Big SUV Dengan Harga Terjangkau, Simak Tips Lengkap Beli Chevrolet Trailblazer Bekas

29/11/2018| Mahmudi Restyanto

Di antara banyak merek SUV di Indonesia, Chevrolet menjadi salah satu saksi sejarah berkembangnya pasar mobil besar ini. Chevrolet Blazer salah satu senior Trailblazer sudah hadir sejak tahun 1996. Saat itu namanya masih Opel Blazer. Awal tahun lalu sempat tersiar kabar bahwa penjualan Trailblazer dihentikan oleh PT General Motors Indonesia selaku Agen Pemegang Merek (APM) Chevrolet. Namun ternyata itu untuk masa transisi diperkenalkannya tipe terbaru pada awal tahun ini.

>>> Baca juga, 10 Hal Yang Perlu Diperhatikan Agar Interior Mobil Tetap Seperti Baru Untuk Orang "Super Malas"

Bagi Anda yang berminat dengan Big SUV ini di Indonesia dulu ada dua pilihan mesin yakni diesel 2.500 cc dan 2.800 cc. Untuk tipe 2.5 LT menawarkan penggerak roda 4x2 dengan transmisi manual 5 percepatan. Sementara 2.8 LTZ berpenggerak empat roda (4x4) dipadu transmisi otomatis 6 percepatan. Dari sisi tenaganya, 2.800 cc mampu menghasilkan tenaga 180 dk pada 3.800 rpm dan torsi 470 Nm di 2.000 rpm. Sementara mesin 2.500 cc bertenaga 150 dk pada putaran mesin 3.800 rpm dengan torsi 350 Nm pada 2.000 rpm.

Tampak depan Chevrolet Trailblazer dengan desain gagah

Chevrolet Trailblazer mempunyai dimensi besar dengan ground clearance tinggi layaknya sebuah Big SUV

Tampilannya terlihat gagah dengan kaki-kaki yang besar dan bodi kekar. Meskipun pada lampu utamanya masih agak membulat sehingga belum terlihat modern dengan tren lampu menyipit. Posisi duduk yang ditawarkan juga ergonomis dan material di dalamnya mencerminkan kemewahan. Meski menggunakan basis mobil pekerja, tampilan interiornya tergolong mewah. Belum lagi hadirnya smartkey sehingga cukup menekan tombol untuk menghidupkan mesin.

>>> Ingin Mengetahui Seluk Beluk Tentang Kendaraan, Baca Review mobil terbaik hanya ada di sini!

Selain itu kemewahan interior juga bisa dirasakan melalui konektivitas gadget dengan audio yang bernama MyLink. Sistem layar sentuh pun mudah untuk dioperasikan saat memutar musik, video dan juga navigasi. Nah, bagi Anda yang berminat membeli Chevrolet Trailblazer bekas ini di pasaran, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Tidak lupa pengecekan teliti agar tidak menyesal kemudian.

Teknis

Pastikan kondisi mesin Chevrolet Trailblazer bekas

Ada dua pilihan mesin yang pernah dijual di Indonesia, sesuaikan dengan kebutuhan Anda dan periksa secara detail

Memang benar bahwa Chevrolet Trailblazer mempunyai kemampuan tangguh melewati segala medan. Namun perhatikan bagian kaki-kaki karena bila sering melewati jalanan rusak, suspensi bekerja ekstra. Terlebih bila mobil ini bekas perkebunan atau pertambangan, kaki-kaki menjadi komponen wajib untuk diperiksa oleh mekanik.

>>> Tips Mengerem Mobil dengan benar Supaya Aman di Jalan

Bahan bakar mesin diesel yang berkualitas tinggi belum terlalu merata di Indonesia. Bila Anda atau pemilik sebelumnya sering memberikan bahan bakar dengan sulfur tinggi dan cetane yang rendah, maka komponen filter solar wajib dicek. Ini bisa berdampak pada performa mesin serta usia mesin yang lebih pendek.

Periksa kaki-kaki pada Chevrolet Trailblazer

Periksa bagian kaki-kaki karena ground clerance tinggi membuat pemilik sebelumnya kemungkinan melakukan aksi off-road ringan

Trailblazer termasuk mobil dengan tenaga dan torsi mesin yang besar. Mesin perkasa seperti ini membuat girboks menjadi komponen yang bekerja ekstra keras. Perhatikan kondisinya, tes apakah penyaluran tenaganya berjalan mulus. Bila sempat, cek ke bengkel resmi kondisi cairan transmisi untuk memantau kondisinya.

>>> Mobil ini menjadi juara dunia kontruktor World Rally Championship, simak apa pendapat kami disini

Non-teknis

Catatan servis menjadi hal penting ketika Anda ingin membeli kondisi bekasnya. Pastikan pemilik sebelumnya rajin merawat mobilnya dengan servis secara periodik di bengkel resmi. Bila pemilik sebelumnya mengelak untuk memberi informasi catatan servis, patut dicurigai dan Anda bisa cek di bengkel resmi. 


Periksa interior Chevrolet Trailblazer secara teliti

Periksa bagian interior secara teliti untuk memastikan tidak ada kerusakan atau noda membandel

Kerusakan komponen mesin biasanya dimulai dari penggunaan bahan bakar yang buruk. Pun untuk mesin diesel bila Anda sering menggunakan bahan bakar berkualitas buruk, akibatnya akan ada komponen mesin yang cepat rusak ditambah usia mesin yang pendek. Pastikan bahwa Anda siap untuk memberi konsumsi bahan bakar berkualitas. 
Meski mempunyai interior yang mewah, justru ini menjadi perhatian penting bila Anda membeli kondisi bekasnya. Kotoran-kotoran pada sekitar alas kaki atau karpet menjadi bagian penting. Sisa-sisa tanah atau lumpur bisa jadi terselip di antara karpet. Tidak hanya membuat tidak enak dipandang tapi juga bisa menyebabkan timbulnya bakteri jahat.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Jangan Salah, Ada Keuntungan Membeli Mobil Bekas Taksi

    13/08/2020| Abdul

    Jangan Salah, Ada Keuntungan Membeli Mobil Bekas Taksi

    Semakin mahalnya mobil baru membuat masyarakat Indonesia cenderung berminat terhadap mobil bekas. Selain harga yang ditawarkan lebih murah, mobil bekas juga memberi banyak pilihan beragam termasuk berbagai tipe dan model yang bisa dipilih sesuai selera. Di antara banyak pilihan tersebut, salah satunya membeli mobil bekas taksi.

  • Beberapa Tips Beli Mobil Bekas Agar Dapat lebih Murah

    09/08/2020| Abdul

    Beberapa Tips Beli Mobil Bekas Agar Dapat lebih Murah

    Harga sebuah mobil bekas biasanya mengalami depresiasi tergantung dari tahun dan kondisi sebuah mobil. Mobil bekas menjadi alternatif bagi mereka yang menginginkan mobil. Harga mobil bekas jelas lebih terjangkau dan cocok bagi orang yang punya finansial ketat.

  • Ragu Pilih Mobil SUV Atau MPV? Pahami Kelebihan Dan Kekurangannya

    09/07/2020| Abdul

    Ragu Pilih Mobil SUV Atau MPV? Pahami Kelebihan Dan Kekurangannya

    Setiap keluarga yang telah punya anak, memiliki mobil pribadi yang nyaman merupakan sebuah impian. Mempunyai mobil pribadi tentu akan memudahkan kegiatan keluarga saat bepergian seperti liburan atau sekadar belanja. Nah jika disuruh pilih mobil SUV atau MPV, Sobat pilih yang mana?

International