Masih Ada Salah Paham, Ketahui Perbedaan 4WD Dengan AWD

29/11/2018 Mahmudi Restyanto Pengemudian mobil

Sistem penggerak mobil beraneka ragam, mulai dari 2WD, 4WD dan juga AWD. Namun beberapa orang ada yang menganggap 4WD sama dengan AWD. Agar lebih jelas, simak perbedaan 4WD dengan AWD.

Sebuah mobil sejatinya dilengkapi sistem penggerak yang disesuaikan dengan kebutuhan awal diciptakannya mobil tersebut. Namun, masih saja ada pemahaman yang kurang tepat terlebih ketika masuk ke pembahasan soal penggerak 4WD (four-wheel drive) dan AWD (all-wheel drive). Lalu bagaimana penjelasan yang sebenarnya? Apa perbedaan antara keduanya?

>>> Baca juga: Kelebihan Serta Kekurangan Mobil Dengan Sistem Penggerak RWD dan FWD

Mari kita mulai dengan 4WD. Sistem ini bisa dikatakan menjadi yang paling jamak dan familiar di telinga orang awam. Normalnya diciptakan untuk mobil yang didesain khusus melibas jalan off-road. Beberapa contohnya seperti Jeep Wrangler, Toyota Land Cruiser, Land Rover Defender, hingga Mercedes-Benz G-Class.

4WD lebih aman digunakan untuk off-road

Sistem penggerak 4WD lebih aman dan cocok digunakan untuk mobil off-road

Sistem ini menterjemahkan tenaga dari mesin menuju transmisi kemudian membagi rata ke empat rodanya. Dalam bahsa yang sederhana, artinya keempat roda berputar secara bersamaan. 4WD sangat efektif untuk melibas dan bermanuver dalam kondisi jalan yang ekstrim atau saat ban kesulitan mendapat traksi. Agar dapat aktif, bisanya sistem ini dapat dipilih oleh pengemudi melalui transfer case secara manual.

>>> Klik disini untuk mengetahui informasi harga mobil lengkap dengan spesifikasinya!

Sayangnya Ia tidak bersahabat dalam hal penggunaan sehari-hari. Bahkan hal sepele seperti berputar arah saja akan sangat menyulitkan saat sistem ini aktif. Ban bagian dalam seharusnya akan berputar lebih lambat dari bagian luar agar mobil mudah bermanuver. Berbeda saat 4WD aktif yang membuat putaran ban bagian dalam dan luar selalu sama karena terkunci. Akibatnya Anda akan mendengar suara mendecit pada ban ketika hal ini terjadi.

Perbedaan ada pada penggeraknya

Motor penggerak pada sistem AWD yang membuat tenaga tersalurkan ke seluruh roda

AWD adalah sistem yang lebih modern dan sedikit lebih rumit. Sistem ini diciptakan untuk dapat menterjemahkan tenaga dari mesin ke empat roda dengan lebih pintar, baik melalui proses fisik dengan differential atau secara elektronis memanfaatkan sistem pengereman mobil demi mempertahankan traksi yang berbeda-beda di setiap roda. Perlu menjadi catatan bahwa mobil dengan sistem ini tidak perlu diaktifkan oleh pengemudi. Semua pengoperasiannya otomatis dan selalu aktif, diatur oleh ECU (Engine Control Unit) yang dapat memilah untuk memaksimalkan transfer tenaga ke bagian roda yang mendapat traksi saja.

AWD memang tidak sehebat 4WD dalam kemampuannya melibas kondisi off-roda ekstrim di kecepatan rendah. Sebut saja seperti kegiatan rock crawling. Namun, justru sistem ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan pengendalian mobil dan efeknya memberikan rasa aman di segala cuaca dengan stabilitas mobil yang lebih baik.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca

  • Betapa Bahaya Menahan Kencing Saat Mengemudi, Dari Batu Ginjal Hingga Disfungsi Kelamin
    Pengemudian mobil Fatchur Sag

    Betapa Bahaya Menahan Kencing Saat Mengemudi, Dari Batu Ginjal Hingga Disfungsi Kelamin

    20/03/2019

    Segelintir pengguna kendaraan menahan keinginan untuk buang air kecil karena berbagai alasan. Tahukah Anda bahwa menahan kencing saat mengemudi memiliki dampak sangat berbahaya, mulai terkena batu ginjal hingga kehilangan fungsi alat kelamin.

  • Mobil Dimodifikasi Jadi odong–odong, Bolehkah?
    Pengemudian mobil Fatchur Sag

    Mobil Dimodifikasi Jadi odong–odong, Bolehkah?

    19/03/2019

    Kendaraan atau wahana odong–odong menjadi salah satu wahana favorit anak – anak. Belum lagi, harganya yang murah. Perkembangan odong–odong juga mengalami kemajuan. Jika dulu odong–odong hanya dikayuh dengan berkeliling, sekarang odong–odong juga mengalami modifikasi. Salah satunya adalah mengubah mobil sebagai odong–odong. Lantas bolehkah mobil dimodifikasi jadi odong–odong?

  • Hai Moms, Ingat-Ingat Ini Agar Selalu Aman Saat Mengemudi
    Pengemudian mobil Fatchur Sag

    Hai Moms, Ingat-Ingat Ini Agar Selalu Aman Saat Mengemudi

    18/03/2019

    Meski punya skill mengemudi yang mumpuni, sebaiknya keamanan selalu diprioritaskan. Terlebih bila Anda seorang perempuan berparas cantik, selain selalu waspada dengan keadaan sekitar, Anda benar-benar mempersiapkan diri agar selalu aman saat mengemudi. Bila perlu siapkan juga alat-alat yang bisa melindungi dari tindakan 'buruk' orang lain.