Tenaga Mesin Naik Tanpa Ganti Part? Ini Yang Harus Dilakukan

30/03/2019 Arfian Alamsyah TOP mobil

Sebelumnya kami pernah membahas tentang blueprint engine alias blueprint mesin. Nah, kali ini kami akan membahas apa saja yang harus dilakukan

Sebelumnya kami telah menjabarkan apa yang dimaksud dengan blueprint engine, intinya semua part internal mesin dimaksimalkan meski dalam kondisi standar. Kali ini kami akan membahas apa saja yang perlu dilakukan untuk mencapai goals tenaga mesin naik tanpa ganti part. Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan, simak terus penuturan kami di website nomor satu seputar teknik kendaraan ini.

>>> Lebih efisien dan bertenaga, yuk pahami cara kerja turbo skuensial

Korek inlet dengan pisau tuner

Inlet di 'atur' ulang lengkungannya agar flow udara makin cepat dan tenaga bisa naik

Agar tenaga mesin naik tanpa ganti part, maka diperlukan menaikkan tingkat efisiensi volumetrik. Efisiensi volumetrik adalah seberapa banyak dan lancar udara masuk ke ruang bakar. Maka langkah yang harus dilakukan adalah membuat udara selancar mungkin di ruang bakar. Yang dapat dilakukan adalah melakukan pekerjaan head job lengkap, seperti porting polished, melakukan valve cutter 3 angle, dan mengganti noken as atau camshaft yang LSA (Lobe Separation Angle), lift serta durasinya lebih agresif.

>>> Apa yang dimaksud dengan tuning mesin? Temukan jawabannya disini

Pengerjaan head job harus hati-hati

Pengerjaan head job harus dilakukan secara teliti dan hati-hati

Porting polished dapat dilakukan dengan membentuk ulang inlet menggunakan cutter tuner atau di Indonesia lebih dikenal dengan pisau tuner. Untuk melakukan valve cutter diperlukan alat khusus, bengkel yang biasa menangani mobil balap umumnya memiliki tools khusus ini. Hal ini akan lebih optimal bila dibarengi dengan blueprint engine alias menimbang dan melakukan pengukuran ulang parts internal di mesin. Namun, proses ini tidak bisa asal-asalan dilakukan, butuh alat yang namannya flow bench.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca