Tersesat Di Jalan! Begini Cara Bertanya Yang Sopan Saat Berkendara

04/09/2018 Abdul Kosim Pengemudian mobil

Perjalanan menuju suatu tempat yang belum pernah dituju bisa menjadi pengalaman yang menarik bagi seseorang. Selain menemukan nuansa keindahan yang baru, juga bisa mendapatkan hiburan yang tidak seperti biasanya. Namun bisa jadi perjalanan tidak sesuai dengan perkiraan, kadang pengendara mengambil jalan yang salah. Dalam hal ini bertanya yang sopan bisa jadi salah satu pilihan tepat.

Mobil keluaran terbaru memang telah tersedia GPS, bahkan pada smartphone juga terdapat GPS yang dapat membantu menunjukkan arah. Namun dalam hal ini kadang ditemui masalah seperti error karena tidak ada sinyal dan hal lainnya. Dalam kondisi ini bertanya yang sopan kepada warga di sekitar sangat diperlukan. Tujuannya adalah agar dapat ditunjukkan arah yang benar untuk sampai tujuan.

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan saat bertanya kepada seseorang atau warga sekitar. Jika asal kada ditunjukkan ke arah jalan yang salah. Apabila sudah begitu maka rute ke lokasi menjadi semakin jauh dan kadang hanya berputar-putar. Setiap orang mempunyai rasa ingin dihormati, bukan karena ingin dianggap besar tapi setidaknya berbicara dengan sopan itu perlu.

Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan ketika ingin bertanya yang sopan saat berkendara menggunakan Mobil.

1. Matikan mesin

Gambar ini menunjukkan kemudi Mobil dan sebuah tangan sedang memegang anak kunci

Tepikan Mobil di tempat yang aman sebelum bertanya (Foto:businesspost)

Saat merasa sobat telah tersesat ketika ingin menuju tempat yang dituju, maka jalan satu-satunya adalah bertanya. Adapun adab yang perlu dilakukan adalah menepikan Mobil di tempat aman dan mematikan mesin, karena karakter seseorang berbeda-beda. Kadang ditemui bertanya tanpa mematikan mesin tetap dijawab dengan benar, ada juga yang malah marah atau memberikan jalur yang salah.

>>> Mungkin tertarik, Ternyata Bahaya Mematikan Mesin Mobil Secara Tiba-tiba

2. Turun dari Mobil

gambar ini menunjukkan seorang pengendara sedang memegang pintu untuk keluar dari Mobil

Lebih baik keluar dari Mobil dan dekati seseorang yang akan ditanyai (Foto:mobility-aids)

Pada saat bertemu seseorang dan ingin bertanya sebaiknya setelah mematikan mesin turun dari Mobil. Datangilah orang tersebut dan bertanya yang sopan. Dengan begitu dari pihak yang ditanya juga akan menjawab dengan baik dan menunjukkan arah yang benar.

>>> Jangan abaikan tulisan review mobil terbaru dan terlengkap hanya ada di Mobilmo.com

3. Menggunakan bahasa yang baik

Gambar ini menunjukkan seorang wanita sedang bertanya pada seorang pria

Menggunakan bahasa yang sopan dapat memberikan seseorang yang ditanya lebih akrab (Foto:sekarungopini)

Selain melakukan kedua poin di atas, menggunakan bahasa yang baik juga sangat penting. Jika terlalu kasar dalam bertanya bisa menyinggung perasaan dan dapat diarahkan ke jalur yang salah.

>>> Banyak tips pengemudi berguna untuk Anda, klik di sini untuk bacanya

4. Bertanya di warung

Gambar ini menunjukkan sebuah warung dengan penjaga wanita dan pria sebagai konsumennya

Bertanya sambil membeli di warung adalah salah satu tips cukup ampuh (Foto:serbaonline)

Cara terakhir bertanya yang sopan saat berkendara adalah dengan bertanya di warung. Biasanya langkah ini merupakan teknik paling ampuh untuk mendapatkan jalur yang tepat. Pertama belilah minuman atau cemilan atau apa saja yang tersedia. Setelah itu sambil membayar bisa bertanya arah ke tempat tujuan. Biasanya dalam cara ini sang penjual akan suka hati dalam memberikan arahan.

Ingat sambil membeli ya biar dapat rute yang tepat dan cepat. Kadang kalau hanya bertanya saja di warung, penjual akan cemberut dan kadang berkata-kata sendiri karena hanya bertanya saja tidak beli.

Di Indonesia ini memang bertanya yang sopan saat berkendara sangat diperlukan. Hal tersebut merupakan salah satu langkah untuk saling menghargai dan menghormati serta saling membutuhkan.

Ingat cara di atas bisa saja ampuh juga bisa tidak, tergantung di daerah masing-masing. Karena kadang ada juga yang mesin Mobil hidup tanpa keluar Mobil dan bertanya akan dijawab dengan senang hati. Namun alangkah baiknya jika ingin pergi ke suatu tempat yang baru mengajak teman atau saudara yang pernah mengunjunginya. Dengan begitu tidak ada yang namanya salah jalan atau sampai nyasar terlalu jauh.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tips bertanya yang sopan saat berkendara. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya

Mungkin anda ingin baca