Andal Di Medan Off-Road, Ternyata Ini Kelemahan Gardan Portal

02/09/2019| Arfian Alamsyah

Kehandalan dari gardan portal  akan durabilitasnya dan menambah kemampuan jelajah mobil seakan sudah tidak perlu diragukan lagi. Maka tak heran banyak off-roader berusaha memodifikasi tunggangannya dengan mengganti gardan bawaan standar dengan model portal seperti milik lansiran Volvo C303 ini. Namun, ternyata gardan model portal ini juga memiliki kelemahan, apa itu?

>>> Andal di medan off-road inilah kelebihan utama dari gardan solid axle

Gambar menunjukkan gardan Portal Volvo C303

Gardan model portal memang tangguh dan solid, sayangnya ia tetap punya kelemahan

Gardan portal lansiran Volvo C303 banyak dicari karena kuat dan lebar, namun gardan portal ini juga punua kelemahan yakni membuat jarak track antar roda menjadi semakin lebar. Ini akan sedikit mempersulit off-roader ketika hendak melewati handicap di antara pohon atau jembatan sempit. Masing-masing roda akan bertambah lebar track-nya hingga 10-15 cm, hal ini akan menyulitkan untuk bermanuver di celah sempit.

>>> Gardan mobil Anda mendengung? Mungkin ini yang menjadi penyebabnya

Gambar menunjukkan Off-Road Expedition Meratus

Gardan Toyota Land Cruiser VX series banyak digunakan gardannya sebab kuat dan tidak terlalu lebar

Beberapa tahun lalu, memang gardan portal ini menjadi favorit, namun kini keberadaan gardan portal banyak tergantikan dengan gardan Toyota Land Cruiser VX baik itu seri 70, 80 hingga 100 karena kekuatannya tak jauh beda dengan milik Volvo C303 namun tracknya tidak terlalu lebar. Sehingga akan memudahkan untuk melewati handicap sempir seperti di trek off road esktrim. Jadi itulah kelemahan gardan portal.

>>> Dapatkan tips expert lainnya seputar mobil hanya di Mobilmo.com

Berita sama topik

International