Berapa Pajak Mobil Honda Jazz dari Generasi ke Generasi

12/01/2022 | Padli

Honda Jazz memang tak lagi dipasarkan di Indonesia. Tapi mobil ini masih tetap populer berkat tampilannya yang dinamis dan rasa berkendara yang ditawarkan. Termasuk pajak mobil Honda Jazz bisa dibilang masih terjangkau, apalagi dengan modelnya yang pertama kali dipasarkan di Indonesia pada akhir 2003 silam hingga 2021 lalu.

Honda Jazz Generasi Pertama

Jika Anda melihat pasar mobil bekas Tanah Air, ada beberapa generasi Honda Jazz yang sudah bisa didapatkan. Yang paling tua tentu saja generasi pertama yang masuk ke Indonesia pada akhir 2003 dan banyak ditemui sebagai Honda Jazz 2004.

Dari segi tampilan, mobil ini memang bisa dibilang cukup kompak untuk menghadirkan pengendaraan yang dinamis di jalanan perkotaan. Tapi jangan salah, Jazz menawarkan ruang kabin yang terbilang cukup lega meski berada di segmen city car. Bahkan ruang bagasinya pun sudah cukup baik untuk mengakut barang kebutuhan sehari-hari.

mobil bekas Honda Jazz 2006 di Indonesia
Desain jadul Honda Jazz generasi pertama di Indonesia

Mobil ini ditawarkan dengan mesin berkapasitas 1.5 liter VTEC yang menawarkan tenaga yang pas untuk pengendaraan perkotaan. Apalagi tipe tertingginya sudah dilengkapi dengan fitur modern, seperti pengereman Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD). Walaupun untuk sistem infotainment tentu saja tak bisa dibandingkan dengan city car saat ini.

Saat ini harga Honda Jazz bekas generasi pertama, misalnya model keluaran 2004 berada di kisaran Rp 60 jutaan hingga Rp 80 jutaan. Sedangkan harga pajak mobil Honda Jazz di generasi pertama berada di kisaran Rp 1,3 juta hingga Rp 1,5 juta. Seperti Honda Jazz 1.5 IDSI AT 2004 dengan biaya pajak Rp 1.543.500.

>>> Denda Pajak Mobil Telat 1 Hari Harus Bayar? Berikut Perhitungannya 

Honda Jazz Generasi Kedua

Akhirnya pada tahun 2008 Honda membawa generasi kedua Jazz ke Indonesia dengan tampilan yang lebih modern dibandingkan sebelumnya. Lihat saja desainnya yang dibuat lebih stylish namun tetap menawan. Masih menghadirkan dimensi yang kompak, tapi menerima peningkatan teknologi untuk memberikan rasa berkendara dan kenyamanan yang lebih baik.

Ubahan paling besar terdapat pada ruang kabin dimana Jazz menerima dashboard dengan berbagai peningkatan fitur baru. Walaupun desainnya terbilang sangat berbeda dibandingkan mobil lainnya di segmen ini, tapi Jazz 2008 sudah dilengkapi dengan fitur menawan seperti AC, audio, dan airbang dengan sistem Dual SRS.

mobil bekas Honda Jazz 2013 di Indonesia
Tampilan generasi kedua Jazz yang dibuat lebih stylish

Sedangkan dalam hal mesin. Jazz keluaran 2008 dan seterusnya menggunakan mesin L15A i-VTEC SOHC yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 120 PS dan torsi puncak 145 Nm. Lebih bertenaga dibandingkan pendahulunya. Begitu pula dengan konsumsi bahan bakar yang terbilang irit ketika harus menghadapi kemacetan jalanaan.

Jazz generasi kedua pun masih banyak ditemukan di berbagai daerah dan masih menjadi jualan mobil bekas yang populer. Harganya sendiri berada di kisaran Rp 70 jutaan hingga Rp 90 jutaan untuk tahun 2008 hingga mencapai Rp 160 jutaan sampai Rp 190 jutaan untuk model baru dengan tahun 2014.

Karena selisih harga yang jauh, maka tentu saja besaran pajak juga berbeda. Misalnya saja pajak Honda Jazz 2008 mulai dari Rp 1,6 jutaan, maka pajak Jazz keluaran 2014 berada di kisaran Rp 2,2 jutaan hingga Rp 2,9 jutaan.

>>> Perbedaan Biaya Pajak Mobil Honda Mobilio Setiap Tipe

Honda Jazz Generasi Ketiga

Kesuksesan Honda Jazz membuat Honda Prospect Motor (HPM) selaku APM Honda di Indonesia mulai meluncurkan edisi ketiga pada tahun 2015. Ubahan baru ini mempercantik tampilan hatchback kompak tersebut menjadi lebih stylish dan mendapatkan berbagai perubahan fitur baru yang lebih canggih.

Tampilannya masih tetap atraktif sebagai model perkotaan, Lampu depan sudah mendapatkan bohlam LED dan memiliki proyektor serta dilengkapi dengan DRL LED pada tipe tertinggi. Velg alloy berukuran 16 inci dipasangkan dengan ban Bridgestone Turanza 185/55 R16.

mobil bekas Honda Jazz 2016 di Indonesia
Edisi terbaru Honda Jazz generasi ketiga yang dibuat modern

Bagian dalam juga dibuat berbeda. Salah satunya dengan desain head unit baru yang lebih modern serta dashboard yang didominasi oleh warna hitam dan panel silver untuk menjaga kesan sporty pada mobil ini. Setir juga sudah mendapatkan pengaturan audio, meningkatkan kepraktisan selama berkendara.

Mesinnya masih menggunakan kapasitas 1.5 liter, tapi dibuat lebih bertenaga dibandingkan dua model sebelumnya, tapi rasa berkendara yang ditawarkan masih tetap mengesankan. Menggunakan model yang sama dengan Honda Mobilio, keluaran tenaga Jazz menghadirkan 122 PS daya maksimal dan torsi puncak tercatat 145 Nm.

Dari segi harga, mobil yang masih tergolong tahun muda ini memang tercatat masih sepadan dengan mobil LCGC (Low Cost Green Car) semisal Toyota Agya maupun Honda Brio Satya. Berdasarkan pengamatan Mobilmo, banderolnya berkisar mulai dari Rp 150 jutaan untuk model keluaran 2015 dan Rp 275 jutaan untuk mobil baru keluaran 2020.

mobil baru Honda Jazz 2021 di Indonesia
Honda Jazz 2021 menjadi model terakhir yang dipasarkan di Indonesia

Begitu pula dengan pajak yang harus dibayarkan. Misalnya saja pajak mobil Honda Brio 2016 berada di kisaran Rp 2,5 jutaan hingga Rp 2,8 jutaan, pajak mobil Honda Brio 2019 saat ini tercatat mulai dari Rp 2,9 jutaan hingga Rp 3,3 jutaan, sedangkan pajak mobil Honda Brio 2020 di kisaran Rp 3,2 jutaan sampai Rp 3,3 jutaan.

Sedangkan bagi Anda yang memiliki mobil baru Honda Jazz 2021 yang baru saja dibeli tahun lalu, besaran pajaknya pun lebih tinggi dibandingkan model yang sudah berumur. Biaya pajak yang harus dibayarkan mulai dari Rp 2,9 jutaan sampai dengan Rp 3 jutaan.

Tapi tenang saja, biaya untuk pajak mobil akan berkurang sepanjang usia mobil setiap tahunnya. Jadi semakin tua mobil, maka akan semakin rendah pula harga jual kembalinya. Ini juga berdampak pada besaran biaya pajak mobil Honda Jazz yang akan semakin turun.

>>> Honda Jazz Terbaru Dirancang Pakai Mesin Hybrid ala F1

 

Berita sama topik