Gabungkan Kekuatan, Wagon R EV Join-Project Toyota dan Suzuki Diperkenalkan

09/09/2018 Padli Nurdin Mobil baru

Telah lama dinanti, mobil listrik pertama Maruti Suzuki akhirnya mendapatkan tempat dan diperkenalkan di hadapan pengunjung MOVE Summit di New Delhi, India.

Laporan tentang pengembangan mobil listrik pertama Maruti Suzuki yang akhirnya bernama Wagon R EV telah dimulai tahun lalu. November 2017 ada saat dimana Toyota Motor Corporation dan Suzuki Motor Corporation menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk pengembangan dan penjualan bersama kendaraan listrik di India.

Gambar yang menunjukan bagian depan mobil prototipe Wagon R EV

Wagon R EV yang dipamerkan adalah spec Jepang yang akan diuji coba di India (foto: Indian Autos Blog)

Didapatkan dari Indian Autos Blog, saudara jauh Mobilmo, menyatakan bahwa Maruti Suzuki telah menguji versi all–electric dari Wagon R, yang akan dibagikan dengan Toyota di pasar India. Sedangkan Wagon R EV mendapatkan stiker ‘kendaraan listrik’ pada bagian sisi, serta dua titik pengisian yang dapat dihubungkan ke soket listrik rumahan serta port pengisian cepat yang bisa mengisi baterai hingga 80% dengan cepat.

Wagon R EV yang telah dipajang di KTT MOVE dilaporkan salah satu dari 50 kendaraan yang akan diuji coba di fasilitas manufaktur perusahaan di Gurgaon, India. EVS akan diuji di Mumbai dan Bengaluru pada berbagai kondisi jalan dan iklim sebelum diproduksi massal pada 2020 – 2021.

>>> Dapatkan review mobil terbaru hanya ada di Mobilmo

Wagon R EV disebut akan mendapatkan daya dari sistem 72 volt dengan kapasitas baterai 10 – 25 kWH. Versi listrik Wagon R berlogo Toyota akan mempertahankan powerplant, tapi diprediksi akan membawa perubahan styling yang cukup untuk menikmati identitas yang berbeda. Contohnya perubahan jok dan logo Toyota di roda kemudi.

Menurut Indian Autos Blog, Toyota kemungkinan akan melakukan perubahan pada bagian yang lunak, seperti bumper, kisi radiator, dan lampu. Semua komponen logam tidak akan mendapatkan perubahan. Pasalnya perubahan komponen logam akan membuat produksi membengkak, sedangkan Toyota dan Suzuki harus menekan produksi untuk menjaga harga jual tetap kompetitif.

>>> Berbagai berita mobil baru di dalam dan luar negeri hanya ada di sini

Gambar yang menunjukan bagian belakang mobil prototipe Wagon R EV

Transmisi manual 5 percepatan serta opsi AMT 5 percepatan akan ditawarkan (foto: Indian Autos Blog)

Untuk Wagon R EV di India, tidak seperti unit demo yang merupakan spesifikasi Jepang dan menggunakan platform HEARTECT, tetapi dibangun atas platform generasi terbaru penerus Maruti Wagon R. Bertenaga 67.04 bhp dan torsi puncak 90 Nm dengan mesin bensin K10B 1.0 liter 3 silinder, motor listrik sudah sesuai sistem emisi BSVI di India. Transmisi manual 5 percepatan serta opsi AMT 5 percepatan akan ditawarkan.

>>> Intip informasi terkini dunia otomotif hanya ada di Mobilmo

Mungkin anda ingin baca