Apa Tujuan Utama Mesin Mobil Naik Dyno? Ini Dia Tujuannya...

17/03/2019| Arfian Alamsyah

Anda mungkin pernah mendengar istilah mengenai mesin dyno, atau mesin mobil di dyno. Dynometer adalah sejatinya sebuah alat yang dibuat khusus untuk mengetest kemampuan kendaraan dalam hal ini adalah mesin mobil. Jenis-jenis mesin dyno juga banyak merek dan jenisnya. Namun, umumnya yang sering digunakan adalah alat dyno mesin untuk mengukur tenaga mesin on wheel.

>>> Gimana cara tahu oli mesin itu cocok atau tidak dipakai balap? Temukan jawaban dari ahlinya disini

Tampak Mesin Toyota Avanza Veloz 1.5

Tenaga mesin on crank dengan on wheels itu berbeda outputnya. Pasti lebih besar on crank

As info, tenaga mesin yang dihasilkan itu ada dua macam. Yakni power on wheels dan power on crank. Bedanya power on wheel itu adalah tenaga yang tercatat di roda, sedangkan power on crank adalah tenaga yang keluar dari mesin namun belum dikurangi loses power ke roda. Seperti ke transmisi, kopel, diffrensial dan sebagainya. Oke, set back, lalu sebenarnya apa tujuan utama mesin mobil naik dyno?

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftar terlengkap hanya di sini

tampak Honda Jazz GD naik mesin dyno

Honda Jazz GD di dynotest untuk tahu tenaga mesinnya

"Tujuan utama dari mesin mobil di dyno adalah untuk nge-tune (menseting) mesinnya hingga ke titik yang optimal. Dalam artian baik target HP (Horse Power) dan NM (Newtown Meter)-nya itu sebagai bonus saja, yang penting setup benar. Dengan nge-tune mesin secara optimum, akan dapat menjadi parameter untuk membuat mesin berikutnya dengan baik dan benar," papar Yongki Prioutomo seorang mekanik yang akrab juga dengan sapaan Om Turbo ini.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Grafik dynotest mesin

Dynotest harus tetap memperhatikan parameter pengukuran batas aman mesin berputar, agar tidak jebol

Pria berkacamata ini juga mengatakan, umumnya dyno itu dilakukan running mesin berkali-kali diatas mesin dyno hingga settingan yang diinginkan didiapat. "Dalam melakukan running mesin diatas mesin dynometer, itu harus dipantau secara benar AFR-nya, temperatur mesin dan sebagainya agar tetap aman dan mesin tidak jebol," tutup Yongki sapaan akrab Yongki Prioutomo.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

International