Perbedaan Biaya Pajak Mobil Honda Mobilio Setiap Tipe

10/01/2022 | Padli

Sejak diperkenalkan pertama kali pada tahun 2013, Mobilio sendiri menampilkan berbagai pilihan baru yang menyenangkan sebagai mobil keluarga perkotaan. Menggunakan bodi Low MPV, pajak mobil Honda Mobilio pun cukup terjangkau serta harganya yang tergolong masih rendah untuk sekelas mobil Honda.

Hingga saat ini, Mobilio hanya sekali mendapatkan minor facelift, yaitu pada tahun 2016 yang menambahkan berbagai fitur tambahan dibandingkan model sebelum facelift. Meskipun banyak yang memprediksikan Honda akan memperkenalkan edisi baru pada akhir 2021 lalu, Mobilio saat ini masih tetap sama dengan versi tahun 2016.

Karena popularitasnya, Mobil ini pun sudah banyak ditemukan di pasar mobil bekas. Bagi Anda yang tertarik memiliki mobil ini, simak terlebih dahulu besaran pajak Honda Mobilio dari generasi pertama hingga model terbaru yang dipasarkan di Indonesia saat ini.

1. Honda Mobilio S

Trim Mobilio S merupakan tipe terendah, atau model dasar yang hanya tersedia dalam pilihan transmisi manual 5-percepatan ketika pertama kali diperkenalkan. Dan hingga saat ini, Honda sepertinya masih menjual Mobilio S hanya dalam satu transmisi saja.

Dengan harganya yang lebih terjangkau, Honda memangkas berbagai fitur yang disematkan pada mobil ini. Mobilio S tak memiliki wiper belakang, lampu kabut, indikator sein samping, AC Double Blower, serta sistem keselamatan Anti-lock Braking System (ABS) maupun Electronic Distribution Brake (EBD). Begitu pula dengan gagang pintu yang senada dengan warna bodi dan velg steel 15 inci.

mobil bekas Honda Mobilio S 2018 di Indonesia
Honda Mobilio S keluaran tahun 2019 yang terlihat elegan

Sedangkan pada facelift tahun 2016, barulah Mobilio S mendapatkan beberapa perlengkapan tambahan untuk menunjang kenyamanan berkendara. Fitur yang ditambahkan yaitu sistem pendingin udara double blower dan velg baru yang lebih menawan.

Karena banderolnya yang lebih terjangkau, pajak Mobilio S sendiri merupakan yang termurah dari seluruh tipe mobil. Contohnya saja pajak mobil Honda Mobilio 2014 untuk tipe S tercatat Rp 2.260.000. Model keluaran 2016 memiliki pajak Rp 2.760.000 per tahunnya.

>>> Awal Tahun 2019, Ini Mobil Honda Paling Laris Yang Tak Disangka

2. Honda Mobilio E

Trim menengah dari Mobilio sebenarnya tak jauh berbeda dibandingkan trim terendah. Tapi ada beberapa fitur yang sudah bisa didapatkan pada Mobilio E. Salah satunya yaitu mobil ini sudah mendapatkan model dengan transmisi CVT, tak ketinggalan model bertransmisi manual 5-percepatan.

Sedangkan di dalam kabin, Mobilio E sejak awal kemunculannya sudah mendapatkan AC Double Blower yang turut meningkatkan kenyamanan berkendara penumpang, terlebih ketika perjalanan jauh. Yang berbeda pada mobil ini dibandingkan Mobilio S yaitu kaca spion samping yang sudah dilengkapi dengan lampu indikator.

mobil bekas Honda Mobilio E 2018 berwarna putih
Mobilio E hadir dengan kelengkapan fitur yang lebih banyak dibandingkan tipe S

Tapi ada satu perbedaan mendasar antara Mobilio S CVT dengan model bertransmisi manual 5-percepatan. Pasalnya bantuan sistem pengereman ABS dan EBD sayangnya hanya tersedia untuk model CVT sampai facelift. Setelah itu, model transmisi manual sudah menerima pembaharuan untuk ketersediaan fitur ini.

Biaya pajaknya memang lebih tinggi dibandingkan Mobilio S, tapi pajak Mobilio E tak begitu jauh berbeda. Seperti contohnya pajak mobil Honda Mobilio 2015 tipe MT dengan besaran Rp 2.480.000. Sementara Mobilio S MT tahun 2016 mendapatkan pajak Rp 2.760.000.

>>> Menambah Sengit Persaingan, Honda Mobilio 2019 Resmi Diluncurkan

3. Honda Mobilio RS

Ketika pertama kali dirilis, Honda memperkenalkan Honda Mobilio Prestige sebagai nama dari trim tertinggi Mobilio di Indonesia. Tapi sejak bulan Juni 2014, pihak Honda sendiri mengubah nama trim teratas ini dengan nama Honda Mobilio RS. Nama yang masih digunakan oleh LMPV terlaris Honda ini di Indonesia.

Mobilio RS mendapatkan aksen chrome pada bagian luar lampu kabut, dudukan plat nomor, dan ujung knalpot, serta kehadiran side moulding beraksen chrome yang membuatnya semakin atraktif dibandingkan dua model dibawahnya. Desain velg alloy yang unik juga menghadirkan kesan sporty pada mobil ini.

mobil bekas Honda Mobilio 2019 di Indonesia
Mobilio RS merupakan tipe tertinggi yang sudah mendapatkan head unit layar sentuh

Yang membuat Mobilio RS terasa lebih modern terlihat pada bagian kabin. Pasalnya mobil ini sudah mendapatkan head unit layar sentuh Kenwood berukuran 6,1 inci dengan kelengkapan fungsi kamera mundur. Membuatnya semakin praktis ketika harus dibawa berkendara atau parkir di lahan yang cukup sempit.

Sebagai tipe tertinggi, budget yang dipersiapkan untuk pajak pun tentunya lebih besar. Misalnya saja untuk pajak mobil Honda Mobilio 2020 tercatat Rp 5.160.000 untuk tipe manual. Tentu saja besaran pajak yang perlu dibayarkan tak sama di satu kota maupun kota lainnya mengingat harga Mobilio pun berbeda-beda di setiap daerah.

Cara menghitung pajak Honda Mobilio

Sama seperti mobil lainnya, Honda Mobilio menggunakan rumus standar untuk mendapatkan pajak tahunan. Misalnya dengan menambahkan komponen Biaya Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN KB) senilai 10% dari harga jual mobil untuk biaya pajak pertama, Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ), serta biaya administrasi Tanda Nomor Kendaraan Bermotor dan penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Untuk tahun-tahun setelahnya, Anda tak perlu lagi membayar biaya BBN KB karena mobil sudah berada di bawah nama Anda. Sedangkan komponen untuk menghitung biaya PKB sama setiap tahunnya, yaitu 2% dari harga jual mobil. Tapi yang membedakannya adalah harga jual mobil mengalami depresiasi, sehingga berkurang setiap tahun. Menjadikan pajak mobil lebih rendah dari tahun ke tahun.

Anda bisa saja mengecek sendiri besaran pajak mobil Honda Mobilio sesuai dengan berapa biaya BBN KB ketika mobil pertama kali dibeli serta besaran harga jual mobil. Atau Anda bisa juga mengecek secara online melalui aplikasi atau website resmi Samsat di daerah sesuai dengan STNK kendaraan.

>>> Besaran Pajak Mobil Honda Brio, dari yang Bekas Hingga Terbaru

 

Berita sama topik