1000 Hari di Indonesia, Wuling Raih Belasan Penghargaan Bergengsi

26/04/2020 | Fatchur Sag

Sebelum tahun 2017 tak banyak orang mendengar nama Wuling Motors, bahkan bisa dibilang asing bagi di telinga orang Indonesia. Sekarang, industri otomotif benar-benar memperhitungkan nama serta kiprah besarnya. Apa yang telah dicapai hari ini tak lepas dari perjalanan Wuling di Indonesia bahkan sejak sebelum 2017.

Foto menunjukkan Pabrik Wuling Cikarang

Pabrik Wuling Cikarang, mampu memproduksi hingga 120 ribu unit kendaraan

Sebagai perkenalan, PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) merupakan anak perusahaan dari SAIC-GM-Wuling Automobile Company Limited (SGMW), suatu perusahaan yang telah menjual lebih dari 2,15 juta unit kendaraan di 2017 dan menduduki posisi No.1 dalam hal volume penjualan untuk perusahaan otomotif tunggal selama 12 tahun di Tiongkok.

Wuling Motors merilis perjalanannya di Indonesia hingga membuat mereka terkenal. Dimulai pada tahun 2015 Wuling Motors melakukan seremoni peletakan batu pertama untuk membangun pabrik di kawasan Cikarang seluas 60 hektar. Pabrik ini cukup besar dengan kapasitas produksi bisa mencapai 120 ribu unit kendaraan per tahun dan mampu ciptakan hingga 3000 lapangan kerja.

Tahun 2016 di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di BSD City Tangerang Banten, Wuling memperkenalkan calon modelnya di Indonesia, Hongguang. Kelak mobil ini diproduksi dan diluncurkan sebagai Confero S.

Lahirnya seri Confero

Tahun 2017, di ajang GIIAS Wuling benar-benar meluncurkan model pertamanya, Confero S yang berarti kebersamaan. Mobil ini dibuat menggunakan basis Hongguang, namun dengan ubahan di banyak bagian untuk menyesuaikan dengan selera dan karakter orang Indonesia. Wuling Confero S diproduksi secara lokal di pabrik Wuling Motors Cikarang, pabrik yang diresmikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

Foto menunjukkan Wuling Confero S tampak dari samping depan

Wuling Confero S, model pertama Wuling di Indonesia

“Nama ini terinspirasi dari pemahaman kami akan nilai budaya masyarakat Indonesia yang selalu mengutamakan kekeluargaan,” ujar Cindy Cai, Vice President of Vehicle, Sales, Service and Marketing Wuling Motors saat pengenalan mobil perdananya.

Logo “S” di belakang nama Confero berarti Sport. Artinya Wuling tak hanya sekadar menawarkan mobil fungsional dan nyaman bagi keluarga Indonesia tapi juga bergaya Sporty.

>>> Review Wuling Confero S 1.5 L Lux+ 2018

Confero S diklaim cocok untuk menemani perjalanan keluarga di Indonesia. Baik bentuk, mesin, ukuran, fitur, dan kenyamanan sudah disesuaikan dengan kebutuhan orang Indonesia. Belum lagi harganya. Harga Confero S bisa dibilang terjangkau untuk sebagian besar kantong masyarakat Indonesia.

Harganya pun di bawah rata-rata Low MPV yang ditawarkan di Tanah Air. Tapi jangan salah, meski harganya cenderung lebih murah tapi fitur keselamatan dan keamanan yang ditawarkan malah lebih banyak dari Low MPV di kelasnya.

Masih di tahun yang sama (2017), berangkat dari komitmen penuh 50 dealer Wuling berhasil tersebar di seluruh Indonesia. Semua dealer ini sudah beroperasi melayani perawatan mobil-mobil Wuling. Di tahun 2017 pula, Wuling langsung merangsek sebagai 10 merek mobil terlaris di Indonesia dari sisi penjualan.

Lahirnya Cortez dan Almaz

Tahun 2018, Wuling pun kembali meluncurkan model barunya di kelas medium MPV. Awal tahun, tepatnya bulan Februari 2018, Wuling membukanya dengan mengenalkan MPV Cortez series. Kemudian pada November 2018 Wuling meluncurkan mobil komersial di kelas light commercial vehicle untuk kebutuhan berniaga yaitu Formo.

Tahun 2019,  Wuling melengkapi varian mobilnya dengan produk ke empat,  SUV perdananya di Indonesia yakni smart technology SUV Almaz. Varian baru ini pun menjadi idola baru untuk para penggemar SUV, berkat fitur multimedia yang canggih, desain serta kabin yang luas.

Hingga memasuki tahun 2020, Wuling masih terus memberikan yang terbaik untuk konsumen di Indonesia dengan memberikan layanan after sales, dengan telah memiliki 115 jaringan dealer di tanah air juga layanan online di aplikasi My Wuling+ untuk kepuasan para konsumen.

>>> Wuling Cortez CT Jadi Medium MPV Berbahan Bakar Bensin Terbaik di Ajang OTOMOTIF AWARD 2020

Foto menunjukkan Wuling Almaz dengan teknologi perintah suara berbahasa Indonesia WIND

Wuling Almaz, mobil pertama di Indonesia yang memiliki teknologi perintah suara berbahasa Indonesia

Meraih belasan penghargaan

Kini Wuling Motors genap berusia 1000 hari berkiprah di Indonesia. Meski baru beberapa model yang diperkenalkan dan dipasarkan di Indonesia, Wuling mendapat apresiasi dan pengakuan. Dibuktikan dengan raihan penghargaan bergengsi yang jumlahnya sudah mencapai belasan penghargaan, diantaranya:

Wuling Confero S

  • Small MPV Indonesia Car of The year 2017
  • Best Value for Money Indonesia Car of The year 2018 versi majalah Mobil Motor
  • Rookie Of The Year versi OTOMOTIF AWARD 2018

Cortez

  • Best Medium MPV di ICOTY 2018 oleh Majalah Mobilmotor
  • Best Total Cost Ownership Medium MPV pada Gridoto Award 2019

Cortez CT

Almaz

  • Apresiasi Inovasi 2019 kategori Teknologi oleh Koran Sindo dan Sindonews.com
  • Carvaganza Editors’ Choice Award 2019
  • FORWOT Car Of The Year 2019
  • Car of The Year 2019 versi Gridoto Award 2019
  • Best Medium SUV versi Gridoto Award 2019
  • Favorite Visitor Choice Most Driven Car GIIAS 2019

>>> Temukan mobil bekas idaman dengan harga bersaing di sini

Foto menunjukkan Penghargaan Wuling Confero S  Foto menunjukkan Penghargaan Wuling Cortez Foto menunjukkan Penghargaan Wuling Almaz

 Wuling mendapat banyak penghargaan dalam kiprahnya di Indonesia

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik