Sering Di Copot Mekanik, Ini Alasan Thermostat Penting Mengendalikan Suhu Mesin Anda

28/04/2019 Arfian Alamsyah TOP mobil

Banyak salah kaprah yang terjadi di dunia mekanik mobil. Agar menjaga suhu mesin mobil tetap dingin, lantas mekanik sering mencopot thermostat pada mesin mobil. Kami akan beberkan alasan mengapa thermostat tidak boleh dicopot, karena penting dalam mengendalikan suhu mesin Anda.

Tak hanya di dunia hiburan atau politik saja yang lazim ditemukan salah kaprah. Pada dunia mekanik mesin mobil juga kerap ditemui. Dengan tujuan menjaga suhu mobil tetap dingin, lantas banyak mekanik yang sering mencopot thermostat pada mesin mobil. Padahal, benda yang bernama thermostat ini krusial sekali berada pada mesin mobil. Kini, kami akan beberkan alasan mengapa thermostat tak boleh dicopot, karena penting dalam mengendalikan suhu mesin mobil Anda.

>>> Ini salah satu alasan mengapa engine mounting mudah sekali rusak pada mobil kekinian

Tampak cara kerja thermostat

Beginilah cara kerja thermostat pada radiator di mesin mobil Anda

Pertama, Anda harus tahu dulu apa yang dimaksud dengan thermostat. Bahasa singkatnya, thermostat adalah sebuah katup mekanikal pada radiator, cara kerjanya seperti sebuah keran yang bukaannya berdasarkan suhu mesin. Jadi, ketika mesin suhunya normal, air di dalam water jacket belum bersirkulasi ke radiator sebab ditahan oleh thermostat. Baru saat mesin panas, thermostat berperan membuka aliran air dalam water jacket tadi ke radiator untuk didinginkan. 

>>> Mobil Anda sudah direct injection? Simak kelebihan dan kekurangannya

Tampak Bagian mesin Suzuki Ertiga GL 2019 AT

Mesin itu punya suhu kerja, bukan berarti makin dingin justru makin bagus

Salah kaprah pun terjadi, kebanyakan orang berpikir bahwa semakin dingin mesin itu dianggap semakin baik. Padahal, kenyataannya tidak demikian. Mesin terlalu dingin itu tidak optimal, apalagi untuk mobil yang bermesin injeksi. Saat mesin dingin ada extra fuel yang dimasukkan kedalam ruang bakar atas perintah ECU karena dianggap mesin masih dalam proses warming up. Coba Anda bayangkan apabila thermostat dicopot, maka ECU akan terus menerus memerintahkan menambah bahan bakar ekstra ke ruang bakar, akhirnya mobil jadi boros BBM.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca