Ini Alasan Mengapa Ban Di Siang Hari Cepat Nge-Grip Dibanding Malam Hari

30/06/2019 | Arfian Alamsyah

Sama seperti mesin mobil, ban juga punya suhu tertentu untuk dapat bekerja secara optimal dalam mencengkram permukaan jalan dengan baik. Oleh sebab itu, saat siang hari suhu ban lebih cepat naik dan untuk mencapai suhu optimal kerja ban, menjadi lebih mudah bila dibandingkan dengan kondisi dingin atau malam hari.

>>> Anda berminat turun reli pertama kali, coba dari mobil penggerak roda depan, ini alasannya

Ban Bridgestone Potenza Di All New Honda Brio RS

Sama seperti mesin, ban juga memiliki suhu kerja optimum untuk mencengkram jalan dengan baik

Kami dari Mobilmo.com juga sudah mengamati dan mencoba sendiri. Pembalap seeded kelas kejurnas U23 atau unggulan, menggunakan All New Honda Brio saat latihan bebas siang menuju sore hari. Waktu terbaik yang dihasilkan adalah 18 detik sekian, sementara saat di malam hari waktu terbaiknya turun sekitar 1 sampai 1,5 detik.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Honda Brio slalom siang hari

Saat melakukan slalom di siang hari, waktu dapat dipertajam hingga 1 detik lebih cepat

Hal ini dapat terjadi karena suhu ban pada saat latihan bebas pada siang menuju sore hari lebih optimal dari malam hari. Oleh sebab itu, saat start tidak terjadi spin berlebihan, dan ketika menikung ban lebih mencengkram sehingga tidak terjadi understeer berlebihan. Otomatis, waktu yang diperoleh jadi lebih cepat.

>>> Apakah bisa mobil tanpa LSD dipasang LSD agar mampu drifting? Ini jawabannya

Melakukan slalom malam hari

Selain visibilitas, suhu ban juga menjadi hal concern yang diperhatikan pesalom

Untuk itu, ketika Anda hendak melakukan perjalanan dimalam hari dan akan melewati rute pegunungan yang berkelok, usahakan jangan langsung bermanuver ekstrim. Sebab, bisa jadi ban mobil yang Anda gunakan belum mencapai suhu kinerja optimumnya, sehingga grip yang dipunyai kurang begitu kuat.

>>>  Terus ikuti tips & trik seputar otomotif di Mobilmo.com

Berita sama topik