Ini Bagian Yang Harus Di Blueprint Agar Tenaga Mesin Naik Tanpa Ganti Part

28/01/2019 Arfian Alamsyah TOP mobil

Setelah mengetahui apa itu blueprint engine, kini saatnya Anda mengetahui bagian apa saja yang harus di blueprint ulang agar tenaga mesin dapat naik tanpa ganti part.

Artikel mengenai apa itu blueprint engine sudah kami bahas pada tulisan sebelumnya, kini saatnya Mobilmo.com menjelaskan secara lebih terperinci bagian apa saja yang harus dilakukan blueprint ulang, agar tenaga mesin dapat terkerek naik tanpa melakukan penggantian spare part racing.

>>> Kenapa mesin modern tidak boleh menggunakan oli mesin mobil baru

Tampak sebuah Mesin L15A Honda Jazz

Mesin bawaan pabrik memiliki toleransi gap yang besar

Dalam melakukan blueprint engine, biasanya bagian yang pertama kali disentuh adalah piston. Piston di blueprinting ulang, dengan memastikan jarak kerenggangan piston dengan dinding silinder (piston to wall clearance) sudah benar. Ambil contoh mesin Honda Jazz dengan kode L15. Terdapat ketentuan piston to wall clearance yang diizinkan adalah berkisar 0.010-0.040 mm. Nah, jika mesin di blueprinting maka gap piston dengan dinding silinder harus sama misalnya jadi 0.010 mm, ya keempat piston semuanya harus 0.010 mm.

>>> Apa yang dimaksud dengan blow by gas?

Tampak jarak antara bibir piston dengan blok silinder

Salah satu yang diukur secara presisi adalah celah antara bibir blok dengan piston

Hal ini dilakukan ‘zero tolerance’ untuk piston nomor 1 sampai 4. Keempat piston tidak boleh ada toleransi perbedaan gap satu dengan lainnya. Selain piston, juga dilakukan pengukuran ulang antara jarak kerenggangan bagian bergerak lainnya dimesin seperti: piston skirt dengan crankshaft, pin bore, piston dengan cylinder head, piston dengan klep, dan juga connecting rod. Mengapa connecting rod penting? Karena komponen ini merupakan komponen yang paling stress terkena beban atau tekanan dibandingkan komponen lainnya. 

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca

  • Mengapa BMW 323i M/T E36 Sangat Cocok Untuk Mobil Drifting?
    TOP mobil Arfian Alamsyah

    Mengapa BMW 323i M/T E36 Sangat Cocok Untuk Mobil Drifting?

    30/01/2019

    Ini alasan mengapa BMW 323i M/T E36 adalah mobil yang harus Anda pilih pertama kali untuk latihan Drifting, Lalu mengapa BMW 323i M/T E36 sangat cocok untuk dijadikan mobil drifting?

  • Piggyback vs ECU Stand Alone, Mending Mana?
    TOP mobil Arfian Alamsyah

    Piggyback vs ECU Stand Alone, Mending Mana?

    25/01/2019

    Salah satu pembaca rubrik tips dan trik teknis di Mobilmo.com sempat bertanya ke redaksi, lebih baik pasang piggyback atau pasang ECU Stand Alone guna meng-upgrade performa mobilnya. Nah, mending mana ya? Piggyback atau ECU Stand Alone.

  • Pergi Berlibur Berdua, Ini Mobil Paling Cocok dan Layak Dipilih
    TOP mobil Fatchur Sag

    Pergi Berlibur Berdua, Ini Mobil Paling Cocok dan Layak Dipilih

    31/12/2018

    Ketika Anda merencanakan liburan, tentunya ada berbagai hal yang wajib dipertimbangkan masak-masak, termasuk pilihan moda transportasinya. Anda bisa pilih gunakan sarana transportasi umum seperti pesawat, kereta api, maupun bus, atau pilih naik kendaraan pribadi. Tapi jika hanya pergi berlibur berdua, apa kira-kira mobil paling cocok dan layak dipilih?