Ini Dia Keunggulan Teknologi Jadul OHV Di Mesin K Series Toyota Kijang

03/10/2019| Arfian Alamsyah

Gambar menunjukkan Mesin Toyota Kijang 5K

Mesin Toyota Kijang K Series merupakan salah satu mesin dengan durabilitas tinggi

Tak bisa dipungkiri, salah satu mesin yang paling durabel di muka bumi adalah mesin-mesin keluaran Toyota. Dan mesin K series Toyota Kijang bukanlah suatu pengecualian. Mesin Toyota Kijang K series yang beredar di pasar Indonesia cukup banyak. Mulai dari 3K, 5K, hingga 7K. Mesin ini memiliki teknologi jadul OHV alias overhead valve yang membuat mesin ini begitu durabel dari masa ke masa. Berikut pembahasannya.

>>> Ini pendapat kami mengenai Toyota Kijang termewah di Indonesia

Gambar menunjukkan Teknologi OHV di mesin Toyota Kijang K-Series

Teknologi jadul OHV membuat mesin Toyota Kijang bermesin K series begitu tahan banting

Teknologi jadul nan sederhana OHV alias overhead valve ini memanfaatkan batang penonjok katup yang berfungsi untuk menghubungkan antara noken as (camshaft) dengan pelatuk klep (katup). Meskipun teknologi ini punya kerugian gesek mekanis yang tinggi, namun ternyata sistem yang digunakan Toyota ini mampu membuat mesin lebih tahan lama. Lantara noken as lebih awet karena tak langsung bersentuhan dengan pantat klep.

>>> Yuk pelajari karakter bawaan mesin berdasarkan diameter silinder berbanding langkah piston

Gambar menunjukkan Bagian internal mesin Toyota Kijang K Series

Inilah bagian dalam mesin Toyota Kijang K series

Tapi akibat kerugian mekanis yang tinggi, mesin ini menjadi lebih sulit untuk 'teriak' di putaran tinggi. Maka tak heran, rata-rata mesin K series didesain dengan langkah piston yang lebih panjang bila dibandingkan diameter penampang piston (bore) alias overstroke. Dengan karakter mesin overstroke ini, torsi lebih mudah didapat pada putaran yang lebih rendah, sehingga cukup membantu melajukan mobil Toyota Kijang ini dengan mudah.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

International