Begini Cara Kerja Engine Control Pada Truk Volvo

27/06/2019| Arfian Alamsyah

Teknologi saat ini bukan hanya dimonopoli oleh mobil penumpang saja, namun mobil pekerja berat semacam truk juga mendapat teknologi serupa. Salah satu teknologi yang sangat diandalkan oleh produk-produk Volvo Trucks adalah fitur Engine Control. Fitur ini dapat membantu kehematan konsumsi bahan bakar dan juga meningkatkan keamanan. Lantas, bagaimana cara kerja engine control pada truk Volvo?

>>> Begini cara kerja transmisi i-Shift pada truk Volvo modern

Tampak logo truk Volvo FMX

Volvo Trucks varian FMX ini sudah dilengkapi dengan fitur engine control yang bekerja optimal membantu driver

Saat acara test drive truk Volvo yang berlangsung di Sentul, Jawa Barat minggu lalu (20/6) kami sempat merasakan fitur engine control pada truk Volvo FMX. Fitur ini ketika diatur untuk diaktifkan akan serta merta menahan putaran mesin dan melakukan intervensi pada sistem rem guna menahan laju truk agar berjalan dalam batas aman. Cara kerja sistem ini adalah dengan kerjasama antara ECM atau Engine Control Module dengan servo rem dan TPS.

>>> Ini cara Volvo untuk meningkatkan keamanan pengemudi

Tombol pengatur engine control di setir Truk Volvo

Dengan menekan tombol CC pada setir ini, maka fitur engine control akan aktif secara otomatis

Jadi, TPS atau Throttle Position Sensor ditahan pada bukaan tertentu saat fitur engine control ini diaktifkan melalui sebuah tombol pada setir. Lantas, gyro sensor pada truk akan bekerjasama dengan transmisi untuk mendeteksi sudut elevasi jalan. Jika jalanan menurun ekstrim laju truk akan ditahan oleh rem dan engine brake. Sebaliknya, jika jalan menanjak, TPS akan membuka lebih lebar, sehingga injektor menyemprot BBM lebih banyak ke ruang bakar. Hasilnya putaran mesin naik, transmisi AMT juga akan merespon dan truk akan menanjak lebih mudah.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Laju Truk Volvo FMX

Fitur engine control ini akan membantu pengemudi untuk lebih mudah dalam mengendalikan truknya

Pada truk Volvo FMX 400 6x4R 2019 yang kami kendarai, fitur engine control ini bekerja dengan sempurna untuk menahan laju truk dengan aman. Alhasil, kami hanya perlu berkonsentrasi mengendalikan setir saja, tak peduli jalan serusak apapun, truk dapat melaju dengan kecepatan aman. Jadi, begitulah cara kerja engine control pada truk Volvo kekinian.

>>>  Terus ikuti tips & trik seputar otomotif di Mobilmo.com

Berita sama topik

International