Toyota Corolla Sport 2018 JDM Tandai Kebangkitan Legenda Toyota Corolla

28/06/2018| Aditya P Siregar

gambar menunjukkan banyak mobil Toyota Corolla menurut tahun

Perjalanan panjang 52 tahun sejarah Toyota Corolla

Terlepas fakta sebagai mobil terlaris sejagad dengan total penjualan melebihi 46 juta unit dan memiliki tradisi sepanjang 52 tahun sejak diluncurkan tahun 1966, pamor Toyota Corolla seperti meredup dengan perlahan. Meredup seiring menurunnya popularitas sedan dan beralihnya fokus pabrikan dengan berlomba-lomba memproduksi SUV / crossover.

Namun, bintang Corolla tampak mulai bersinar seiring kemunculan sosok bernama Corolla Sport di Jepang pada Selasa (26/6). Kami sebut bersinar karena untuk pertama kalinya dalam 12 tahun nama Corolla dipakai kembali pada model hatchback. Setelah sebelumnya Toyota mengenakan nama Auris.

gambar menunjukan sebuah mobil Toyota Corolla Sport 2018 berwarna silver

Toyota Corolla Sport 2018 merupakan hatchback Corolla pertama di Jepang sejak 2006

Kecuali Australia yang setia memakai nama Toyota Corolla, Auris menggantikan Corolla hatchback mulai 2006 di Eropa, Jepang dan negara-negara lainnya. Lebih sedih, di negara kelahirannya sendiri, Toyota “menyerahkan” mahkota Corolla kepada sedan mungil bernama Corolla Axio yang ditemani station wagon kompak Toyota Corolla Fielder sejak 2006.

Untungnya semua ini akan segera berubah. Diawali dengan kemunculan Toyota Corolla Hatchback di Amerika dan Corolla Sport di Jepang, menjadi pernyataan tegas bahwa nama legendaris ini masih eksis dan siap membawa peperangan ke rival-rivalnya.

1. Sejarah singkat: Ragam Toyota Corolla

Toyota Corolla mengawali kisahnya pada November 1966 dalam wujud sedan 2-pintu. Dari situ, “beranak-pinak” menjadi tak kurang dari 10 varian bodi. Bukti fleksibilitas dari konsep awal Toyota Corolla sebagai “a car for everyone”. Pernah hadir dalam versi station wagon, coupe 2-pintu, coupe 3-pintu, hatchback 3 dan 5 pintu, liftback, MPV, hingga SUV. Satu demi satu, model ini pun bertumbangan, menyisakan sedan, hatchback dan station wagon per tahun ini.

gambar menunjukan dua mobil Toyota Corolla generasi I dengan generasi XI berwarna putih dan abu abu

Toyota Corolla generasi I dengan generasi XI dijual saat ini di Indonesia

Mobil terpopuler ini pun pernah mengalami transformasi dari penggerak belakang (RWD) ke depan (FWD) pada generasi V diperkenalkan tahun 1983. Pada generasi berkode E80 ini lah muncul legenda Toyota Corolla Levin alias Toyota Sprinter Trueno, diabadikan melalui manga dan anime populer Initial D. Ketika sedan dan hatchback telah pindah ke FWD, Sprinter Trueno masih tetap mengandalkan RWD.

>>> Mungkin Anda tertarik, Inilah review terlengkap dan terupdate bergaram mobil merek Toyota yang ditawarkan oleh Mobilmo.com

gambar menunjukan dua mobil Toyota Corolla berwarna kuning dan merah sedang diparkir di jalan

Transformasi dari RWD ke FWD pada generasi V, kecuali untuk model sport Corolla Levin / Sprinter Trueno

Mulai generasi IX, Toyota memperkenalkan dua basis Corolla berbeda, disesuaikan dengan kebutuhan region setempat. Model pertama adalah Corolla global yang dijual di Jepang, Eropa, hingga Australia. Sementara versi sedan kedua menyasar calon konsumen di Asia dan Amerika yang menginginkan Corolla dalam versi lebih mewah. Sebagai penegas, diperkenalkan sub brand Altis di beberapa region.

Apakah munculnya Toyota Corolla hatchback generasi XII menandai kehadiran wajah tunggal untuk seluruh region? Kita tunggu saja kelahiran versi sedan yang rasanya tidak akan lama lagi.

>>> Ingin update berita tentang mobil terbaru di Tanah Air maupun di dunia, silakan klik di sini

gambar menunjukan dua mobil Toyota Corolla Axio berwarna kuning dan merah sedang diparkir di jalan

Toyota Corolla Axio, model eksklusif dijual di Jepang

2. Halo Toyota Corolla Sport 2018

Hadir di atas platform baru TNGA, Toyota Corolla Sport 2018 mengusung desain sporty dan agresif, belum pernah terdapat pada generasi-generasi Corolla sebelumnya. Terdapat emblem istimewa “C” dipakai khusus model Jepang.

Di Jepang, ia hadir dalam dua pilihan dapur pacu. Yaitu varian 1.200cc turbo dan hybrid. Versi turbo menggunakan mesin 8NR-FTS dengan daya maksimum 116 dk dan dipadu transmisi Super CVT-i 10-speed shiftmatic. Sementara model hybrid tampil dengan paket THS II terdiri atas mesin 2ZR-FXE 1.800cc 98 dk dan motor listrik hingga membentuk output keseluruhan 122 dk.

>>> Baca juga: Daftar Harga Toyota Corolla Altis Terupdate

gambar menunjukan Pilihan warna Toyota Corolla Sport 2018

Pilihan warna Toyota Corolla Sport 2018 di pasar Jepang

Sejumlah teknologi dan inovasi terkini pun mengiringi paket TNGA Corolla generasi ke-12 ini. Termasuk diantaranya sistem konektivitas yang menghubungkan pengemudi dengan mobil dan mobil dengan seluruh infrastruktur pendukung. Fitur keselamatan pun menggunakan Toyota Safety Senses, lengkap dengan sistem pra-benturan yang mampu mendeteksi pejalan kaki dan pesepeda.

>>> Mungkin Anda tertarik, tips jual beli lainnya di sini

Mari kita tunggu apakah Toyota akan mengikuti jejak Honda dalam memperkenalkan hatchback premium di region Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Jika tidak, Anda berminat memilikinya mungkin dapat menghubungi importir umum langganan.

Di Jepang, Toyota Corolla Sport 2018 mulai dijual Juni ini dengan rentang harga 2.138.400 – 2.689.200 yen atau sekitar Rp 276 – 347 jutaan.

gambar menunjukan sebuah mobil Toyota Corolla Sport sedang berkendara di jalan

Merupakan Toyota Corolla dengan desain paling agresif dan sporty sepanjang 52 tahun sejarahnya

>>> Mau cari mobil buat keluarga? Di Cintamobil.com saja, koleksinya banyak harganya juga menggiurkan!

Berita sama topik

International