Mobil Berpenggerak Roda Depan Boros Ban Depan? Ini Alasannya Teknisnya

30/06/2019 Arfian Alamsyah TOP mobil

Mengapa mobil dengan penggerak roda depan itu lebih cepat habis ban depannya dibandingkan dengan ban belakang, dan mobil berpenggerak roda belakang lebih awet usia pakai bannya, ternyata ini alasan teknisnya...

Ada salah satu pembaca setia website teknik mobil nomor satu di Indonesia, yakni Mobilmo.com bertanya kepada awak redaksi perihal mobil yang ia gunakan. Mengapa mobil LCGC yang ia gunakan ban depannya lebih cepat habis dibandingkan dengan ban belakang. Dan ternyata itu tidak hanya berlaku untuk mobilnya, mobil non LCGC pun yang pakai format FWD (Front Wheel Drive) juga demikian. Mengapa ini bisa terjadi?

>>> Ini alasan mengapa jika Anda berminat turun reli harus mulai dari mobil FWD

Ban dan pelek Honda Brio Amaze

Jangan heran bila mobil dengan penggerak roda depan lebih boros usia pakai ban depannya

Kejadian tersebut mencuatkan pertanyaan mengapa mobil berpenggerak roda depan boros ban depan? Ternyata itu ada alasan teknis nan logisnya. Hal tersebut dapat terjadi karena mobil dengan penggerak roda depan membebankan traksi ke ban depan lebih besar dibandingkan bagian belakang. Apalagi jika mobil bermuatan penuh, putaran roda depan yang tersalur langsung dari mesin membuat ban depan bekerja lebih keras.

>>> Inilah kelebihan dan kekurangan penggerak roda depan dan roda belakang

banyak Toyota Avanza E 2017 di jalan

Berbeda dengan mobil berpenggerak roda belakang yang lebih awet usia pakai ban depannya

Berbeda bila dibandingkan dengan mobil dengan penggerak roda belakang, mobil berpenggerak roda belakang yang tidak ikut memanggul beratnya bobot mesin di bagian depan serta tidak menjadi pengarah laju mobil. Otomatis usia pakai ban belakang dan juga depan pada mobil penggerak roda belakang umumnya lebih awet. Maka jangan heran jika ban depan mobil FWD lebih cepat habis daripada RWD (Rear Wheel Drive).

>>> Temukan tips dan trik serta pengetahuan teknik seputar mobil hanya di Mobilmo.com

Mungkin anda ingin baca

  • Mobil Mesin Turbo Jadi Tren Baru, Apa Istimewanya?
    TOP mobil Fatchur Sag

    Mobil Mesin Turbo Jadi Tren Baru, Apa Istimewanya?

    18/07/2019

    Dalam beberapa tahun belakangan istilah turbocharger atau mesin turbo makin sering terdengar di telinga seiring hadirnya berbagai mobil baru dengan mesin ini. Apa yang istimewa dari mobil mesin turbo sehingga para produsen seperti berlomba memilihnya?

  • Begini Cara Kerja Engine Control Pada Truk Volvo
    TOP mobil Arfian Alamsyah

    Begini Cara Kerja Engine Control Pada Truk Volvo

    27/06/2019

    Fitur engine control ini merupakan salah satu kemajuan teknis dibidang truk pengangkutan barang. Fitur engine control ini dapat meningkatkan keamanan sekaligus efisiensi bahan bakar. So, begini cara kerja engine control pada truk Volvo.

  • Ini Cara Kerja Power Steering Berteknologi Advanced Dari Volvo Trucks
    TOP mobil Arfian Alamsyah

    Ini Cara Kerja Power Steering Berteknologi Advanced Dari Volvo Trucks

    26/06/2019

    Beberapa hari lalu, di kawasan Sentul, Jawa Barat awak media termasuk Mobilmo.com diajak untuk merasakan teknologi power steering berteknologi advanced dari Volvo Trucks. Nama teknologinya adalah Volvo Dynamic Steering, dan inilah cara kerjanya