10 Hal Yang Perlu Diperhatikan Agar Interior Mobil Tetap Seperti Baru Untuk Orang "Super Malas"

27/11/2018| Fatchur Sag

Nilai jual sebuah mobil bekas tak hanya ditentukan oleh tahun produksinya, tapi juga dipengaruhi kondisi fisik mobil itu sendiri. Dalam kondisi 'sehat', fisik sempurna, dan kebersihan terjaga, nilai jual mobil bekas bisa dipastikan lebih tinggi ketimbang sebaliknya. Sayang, susah sekali menemukan mobil bekas dalam kondisi sempurna. Selain ada cacat di sana-sini, kebersihan mobil kadang terabaikan. Kalau Anda termasuk orang super malas, jangan biarkan kemalasan Anda merugikan diri sendiri. Lawan kemalasan Anda dan lakukan hal-hal ringan berikut agar interior mobil selalu bersih dan terawat!

1. Jangan makan di dalam mobil

Foto orang sedang makan dalam mobil

Makan dalam mobil berpotensi mengotori mobil

Makanan atau minuman yang Anda konsumsi di dalam mobil berpotensi untuk meninggalkan remah-remah, noda pada karpet atau pada jok mobil, bisa juga menimbulkan bau tidak sedap yang sulit untuk dihilangkan. Oleh karena itu simpan makanan dan minuman yang Anda beli hingga sampai di tempat tujuan jika Anda malas untuk langsung membersihkannya.

2. Tepuk-tepuk sepatu Anda

Foto sepatu kotor dengan lumpur

Alas kaki juga berpotensi mengotori mobil

Bagian bawah sepatu Anda atau sol sepatu tentunya adalah bagian yang paling kotor karena ia melakukan kontak dengan tanah, pasir, genangan air, dan sumber kotoran lainnya. Sayangi karpet mobil Anda dengan menepuknya agar tidak ada tanah atau pasir yang terkumpul di karpet mobil, sebelum masuk ke dalam mobil.

>>> 3 Langkah Sederhana Mengganti Alas Lantai Mobil

3. Sediakan tempat sampah di dalam mobil

Foto tempat sampah di dalam mobil

Biasakan membuang sampah pada tempatnya

Biasanya banyak ditemukan sampah di bagian kantong-kantong di dalam mobil yang isinya bungkus permen, botol-botol minuman kosong, berbagai macam sampah plastik, dan sebagainya, bahkan mungkin juga puntung rokok. Sampah yang terkumpul akan membuat mobil makin repot untuk dibersihkan oleh karena itu Anda bisa menyediakan tempat sampah untuk digunakan selama perjalanan.

4. Cari tempat parkir yang teduh

Gambar mobil-mobil BMW di parkir di tempat teduh

Parkir di tempat teduh bikin mobil lebih awet

Mobil yang kena panas matahari terus-terusan lama kelamaan akan berubah penampilannya termasuk bagian dalam mobil. Panas matahari bisa membuat suhu di dalam interior mobil lebih tinggi dan merusak bahan material pada karpet, jok mobil, dan juga komponen elektronik yang ada di dalam mobil. Karena itu sebisa mungkin parkirkan mobil di tempat yang teduh agar Anda tidak harus keluar biaya banyak untuk permak mobil yang sudah kusam.

>>> Hati-hati, Inilah 2 Dampak Buruk Sering Parkir Mobil Di Bawah Sinar Matahari

5. Segera bersihkan kalau ada kotoran

Foto kotoran menumpuk dalam mobil

Jangan biarkan kotoran menumpuk tanpa dibersihkan

Jika kotoran atau sampah-sampah tidak segera dibersihkan, maka yang ada sampah akan menumpuk di mobil Anda. Makin banyak sampah yang menumpuk makin malas pula membersihkannya. Akhirnya interior mobil Anda pun jadi kotor, bau, dan kurang nyaman untuk ditumpangi.

6. Sediakan lap dan cairan pembersih

Foto seseorang sedang mengelap bagian dalam mobil

Pilih lap pembersih berbahan halus

Sediakan kelengkapan pembersih di dalam mobil Anda misalnya lap microfiber dan juga cairan pembersih untuk interior mobil. Sehingga ketika ada tumpahan makanan atau minuman bisa segera dibersihkan sebelum jadi noda. Anda juga bisa menyediakan tisu basah untuk sesekali membersihkan dashboard dan ventilasi AC dari debu dan membersihkan minyak.

>>> Review mobil terbaik hanya ada di sini

7. Kibaskan karpet mobil

Foto sedang membersihkan karpet

Secara berkala. bersihkan karpet di luar mobil agar kotoran yang menempel hilang

Meski sudah menepuk sepatu sebelum masuk ke dalam mobil, sisa-sisa kotoran dan pasir yang ada di sepatu akan terakumulasi di karpet mobil Anda. Setidaknya seminggu sekali, keluarkan karpet mobil kemudian kibas-kibaskan di luar agar debu dan kotorannya jatuh. Syukur-syukur jika Anda tidak malas untuk memvakumnya atau mencucinya sekalian.

8. Pasang cover jok yang bisa dilepas

Foto sarung jok mobil warna merah, bisa dilepas

Kadang penting juga memasang cover jok modifikasi yang bisa dilepas

Akan sulit membersihkan noda dari jok mobil yang harus dilepas rangka joknya, dan biasanya dilakukan di tempat cuci mobil profesional. Jika Anda tidak mau direpotkan dengan hal ini, pasang cover jok mobil yang bisa dengan mudah dilepas dan dipasang sehingga kalau kotor tinggal dicuci covernya bisa secara manual atau menggunakan mesin cuci.

>>> Baca disini Tips Dalam Memilih Cover Jok Mobil

9. Periksa bagian bawah jok dan bagasi

Foto bagasi mobil dalam kondisi bersih

Pastikan tidak ada sampah tersisa di bagasi

Ketika Anda membersihkan mobil, jangan lupakan bagian bawah jok dan juga bagasi. Kadang suka ditemukan sampah atau barang yang terlupakan dan menimbulkan bau tidak sedap. Hindari juga menyimpan sepatu olahraga tanpa dibungkus dengan tas atau kotak karena sepatu ini biasanya menjadi sumber bau tidak sedap di mobil.

10. Bawa ke tempat cuci mobil

Foto proses car detailing

Tidak telaten merawat mobil sendiri, serahkan kepada ahlinya

Jika Anda malas untuk membersihkan mobil sendiri, bawa saja ke tempat pencucian mobil. Biasanya di tempat cuci mobil tidak hanya eksterior saja yang dibersihkan tapi juga dibersihkan karpet-karpet mobilnya. Dengan begitu mobil tetap terlihat baru meski Anda malas merawatnya sendiri.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Jangan Asal, Ada Etika Merebahkan Jok Mobil Yang Perlu Diperhatikan

    12/09/2020| Abdul

    Jangan Asal, Ada Etika Merebahkan Jok Mobil Yang Perlu Diperhatikan

    Merebahkan jok mobil bisa dilakukan untuk memberikan kenyamanan selama di dalam kabin. Hanya saja kadang di dalam kendaraan terdapat penumpang lain sehingga terdapat etika dan beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk kenyamanan bersama.

  • 5 Hal Menggugurkan Garansi Mobil Baru

    01/09/2020| Fatchur Sag

    5 Hal Menggugurkan Garansi Mobil Baru

    Pabrikan memberikan garansi mobil baru hingga beberapa tahun atau jarak puluhan ribu. Namun ada hal-hal yang membuat garansi mobil baru tidak berlaku.

  • Mengenal Fungsi Airbag Pada Mobil Dan Cara Merawatnya

    15/08/2020| Abdul

    Mengenal Fungsi Airbag Pada Mobil Dan Cara Merawatnya

    Airbag menjadi salah satu fitur keselamatan yang diberikan pada mobil. Yang mana fitur ini akan aktif saat merespon terjadi benturan yang keras. Lantas apa saja fungsi airbag pada mobil dan bagaimana cara kerjanya?

International