Selain Jasa Angkut, Ini Usaha Lain Yang Bisa Dilakukan Dengan Mobil Pick Up

28/11/2019 | Fatchur Sag

Yang namanya pick up atau mobil bak terbuka selalu identik dengan angkutan barang. Tidak salah mobil ini memang salah satu dari beberapa jenis mobil niaga atau commercial vehicle. Berbeda dengan truk, mobil pick up punya dimensi lebih ringkas dan kapasitas angkut lebih sedikit. Meski demikian mobil ini lebih digemari konsumen dibanding truk karena beberapa keunggulan yang dimiliki.

Foto bak belakang Isuzu Traga

Mobil pick up punya banyak keunggulan dibanding truk

Pertama; dimensinya yang kecil membuatnya lincah bermanuver di jalanan hingga menjelajah jalan-jalan perkampungan yang tidak terlalu lebar. Dimensi kecil juga membuatnya mudah diparkir di mana pun, tak perlu tempat yang lapang.

Kedua; harganya lebih murah. Dibanding truk harga mobil pick up jauh lebih murah. Dan pastinya biaya operasionalnya juga lebih rendah.

Ketiga; bisa digunakan untuk beragam keperluan bisnis. Sejak awal dibuat pabrik mobil pick up ditujukan untuk angkutan barang, bukan angkutan manusia. Makanya, konsumen mobil pick up hampir bisa dipastikan memiliki usaha yang berkaitan dengan angkutan barang.

>>> Suzuki Carry Pick Up Raih Penghargaan The Best Commercial

Nah, untuk poin ketiga ini yang menarik. Dengan fungsinya sebagai angkutan barang, mobil pick up bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang belum memiliki pekerjaan untuk menciptakan sebuah bisnis. Berikut ini beberapa usaha yang bisa dilakukan menggunan mobil pick up, sebagaimana dibagikan Seva.id!

1. Jasa Angkut

Foto mobil dengan banner jasa angkutan barang

Jasa angkut, potensi besar memanfaatkan mobil pick up

Ini yang paling mudah dilakukan. Anda tinggal mempromosikan mobil pick up Anda untuk keperluan jasa angkut. Misalnya, pasang stiker JASA ANGKUT lengkap dengan nomor telepon yang bisa dihubungi. Anda bisa menentukan sendiri besaran tarif yang Anda inginkan (sesuai umumnya).

2. Jualan sayur keliling

Bisnis ini punya potensi besar mengingat tidak semua orang pergi ke pasar untuk mendapat beragam kebutuhan dapurnya. Misalnya lokasi pasar terlalu jauh, repot dengan kegiatan lain, atau tak ingin membuang waktu hanya sekadar belanja.

Foto ibu-ibu membeli sayuran di lapak mobil sayur keliling

Dari pada nganggur mending jual sayur keliling

Anda tinggal berbelanja sayur segar di pasar kemudian Anda kemas ulang menjadi bagian-bagian kecil agar harga lebih terjangkau, kemudian dipasarkan secara keliling di perumahan, atau perkampungan yang jauh dari pasar. Bukan hanya sayuran saja, Anda bisa melengkapinya dengan berbagai bahan makanan yang lain seperti buah-buahan, bermacam bumbu dapur, aneka daging dan ikan, serta beragam jajanan ringan.

>>> 3 Keuntungan Jika Menggunakan Armada Pick Up Bermesin Diesel

3. Jual perabotan rumah tangga

Foto mobil pick up jual perabotan keliling

Mobil pick up buat jualan perabot juga bisa

Jika mau telaten, berjualan perabot rumah tangga juga bisa jadi peluang bisnis yang sangat menarik. Khususnya untuk perabotan rumah tangga yang ringan-ringan seperti peralatan masak dan keperluan dapur seperti piring, gelas, sendok, gayung, mangkuk, tempat nasi, ember, tikar kecil, keset, dan yang lain.

4. Jualan makanan dan minuman (Food Court)

Foto Suzuki Carry PU yang dimodifikasi menjadi food court

Dimodifikasi sedemikian rupa, mobil pick up bisa jadi toko makanan

Buat Anda yang menyukai dunia kuliner, Anda bisa memanfaatkan mobil pick up untuk menjual makanan dan minuman. Hanya saja untuk yang satu ini Anda perlu memodifikasi bak belakang menjadi food courd atau lapak jajanan, disesuaikan dengan jenis kuliner yang ingin dijajakan. Tentu saja Anda harus membuat desain yang unik agar lebih menarik perhatian.

>>> Ingin Membeli Mobil Niaga Bekas? 6 Hal Ini Harus Di Cek

5. Jualan pakaian

Foto pedagang sandal keliling

Foto berjualan pakaian keliling menggunakan mobil

Berjualan pakaian keliling masih potensial

Meski fashion store bertebaran dimana-mana, bisnis pakaian keliling masih cukup potensial. Anda bisa mengambil memanfaatkan mobil pick up untuk menggarap usaha ini. Seperti halnya berjualan sayur keliling, Anda bisa menyasar daerah-daerah pinggiran yang agak jauh dari pusat-pusat perbelanjaan dan menjajakannya dengan harga terjangkau. Biasanya konsumen pedagang pakaian keliling tidak terlalu mementingkan merek, yang penting ukuran pas dan harganya cocok.

6. Jual SIM card/pulsa

Akhir-akhir ini marak usaha jual jasa menggunakan mobil, seperti jual pulsa HP, pulsa listrik, pembayaran listrik. Jika Anda suka, Anda juga bisa menjalani usaha ini menggunakan mobil pick up yang dimodifikasi, seperti halnya food court.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • 13/11/2019 | Abdul

    Telat Bayar Pajak, Begini Cara Menghitung Denda Pajak Mobil Di Tahun 2019

    Membayar pajak menjadi kewajiban bagi setiap pemilik kendaraan setiap tahunnya. Sangat disarankan untuk membayar tepat waktu karena jika terlambat maka pemilik harus membayar denda pajak mobil. Memang tidak dipungkiri bahwa ada beberapa yang tidak membayar pajak, namun untuk pembahasan kali ini tidak mengacu pada mereka yang tidak ingin bayar pajak.

  • 02/11/2019 | Arfian Alamsyah

    Ingin Membeli Mobil Niaga Bekas? 6 Hal Ini Harus Di Cek

    Untuk kebutuhan usaha, mobil niaga memang dibutuhkan untuk kelancaraan usaha Anda. Tapi, tak semua mobil niaga harganya murah. Kami akan memberi kiat untuk membeli mobil niaga dan keadaan bekas. So, 6 hal ini harus dicek.

  • 01/11/2019 | Arfian Alamsyah

    Ingin Punya Mobil Koleksi? Begini Cara Mengecek Mobil "Bahan"

    Mempunyai barang kesukaan atau mungkin kesayangan memang bisa jadi keinginan semua orang. Tak terkecuali mobil koleksi. Namun, mencari mobil koleksi juga punya trik tersendiri. Begini cara mengecek mobil "bahan"