Ini Alasan Mengapa Dry Sump Oil Pump Penting Di Mobil Balap

20/01/2019 Arfian Alamsyah TOP mobil

Mengapa mobil balap yang sudah masuk level profesional banyak yang pakai teknologi dry sump oil pump itu? Ternyata ini alasan mengapa dry sump oil pump penting di mobil balap.

Untuk mengetahuinya, Anda harus tahu dulu apa yang dimaksud dengan dry sump oil pump. Sesuai dengan namanya, sump artinya adalah bak oli, dry artinya kering. Berarti dry sump adalah bak penampungan olinya kering atau tidak menjadi satu pada mesin, alias mesin mobil yang menganut dry sump oil pump adalah penampungan atau tangki olinya tidak lagi berada dibawah karter mesin alias terpisah dengan mesinnya itu sendiri.

>>> Mengapa oli mobil LCGC mahal dan spesifikasinya setara supercar

Tampak Ilustrasi dry sump oil pump

Dry sump oil pump system memungkinkan bak penampungan oli terpisah dari mesin

Lalu mengapa dry sump oil pump itu penting di mobil balap? Hal ini disebabkan peruntukan mobil balapnya itu sendiri. Pada tikungan tertentu, dengan gaya G (grafitasi) tinggi, maka oli akan berpindah dari sisi mesin kanan ke kiri begitu juga sebaliknya dengan sangat cepat. Hal ini menyebabkan salah satu sisi bagian mesin tidak terendam oli sehingga menimbulkan kerusakan hingga kegagalan bekerja secara mekanis (jebol, red) atau lebih akrab disebut dengan engine failure.

>>> Dapatkan review mobil terbaru hanya ada di Mobilmo

Tampak Ford Fiesta WRC 2018

Mobil balap profesional seperti reli dengan gaya menikung cepat dan G tinggi baiknya menggunakan sistem ini

Dengan menggunakan dry sump oil pump maka sistem pelumasan akan konsisten dalam melumasi bagian dalam mesin sehingga suhu menjadi lebih terjaga. Namun sayangnya, sistem ini sangatlah mahal. Tidak semua tim balap maupun pembalapnya sendiri mampu membeli dan menggunakan sistem ini. Dry sump oil pump system sendiri harganya bisa ribuan dollar, makanya enggak semua pembalap dan juga tim mau serta mampu membeli. Namun penggunaan dry sump oil pump system ini tetaplah penting dalam mobil balap profesional seperti reli.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca