Connecting Rod Bermasalah, Puluhan Ribu Unit Daihatsu Gran Max dan Luxio Direcall

02/11/2019 | Fatchur Sag

PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Agen Pemegang Merek (APM) sekaligus distributor merek Daihatsu di Indonesia mengeluarkan pengumuman recall terhadap model Gran Max dan Luxio. Dua model boxy andalannya tersebut terdeteksi bermasalah pada Connecting Rod atau setang seher (piston). Sebanyak 36.915 unit mobil dengan tahun produksi Maret 2018 sampai April 2019 terdampak masalah ini dan harus ditarik untuk dilakukan perbaikan.

Foto Daihatsu Gran Max tampak dari samping depan

Daihatsu Gran Max masih eksis dan digemari masyarakat

Menurut Service Part Division Head PT Astra Daihatsu Motor, Anjar Rosjadi, Connecting Rod pada puluhan ribu unit mobil tersebut berpotensi retak dan bisa patah bila dibiarkan berlarut-larut tanpa penanganan.

"Kami telah melakukan investigasi pada komponen tersebut (setang seher) di kedua model tersebut. Jadi setang seher yang menghubungkan ke crankshaft ini berpotensi retak dan bila dibiarkan bisa patah. Efeknya mesin mati karena piston tidak bergerak," tutur Anjar dalam keterangan resminya, Jumat (1/11/2019).

Demi kelancaran proses perbaikan, para pemilik Gran Max dan Luxio tahun produksi tersebut di atas akan diberitahu melalui surat, SMS, telepon, surat elektronik hingga pengumuman di bengkel-bengkel resmi dan via web untuk segera membawa mobilnya ke bengkel resmi. Pemilik juga bisa melakukan pengecekan sendiri melalui Hotline di 1-500-898 kapan pun selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu untuk mengetahui apakah mobilnya masuk dalam daftar recall.

>>> Fokus Mengurus Model Yang Laku, ADM Resmi Hentikan Penjualan Copen di Indonesia

Foto Connecting Rod atau Setang Piston pada Daihatsu Gran Max dan Luxio

Terdeteksi bermasalah, komponen Connecting Rod Daihatsu Gran Max dan Luxio harus diganti

Terkait dengan perbaikan pemilik tak perlu khawatir sebab tidak dikenakan biaya sepersen pun. Namun diharapkan pemilik lebih dulu menghubungi bengkel untuk melakukan booking servis agar tidak mengantre terlalu lama mengingat perbaikan membutuhkan waktu paling tidak 14 jam.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pelanggan terhadap Daihatsu, khususnya pengguna Gran Max dan Luxio. Program ini merupakan salah satu bentuk perhatian dan tanggung jawab kami. Bagi pelanggan yang mobilnya termasuk dalam daftar program recall, silahkan bawa ke bengkel resmi Daihatsu terdekat, kami siap menyambut kedatangan pelanggan,” kata Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Untuk diketahui, Daihatsu Gran Max dan Luxio merupakan model boxy yang hingga kini masih eksis. Sejak diluncurkan tahun 2008 dan 2009 keduanya sudah terjual lebih dari 300.000 unit. Angka ini memang tidak sebesar Daihatsu Xenia atau Daihatsu Terios, namun kontribusinya tetap diperhitungkan. Tahun 2019 ini menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) dari Januari hingga September penjualan Daihatsu Gran Max (pick up dan minibus) sudah mencapai 38.227 unit, sedangkan Luxio sudah terjual sebanyak 3075 unit.

>>> 10 Tahun Berturut-turut Daihatsu Jadi Runner Up Mobil Terlaris di Indonesia

Foto Daihatsu Luxio tampak dari samping depan

Model boxy, penjualan Daihatsu tidak terlalu buruk

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

  • 18/11/2019 | Fatchur Sag

    GAIKINDO: Meski Ada Yang Keluar, Pasar Otomotif Indonesia Masih Potensial

    Chevrolet memilih menyerah dan keluar dari persaingan di pasar otomotif Indonesia, menyusul Ford yang telah pergi lebih dulu. Menurut GAIKINDO, kepergian keduanya tidak akan banyak berpengaruh pada penjualan nasional, pasar Indonesia tetap lah potensial.

  • 18/11/2019 | Fatchur Sag

    ProPILOT 2.0 Nissan Skyline Raih Penghargaan Teknologi Terbaik Tahun Ini

    Sistem bantu pengemudi, ProPILOT 2.0 buatan Nissan meraih penghargaan tertinggi dari peneliti dan wartawan otomotif di Jepang, Automotive Researchers' and Journalists' Conference (RJC) sebagai teknologi otomotif terbaik tahun ini.

  • 13/11/2019 | Abdul

    Teknologi Hyundai Terbaru Sedang Dikembangkan, Mobil Akan Lebih Senyap

    Baru lagi, salah satu pabrikan mobil yaitu Hyundai Group melakukan pengembangan teknologi terbaru yang tentunya dapat meningkatkan kenyamanan berkendara. Adapun pengembangannya adalah sistem Road Noise Control (RANC) pertama di dunia. Pembangunannya di atas teknologi Active Noise Control (ANC). Jadi dengan teknologi Hyundai terbaru tersebut maka kebisingan dapat dikurangi mulai dari suara mesin, roda, jalanan dan juga angin.