Pergi Berlibur Berdua, Ini Mobil Paling Cocok dan Layak Dipilih

31/12/2018 Fatchur Sag TOP mobil

Ketika Anda merencanakan liburan, tentunya ada berbagai hal yang wajib dipertimbangkan masak-masak, termasuk pilihan moda transportasinya. Anda bisa pilih gunakan sarana transportasi umum seperti pesawat, kereta api, maupun bus, atau pilih naik kendaraan pribadi. Tapi jika hanya pergi berlibur berdua, apa kira-kira mobil paling cocok dan layak dipilih?

Meskipun Anda nanti bakal pergi berlibur berdua saja dengan pasangan atau teman, menggunakan kendaraan pribadi, mobil adalah opsi yang lebih baik dan aman. Apalagi jika Anda sudah berencana untuk menempuh perjalanan jauh dan menghabiskan sampai berhari-hari untuk berlibur. Karena mobil punya lebih banyak ruang di dalam, tentunya Anda punya cukup banyak ruang untuk mengangkut berbagai barang penting selama liburan, seperti pakaian dan bahkan oleh-oleh untuk dibawa pulang nantinya.

Foto sepasang pria wanita selfie di mobil

Liburan berdua bisa juga seru

Mobil yang digunakan untuk berlibur pun bisa jadi merupakan mobil sewaan yang anda pakai ketika sudah sampai di kota tujuan, ya! Hal ini pun merupakan alternatif yang sangat praktis, terutama jika mobil di rumah tidak bisa dibawa pergi jauh atau tidak cocok untuk perjalanan jarak jauh yang nyaman.

Nah, berbicara soal mobil, Anda pasti sudah tahu kalau ada berbagai jenis mobil yang beredar di pasaran. Lantas, apakah ada jenis mobil tertentu yang cocok untuk dipakai berlibur? Tentu saja jawabannya ada dan berikut ini adalah ulasannya!

>>> Siap Liburan Kemana Saja dengan Nissan Evalia Versi Camper Van

Jenis Mobil yang Cocok untuk Dipakai Liburan

Pada dasarnya, jenis mobil yang ideal untuk digunakan saat berlibur, terutama untuk menempuh rute jarak jauh, ada dua jenis, yaitu MPV alias multi-purpose vehicle, dan SUV atau sport utility vehicle. Walaupun keduanya memang paling umum digunakan sebagai mobil liburan keluarga, pergi berlibur berdua saja pun dijamin tetap nyaman dan seru dengan kedua pilihan mobil super handal ini!

1. Multi-purpose vehicle (MPV)

Foto mobil deretan Mitsubishi Xpander diparkir

Mitsubishi Xpander, mau berdua atau sekeluarga tetap menyenangkan

Mobil jenis MPV, yang juga biasa disebut dengan nama minibus, ini memang layak jadi pilihan. Sebab, kapasitas di dalamnya memungkinkan untuk menampung sampai 8 orang sekaligus, termasuk pengemudi. Dan jika dipakai untuk berdua saja, artinya Anda bisa memanfaatkan ruang yang begitu lapang di dalamnya untuk mengangkut barang-barang penting selama berlibur, maupun oleh-oleh nantinya. Selain itu, Anda dan partner berlibur pun bisa bergantian istirahat di dalam mobil sambil meluruskan kaki agar tidak pegal selama perjalanan.

Dengan kapasitas mesin yang rata-rata di atas 1.500 cc, jenis mobil yang satu ini pun tak perlu lagi diragukan keandalannya. Dan karena desain struktur bodi mobil MPV pada umumnya, laju kendaraan pun stabil sehingga Anda dijamin tidak akan terganggu oleh guncangan sepanjang perjalanan nanti!

>>> Dapatkan review mobil terbaru di Mobilmo.com

2. Sport utility vehicle (SUV)

Foto SUV Toyota Fortuner 2011 tampak dari samping belakang

Mengendarai SUV Fortuner tahun 2011, kakek nenek Yana Kusryanti Wicaksono dan Teddy berkeliling negara Eropa selama 8 bulan, mulai Mei 2017

Selain MPV, ada juga SUV yang tak kalah ideal dan handal untuk dikendarai selama berlibur nantinya. Dibandingkan mobil bertipe MPV, mobil SUV punya ground clearance yang lebih tinggi, yaitu di atas 20 cm. Karena itulah mobil SUV sangat cocok dikendarai jika medan yang akan Anda tempuh nantinya termasuk medan off road, selama kondisinya masih terbilang normal.

Berbeda dengan MPV, daya tampung mobil SUV lebih sedikit. Meski demikian, mobil ini pun tak kalah cocok untuk digunakan pergi berlibur berdua, meskipun sekarang juga sudah banyak SUV yang diproduksi untuk mengangkut sampai 7 atau 8 penumpang, seperti Mazda CX-9 berikut:

Walaupun Anda hanya pergi berlibur berdua, mobil kecil sekelas hatchback atau city car tetap bukanlah pilihan yang ideal karena keduanya sebenarnya tidak didesain untuk menempuh perjalanan jauh. Apalagi karena rute yang dilalui pasti juga dipenuhi oleh berbagai kendaraan besar, seperti truk atau bus, dan kondisi jalan yang tidak mulus seperti di dalam kota.

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Mungkin anda ingin baca