romeo Museum di Italia

Foto Alfa Romeo Giulietta Sprint Zagato (SZ) tampak dari depan

Foto Alfa Romeo Giulietta Sprint Zagato (SZ) tampak dari samping depan

Cantiknya mobil klasik Alfa Romeo Giulietta Sprint Zagato (SZ) usai dibersihkan

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Mungkin anda ingin baca