Prototipe Project One, Gabungan Kecepatan F1 di Jalan Raya Khas Mercedes-AMG

21/09/2018| Padli Nurdin

Gambar-gambar baru yang dirilis oleh Mercedes Kamis (20/9) lalu sebenarnya tidak menunjukan Project One di jalan umum, tetapi di “tempat pengujian tertutup” di suatu tempat tersembunyi di Inggris. Foto-foto yang berkeliaran di dunia maya kemungkinan diambil di Millbrook Proving Ground di Bedfordshire dimana mesin berkinerja tinggi tersebut sedang diuji untuk mengoptimalkan semua perangkat keras sebelum akhirnya diproduksi.

Gambar yang menunjukan uji coba project One di Inggris

Project One dipersiapkan di Millbrook Proving Ground di Inggris (Foto: Mercedes)

Tapi sayangnya Mercedes-AMG masih malu-malu untuk memperlihatkan semua spesifikasi teknis hypercar baru mereka. Dari beberapa sumber, total output untuk Project One disebut akan melampaui 1.000 daya kuda berkat mesin V6 1.6 liter turbocharged yang diadaptasi dari mobil Formula 1.

>>> Goda Penggemar SUV, Nissan Merilis Sketsa Pertama All New Nissan Kicks

Untuk memberikan tenaga lebih, Mercedes-AMG sudah menanamkan empat motor listrik. Satu bersanding dengan turbocharger, satu duduk di mesin pembakaran, dan dua lainnya diposisikan di as roda depan. Mesin pembakarannya sendiri akan menghasilkan 671 daya kuda (500 kilowatt) sedangkan kekuatan lainnya berada dari empat motor listrik.

Gambar yang menunjukan prototipe Project One dari Mercedes-AMG

Project One diprediksi mampu menghasilkan lebih dari 1.000 daya kuda (Foto: Mercedes)

Project One memang dipersiapkan untuk meraung lebih keras di jalanan dengan kekuatan V6 Mercedes-AMG yang mampu menyentuh 11.000 rpm yang luar biasa. Perusahaan menyatakan mobil ini akan memiliki “karakteristik suara F1 yang membuat mereka [prototipe] sulit disembunyikan dari publik.”

>>> Dapatkan review mobil terbaru hanya ada di Mobilmo

Seperti yang dilihat dalam bocoran desain mobil, kamuflase psikedelik dari prototipe ini tidak banyak menyamarkan silet Project One yang identik dengan mobil-mobil Mercedes yang ditampilkan di berbagai pameran mobil. Pengujian di jalan umum tidak diragukan lagi dimulai dalam waktu dekat. Bukan tidak mungkin ada bocoran baru tentang bagaimana mobil serasa F1 ini dibawa ke jalanan.

Kecepatan tertinggi Project One belum diungkapkan, tapi akselerasi dari diam hingga menyentuh 100 km/jam diperkirakan akan memakan waktu sekitar dua detik. Bahkan, dari 275 contoh yang dibuat, semuanya sudah ludes terjual.

>>> Berita mobil baru dalam dan luar negeri hanya ada di sini

Gambar yang menunjukan akselerasi prototipe Mercedes-AMG Project One

Akselerasi 0-100 km/jam Project One mampu menyentuh 2 detik (Foto: Mercedes)

Tobias Moers, Direktur Utama Mercedes untuk Tuning dan Kinerja menjelaskan jika proyek ini sesuai jadwal, sampel pertama kemungkinan diperkenalkan pada 2020. “Ini [proyek yang] ambisius, dan kami memiliki perjalanan kami, tetapi sekarang kembali ke jalurnya. Tantangan terbesar adalah powertrain, bukan daya tahan tetapi OBD [On Board Diagnostics], yang merupakan dunia yang berbeda.”

>>> Intip informasi terkini dunia otomotif hanya ada di Mobilmo

Berita sama topik

  • Mengenal Platform DNGA, Punya Banyak Keunggulan Yang Dimiliki

    14/09/2020| Abdul

    Mengenal Platform DNGA, Punya Banyak Keunggulan Yang Dimiliki

    Pada beberapa model mobil Daihatsu di Jepang telah mengimplementasikan platform DNGA. Yang mana satu platform dapat digunakan pada banyak kendaraan. Untuk info lebih jelasnya mengenai platform tersebut, kami akan sedikit mengulasnya untuk memperkenalkan pada Sobat.

  • Mobil Listrik Nissan Kicks ePower Hadir Di Indonesia, Tak Perlu Cas Baterai

    03/09/2020| Abdul

    Mobil Listrik Nissan Kicks ePower Hadir Di Indonesia, Tak Perlu Cas Baterai

    mobil listrik Nissan Kicks ePower adalah sebuah kendaraan yang menggunakan tenaga listrik. Untuk mesin bensinnya hanya digunakan untuk mengisi baterainya saja. Jadi pengendara tidak perlu melakukan charger eksternal sehingga menawarkan kemudahan dan kepraktisan dalam menggunakan mobil ini.

  • Baru Saja Meluncur, Mobil Baru KIA Sudah Laris Manis Di India

    26/08/2020| Abdul

    Baru Saja Meluncur, Mobil Baru KIA Sudah Laris Manis Di India

    KIA merupakan salah satu produsen mobil yang baru saja menghadirkan model barunya di India. Model barunya tersebut diberi nama KIA Sonet yang dilahirkan dengan DNA SUV mempunyai bodi yang kompak. Hal tersebut mendukung mobil baru KIA tersebut untuk digunakan di dalam kota.

International