Yuk Biasakan Bantu Pengereman Dengan Engine Brake Via Paddleshift

27/06/2019 Arfian Alamsyah TOP mobil

Mobil-mobil dengan transmisi otomatis utamanya yang mengadopsi transmisi CVT kerap dikeluhkan minim sekali engine brake seperti transmisi lainnya. Nah, kini yuk kita biasakan bantu pengereman dengan engine brake via paddleshift

Mobil dengan transmisi CVT memang kerap dikeluhkan akan minimnya engine brake yang dihasilkan oleh mesin. Hal ini disebabkan lantaran mekanisme pulley primer dan sekunder pada transmisi CVT yang memang rasionya variabel alias banyak. Jadi ketika transmisi tidak mendapatkan beban untuk menyalurkan tenaga mesin, belt yang terpasang pada pulley sekunder serta primer pada sistem CVT mengendur dan mobil menjadi meluncur. Makanya, yuk biasakan bantu pengereman dengan engine brake, baik dengan cara menggeser tuas maupun via paddleshift.

>>> Benarkah melakukan engine brake dapat merusak mesin?

Tampak tuas transmisi Honda Civic Turbo 1.5L 2019

Selain via paddleshift, engine brake dapat dilakukan dengan menggeser tuas ke posisi gigi yang lebih rendah

Untunglah pada mobil kekinian yang sudah mengadopsi transmisi sejuta rasio ini, sudah dilengkapi dengan posisi tuas transmisi B (Brake), L (Low) atau S (Sport) pada beberapa mobil lansiran Honda. Namun, kami lebih menyarankan Anda untuk melakukan pengereman mesin dengan menyentuh tuas minus (-) di paddleshift. Meski posisi tuas masih di D (Drive), namun ketika Anda menarik tuas berlogo minus tersebut putaran mesin akan langsung naik, sembari transmisi membantu untuk melakukan engine brake pada mobil Anda.

>>> Ingin mengemudi lebih aman di jalan menurun? Lakukan trik engine brake berikut ini

Mobil melaju kencang

Saat melaju dengan kecepatan tinggi seperti ini, tinggal tarik tuas (-) minus pada paddleshift untuk engine brake

Hal ini telah kami praktekkan pada dua buah mobil Honda yang sama-sama sudah mengadopsi transmisi CVT, yakni All New Honda CR-V 1.5L Turbo lansiran 2019 dan Honda HR-V 1.5 E CVT keluaran 2017. Saat kami memainkan paddleshift saat melakukan pengereman mendadak karena ada sesuatu di jalan, putaran mesin langsung naik dan membantu efek engine brake, secara otomatis kami tidak perlu menginjak pedal rem terlalu dalam untuk mengendalikan mobil. So, jangan ragu-ragu untuk pakai paddleshift untuk membantu engine brake ya.

>>>  Terus ikuti tips & trik seputar otomotif di Mobilmo.com

Mungkin anda ingin baca

  • Mobil Mesin Turbo Jadi Tren Baru, Apa Istimewanya?
    TOP mobil Fatchur Sag

    Mobil Mesin Turbo Jadi Tren Baru, Apa Istimewanya?

    18/07/2019

    Dalam beberapa tahun belakangan istilah turbocharger atau mesin turbo makin sering terdengar di telinga seiring hadirnya berbagai mobil baru dengan mesin ini. Apa yang istimewa dari mobil mesin turbo sehingga para produsen seperti berlomba memilihnya?

  • Begini Cara Kerja Engine Control Pada Truk Volvo
    TOP mobil Arfian Alamsyah

    Begini Cara Kerja Engine Control Pada Truk Volvo

    27/06/2019

    Fitur engine control ini merupakan salah satu kemajuan teknis dibidang truk pengangkutan barang. Fitur engine control ini dapat meningkatkan keamanan sekaligus efisiensi bahan bakar. So, begini cara kerja engine control pada truk Volvo.

  • Ini Cara Kerja Power Steering Berteknologi Advanced Dari Volvo Trucks
    TOP mobil Arfian Alamsyah

    Ini Cara Kerja Power Steering Berteknologi Advanced Dari Volvo Trucks

    26/06/2019

    Beberapa hari lalu, di kawasan Sentul, Jawa Barat awak media termasuk Mobilmo.com diajak untuk merasakan teknologi power steering berteknologi advanced dari Volvo Trucks. Nama teknologinya adalah Volvo Dynamic Steering, dan inilah cara kerjanya