Honda Accord Terbaru Meluncur, Ada Perubahan Apa Saja?

01/12/2018 Mahmudi Restyanto Mobil baru

Meski permintaan sedan tidak terlalu besar, namun pasar segmen ini masih ada dan tidak membuat pabrikan mengeluarkan model baru. Terbaru, Honda meluncurkan Accord di Thailand International Motor Expo 2018.

Mengambil momen Thailand International Motor Expo 2018, Honda memperkenalkan Accord terbaru untuk pasar ASEAN. Generasi ke-10 Honda Accord ini mengalami perubahan cukup banyak khususnya pada tampilannya yang semakin modern. Pada eksteriornya, Honda Accord sepintas mirip seperti Honda Civic yang saat ini beredar di pasar otomotif Indonesia. Lampu utama berbentuk pipih dan melebar sudah menggunakan LED dengan penerangan yang lebih baik. Tampilan ala Civic tidak hanya pada lampu depan, lampu belakang Accord pun berbentuk huruf “C” namun lebih pipih.

>>> Klik sini untuk simak tulisan review mobil lainnya

Desain lampu belakang mirip Accord

Membentuk huruf "C", desain lampu belakang Accord mirip Civic

Di Thailand, ada dua opsi mesin yang bisa dipilih oleh konsumen. Pilihan pertama adalah mesin turbo i-VTEC berkapasitas 1.500 cc yang juga digunakan pada Civic. Meski menggunakan mesin yang sama, Honda membedakannya melalui tune-up membuat tenaga Accord lebih besar mencapai 194 dk dibandingkan Civic turbo yang hanya 172 dk. Bila nantinya PT Honda Prospect Motor (HPM) memboyongnya ke Indonesia, besar kemungkinan mesin ini yang dihadirkan.

>>> Wow, Lebih Dari Separoh Penjualan Honda Brio Di Dunia Berasal Dari Indonesia

Sementara untuk opsi mesin kedua adalah mesin 2.000 cc yang juga mengdaopsi teknologi turbocharged. Mesin yang digunakan juga pada Civic Type R ini dikembangkan oleh para insinyur Honda yang mampu menghempaskan tenaga 256 dk. Ada dua pilihan transmisi yakni CVT yang disematkan pada mesin 1.500 cc dan transmisi otomatis 10-percepatan khusus untuk mesin 2.000 cc.

Mesin hybrid Honda Accord tampil di Thailand Motor Expo

Mesin hybrid pada Honda Accord menggunakan sistem penggerak tunggal dan melaju tanpa transmisi

Diantara dua pilihan mesin tersebut, terselip model Hybrid yang dipamerkan selama gelaran berlangsung. Honda mengusung teknologi Honda Intelligent Multi Mode Drive (i-MMD) pada Accord yang dijuluki sporty hybrid. Menggunakan mesin 1.500 cc ditambah motor listrik, Honda Accord Hybrid mampu menghempaskan tenaga hingga 212 dk atau lebih besar dibandingkan mesin standarnya. Namun bukan mesin hybrid yang menjadi sorotan dalam pameran ini. Honda secara mengejutkan menggunakan sistem penggerak tunggal pada Accord Hybrid. Sehingga untuk mengirim tenaga mesin ke roda mobil, Honda tidak menggunakan transmisi. Ini adalah sebuah inovasi terbesar dalam sejarah Honda.

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Mungkin anda ingin baca