Ketahui Lebih Dalam Karakter Mesin Overbore, Overstroke dan Square

06/12/2018 Arfian Alamsyah TOP mobil

Apa itu mesin overbore, overstroke dan square? Simak pemaparan Mobilmo.com sebagai situs teknik mobil terbaik ditanah air.

Mesin overstroke berarti panjang jarak stroke (langkah piston) itu lebih panjang dari bore (diameter piston). Keuntungannya mobil yang memiliki mesin berkarakter overstroke memiliki kelebihan tersendiri yaitu akselerasi awal yang cepat, torsi lebih besar, dan cenderung lebih kuat saat melewati jalan tanjakan. Namun kekurangannya adalah pada gigi puncaknya/top gear, performa kendaraan cenderung turun.

>>> Baca juga: Masih Ada Salah Paham, Ketahui Perbedaan 4WD Dengan AWD

Tampak ilustrasi mesin

Bore x Stroke pada kendaraan

Mengapa demikian? Ini dapat terjadi diakibatkan jarak stroke (langkah piston) yang panjang menjadi suatu hambatan tersendiri bagi mobil untuk meraih rpm tinggi, sehingga power yang keluar biasanya tidak sebesar mesin overbore. Karena karakter keunggulan torsi inilah, maka lebih banyak insinyur mesin mobil dari berbagai pabrikan didunia yang mengembangkan mesin dengan karakter overstroke dibandingkan overbore.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Mesin dengan karakter square Lancer Evo X Final Edition

Mesin square akan lebih linear tenaganya baik di putaran bawah maupun atas

Lalu apa itu overbore? Overbore adalah dimana panjang stroke lebih kecil dibanding dengan diameter piston. Mobil dengan karater mesin overbore ini ketika berada di gigi puncak, tenaga yang dikail mesin justru cenderung naik, hal ini disebabkan karena jarak naik-turun piston makin pendek yang artinya tenaga yang dihasilkan mesin besar pada kecepatan tinggi. Biasanya mesin overbore itu dikembangkan untuk mesin balap. Sedangka mesin square adalah mesin yang punya spesifikasi bore dan stroke sama atau dengan batas toleransi dibawah 0,5 mm. Keunggulannya adalah torsi berbanding tenaganya rata.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca