Mengapa Mobil Reli Masa Kini Bukan Berbasis Sedan? Ini Penjelasan Tekniknya

07/06/2019 Arfian Alamsyah TOP mobil

Mungkin Anda penggemar reli pernah bertanya-tanya, mengapa mobil reli masa kini bukan lagi menggunakan mobil dengan basis sedan? Apakah basis hatchback lebih menguntungkan secara teknis?

Balap mobil jenis reli adalah salah satu jenis perlombaan balap mobil yang paling punya historis panjang dan sudah banyak melahirkan juara-juara dunia serta mobil-mobil yang ikonik. Ambil contoh, dahulu kala saat reli kelas grup B berjaya, mobil reli berbasis sportcar macam Porsche 911, Lancia Stratos, Lancia 037 Rally meramaikan jagat balap garuk tanah ini. Beralih ke late '90an dimana mobil jenis sedan macam Mitsubishi Lancer Evolution, Subaru Impreza merajai ajang reli.

>>> Ini pendapat kami mengenai mobil yang paling digemari rally enthusiast kelas R5 di Eropa

Mobil Mitsubishi Lancer Evolution

Mobil reli jaman dulu umumnya memiliki 'buntut' karena basis yang digunakan adalah jenis mobil sedan

Pertanyaan pun muncul, mengapa mobil reli masa kini bentuknya sudah tidak ikonik seperti dahulu? Ternyata hal ini memiliki penjelasan yang runut, baik sisi marketing, hingga teknis. Pada intinya, motorsport jenis apapun termasuk reli dunia selalu mengikuti tren penjualan mobil di dunia. Dahulu saat tahun 1990-1999 pasar mobil sedan dengan mesin 2000 cc sedang menggeliat, makanya para pabrikan berlomba-lomba untuk menciptakan mobil reli dengan basis mobil sedan bermesin 2000 cc saat itu.

>>> Yuk kenalan dengan yang dinamakan sebagai dyno shockbreker

Tampak Sebastien Ogier dengan Citroen C3 WRC

Mobil reli kekinian, umumnya mengambil basis dari mobil kompak macam hatchback

Saat ini, kondisinya berbeda. Pasar mobil dunia menghendaki mobil yang kompak serta rendah emisi, dan terbukti mobil kompak macam hatchback adalah jenis yang paling diminati di muka bumi. Tak heran, mobil kompak semacam hatchback menjadi backbone jualan pabrikan dalam mendulang keuntungan. Apalagi teknologi powertrain sudah makin maju saat ini. Mesin mobil 1600 cc dilengkapi turbocharger dengan restriktor yang lebih kecil tenaganya bisa lebih besar dari mesin berkapasitas 2000 cc zaman dahulu.

>>> Anda ingin memulai reli? Mobil inilah yang sangat kami sarankan untuk memulai belajar reli

Tampak Mesin Skoda Fabia R5

Mesin mobil reli jaman sekarang memang kapasitas mesinnya lebih kecil 400 cc, namun tenaganya lebih unggul

Apalagi dari sisi handling, mobil jenis hatchback jelas jauh lebih unggul ketika berada di dalam trek reli. Seperti yang diketahui bersama, trek reli kan sempit dan berkarakter naik turun serta dikombinasikan dengan jumping. Mobil dengan jenis hot hatch ini ketika menikung dengan kecepatan tinggi hingga sideways lebih bisa terkontrol, karena tidak ada kelebihan bodi di sisi belakangnya. Otomatis, kini waktu tempuh mobil reli dengan basis hatchback dapat lebih cepat dari jenis sedan.

>>> Dapatkan pembahasan tips dan trik teknis seputar mobil hanya di Mobilmo.com

Mungkin anda ingin baca