Ini Cara Mengetahui Oli Mobil Cocok Atau Tidak Di Mesin Mobil Balap

22/02/2019 Arfian Alamsyah TOP mobil

Dalam event balap, mesin bekerja dengan suhu sangat tinggi, lalu bagaimana cara mekanik mengetahui oli cocok atau tidak di mobil balap racikan mereka? Ini dia triknya.

Tampak Honda Brio Speed Challange 2014

Saat balap, mesin mobil bekerja diputaran tinggi, dan belum tentu semua oli cocok dengan setup mekanik

Dalam sebuah kompetisi balap mobil, racikan mesin yang mumpuni harus didukung dengan oli yang pas. Karena, mesin mobil balap berputar dengan kecepatan yang tinggi, otomatis oli mesin harus sesuai. Namun, bukan suatu perkara yang mudah untuk menentukan oli mesin balap yang akan dipakai di kejuaraan balap mobil. Karena, masing-masing oli memiliki suhu kerja yang berbeda serta karakter yang beda pula. Lalu bagaimana cara mekanik mengetahui oli tersebut cocok untuk mesin balap racikan mereka?

>>> Oli mesin ganti setiap 10 ribu kilometer? Ini alasan ilmiah Anda harus mempercepat intervalnya

Data Logger Mobil Balap

Data logger atau multifunction display log akan membantu memantau suhu mesin dan info penting lainnya

"Memang harus trial and error, namun paling mudah adalah melihat suhu mesin setelah menggunakan oli yang sesuai dengan racikan kita, apakah oli mesin balap stabil atau tidak dipantau dari data logger," papar Kenny Suryadi, salah satu mekanik senior yang biasa menangani mesin mobil balap. Hal ini juga diamini oleh Yongki Prioutomo alias Om Turbo, di salah satu serial VLOG Bengkel Motomobi, "paling mudah adalah pantau oil pressure, cari yang paling stabil, dan yang paling stabil suhunya itu yang dipilih," papar pria berkacamata ini.

>>> Ini alasan mengapa mesin modern dilarang menggunakan oli dengan peruntukan mesin lawan

Tampak Oil Temp Sensor

Jika data logger mahal, dapat diakali dengan memasang oil temp gauge

Suhu oli yang cenderung stabil ketika digunakan pada mesin korekan yang terus menerus berputar dengan rpm relatif tinggi secara tidak langsung menandakan oli tersebut cocok untuk digunakan pada mesin balap. Jadi, bukan hanya faktor mereknya, dalam event balap data logger sangat dibutuhkan oleh mekanik dalam menyesuaikan setup mobil balap dilapangan. Jadi, cara paling mudah untuk menentukan oli mesin cocok atau tidak digunakan di mesin mobil balap adalah dengan cara memantau suhu kinerja oli.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca