Spesifikasi Daihatsu Ceria 2003 : Mobil Mungil Seharga Sepeda Motor Baru

16/10/2020| Abdul

1. PENGANTAR DAIHATSU CERIA 2003

Mobil ini dihadirkan di Indonesia pada tahun 2.000 an. Yang mana mobil tersebut adalah versi dari Rebadged Perodua Kancil. Jadi dari pihak PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) sepertinya ingin mengikuti jejak dari Kancil di Malaysia. Di Malaysia namanya bukanlah Ceria namun Perodua Kancil dengan penjualan disana terbilang laris manis.

Pada Ceria keluaran awal memang mirip dengan versi Jepangnya, namun untuk keluaran tahun 2003 yang merupakan versi facelift sudah terdapat perbedaan. Lantas apa perbedaannya?

2. EKSTERIOR DAIHATSU CERIA 2003

Spesifikasi Daihatsu Ceria 2003 : Sisi Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Daihatsu Ceria 2003

Grille depan mirip desain milik BMW yakni Kidney grille

Ketika membahas bagian depan tentu tertuju pada bagian wajahnya. Setiap orang yang melihat mobil tentu akan melihat sisi depannya terlebih dahulu. Barulah ke bagian lainnya, seperti samping dan belakang. Pada bagian ini terkesan unik dengan ukuran yang minimalis, alhasil banyak orang yang dapat bernostalgia. Untuk grille mengandalkan desain Mesh yang mempunyai 2 formasi. Apabila dilihat sekilas maka akan tampak seperti desain Kidney Grille milik BMW.

Kehadiran versi facelift ini seakan menunjukkan tampilan yang lebih retro. Hal tersebut ditunjukkan di bagian headlamp dan lampu sein yang menggunakan tampilan bundar. Dengan desain yang digunakan membuat tampilannya jadi lebih stylish.

Spesifikasi Daihatsu Ceria 2003 : Sisi Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping Daihatsu Ceria 2003 warna biru

Desainnya cenderung mengkotak

Ketika pandangan mata ditujukan ke arah samping maka akan didapati bodi yang didesain cenderung mengkotak. Sudut yang dimiliki juga banyak yang tajam, sehingga banyak anggapan hal inilah yang membuatnya kurang begitu diminati. Meskipun begitu, karena dimensinya yang terbilang mungil membuatnya mudah untuk parkir dan dibuat beraktivitas di jalanan perkotaan.

Spesifikasi Daihatsu Ceria 2003 : Sisi Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil Daihatsu Ceria 2003

Belakangnya mirip Honda Brio

Setelah membahas sisi depan dan samping tentunya bagian belakang perlu diperhatikan juga. Di bagian buritan juga tak luput dari perubahan, seperti pada bagian plat nomor yang posisinya di tengah. Memang tampak mirip milik Honda Brio saat dilihat sekilas, sehingga tampilannya jadi lebih menarik apalagi lampu belakangnya didesain modern.

>>> Baca Juga :

Review Daihatsu Terios TS Extra MT 2008: Mobil SUV Tangguh Harga Terjangkau

Review Daihatsu Sirion 2020: Tampilan Lebih Modis Dengan Fitur Lengkap

Review Daihatsu Espass 2005: Mobil Minibus Interior Lega Harga Terjangkau

3. INTERIOR DAIHATSU CERIA 2003

Spesifikasi Daihatsu Ceria 2003 : Bagian Dashboard Dan Kemudi Mobil

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil Daihatsu Ceria 2003

Dashboard dan kemudi tampak biasa saja

Jika membahas bagian ini, menurut kami untuk sisi kabin kurang begitu berkualitas. Dari segi warnanya saja tampak monoton sehingga saat berada di dalamnya selama perjalanan akan sedikit terasa bosan. Namun pada tipe KX telah diberikan fitur yang mumpuni seperti diberikannya Power Window, radio tape, Central Lock dan AC yang dapat mendukung kenyamanan selama di dalam mobil.

Kemudian pada bagian kemudi tampil sederhana dan terlihat unik. Namun perlu diketahui, bahwa kemudinya belum dibekali dengan Power Steering. Meskipun begitu, yang menarik adalah walaupun tanpa dibekali Power Steering tapi saat diputar terasa enteng. Adapun hal tersebut karena ban yang digunakan berukuran 12 inci sehingga lebih responsif.

Spesifikasi Daihatsu Ceria : Jok Mobil

Gambar ini menunjukkan jok mobil dan pintu terbuka

Kapasitas penumpang hanya 5 orang saja

Bahan material jok adalah kain biasa dan siap digunakan untuk perjalanan jarak dekat, bila untuk jarak jauh menurut kami sedikit kurang nyaman. Untuk kapasitas joknya hanya 5 orang saja, dengan bodi yang mungil suspensi yang dimiliki terbilang mumpuni sehingga siap mendukung perjalanan Sobat untuk jalanan perkotaan.

>>> Baca Juga :

4. FITUR DAIHATSU CERIA 2003

Ketika pembahasan eksterior dan interior selesai, dilanjutkan menuju fitur yang dimiliki. Pada bagian keselamatan mempunyai suspensi bagian belakang berupa Semi Trailing Independent Coil Spring dan suspensi depan mengandalkan MacPherson Strut Independent Coil yang dipadukan dengan Stabilizer. Kemudian untuk mendukung kesenangan berkendara pihak Daihatsu memberikan AC dan radio tape pada varian selain KL.

>>> Baca Juga, Review Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018: Mobil SUV Populer Tampilan Sporty

5. OPERASI DAIHATSU CERIA 2003

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Daihatsu Ceria 2003

Mesin kecil karena di bawah 1.000 cc tapi siap untuk menemani perjalanan di jalanan perkotaan

Di bagian mesin pihak Daihatsu menggunakan kapasitas 850 cc berkode ED-10 dengan 3 silinder segaris SOHC 6 katup. Tenaga maksimal yang dapat dihasilkan dengan mengandalkan mesin tersebut adalah 36 Hp dan torsi puncaknya adalah 63 Nm. Selain itu, bobot kendaraan yang dimiliki adalah 1.040 kg dan terbilang ringan. Hal menarik lain pada mobil Daihatsu Ceria 2003 adalah ketika digunakan melaju dalam kecepatan 135 Km/jam tidak terdapat indikasi melayang.

>>> Simaklah review mobil Daihatsu lainnya dengan klik sini

6. SPESIFIKASI DAIHATSU CERIA 2003

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi Daihatsu Ceria 2003:

DIMENSI

Panjang

3.365 mm

Lebar

1.405 mm

Tinggi

1.415 mm

MESIN

Tipe Mesin

ED-10 3 Silinder Segaris 6 Katup SOHC

Daya Maksimum

36 HP / 5.500 Rpm

Torsi Maksimum

63 Nm / 3.200 Rpm

Sistem Tansmisi

5 Percepatan Manual

Kapasitas Silinder

850 cc

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Sistem Bahan Bakar

Karburator

HANDLING

Rem Depan

Disc

Rem Belakang

Drum

Suspensi Depan

MacPherson Strut Independent

Suspensi Belakang

Semi-Trailing Independent

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN DAIHATSU CERIA 2003

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan mobil Daihatsu Ceria 2003 :

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Memiliki harga yang sangat terjangkau dengan seharga sepeda motor baru

Berhubungan dengan fitur keselamatan yang diberikan terbilang minim

Mempunyai dimensi yang ringkas sehingga mudah dalam parkir mobil dan bisa digunakan di daerah perkotaan dengan mudah

Kalau ingin mengganti sparepart sulit untuk dicari, bahkan perlu dilakukan indent

Bahan bakar yang terbilang hemat sehingga tidak terlalu menguras kantong

Interior menggunakan bahan yang biasa saja terkesan standar dan kualitasnya terbilang kurang

8. DAFTAR HARGA DAIHATSU CERIA 2003

Seseorang membeli mobil bekas tentu ada alasannya sendiri-sendiri, begitupun soal budgetnya disesuaikan dengan kemampuan. Bagi Sobat yang memiliki budget terbatas bisa membeli mobil ini karena harga Daihatsu Ceria 2003 berada di kisaran Rp. 30 juta sampai Rp. 40 jutaan dalam kondisi bekas. Saat melakukan pembelian diharapkan untuk mengecek beberapa bagian seperti eksterior, interior dan mesinnya.

9. VIDEO DAIHATSU CERIA 2003

10. KESIMPULAN DAIHATSU CERIA 2003

Mobil Daihatsu Ceria 2003 merupakan sebuah kendaraan murah dan menjadi mbahnya dari LCGC. Selain itu, konsumsi bahan bakar terbilang hemat sehingga dapat digunakan beraktivitas dengan lebih tenang. Memang pada kala itu mobil ini tidak begitu dilirik di Indonesia dan masih kalah dengan rivalnya yakni Karimun Wagon. Nah bagi masyarakat saat ini yang ingin punya kendaraan roda 4 seharga sepeda motor bisa memilih mobil ini.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Review mobil serupa

  • Spesifikasi Daihatsu Ceria 2003 : Mobil Mungil Seharga Sepeda Motor Baru

    16/10/2020| Abdul

    Spesifikasi Daihatsu Ceria 2003 : Mobil Mungil Seharga Sepeda Motor Baru

    Pada tahun 2000 an terdapat mobil yang mempunyai harga murah. Memang pada kala itu belum ada yang namanya mobil LCGC yang sekarang terkenal akan konsumsi bahan bakar yang hemat dan ramah lingkungan. Mobil murah tersebut adalah Daihatsu Ceria 2003, seperti apa spesifikasinya?

  • Review Daihatsu Terios TS Extra MT 2008: Mobil SUV Tangguh Harga Terjangkau

    23/09/2020| Abdul

    Review Daihatsu Terios TS Extra MT 2008: Mobil SUV Tangguh Harga Terjangkau

    Bila Sobat mencari kendaraan dalam segmen SUV yang mempunyai harga menarik maka Daihatsu Terios TS Extra MT 2008 bisa dijadikan salah satu pilihan. Mobil ini mempunyai mesin bertenaga dan harganya juga terjangkau.

  • Review Daihatsu Ayla 1.0 D MT 2020

    17/09/2020| Abdul

    Review Daihatsu Ayla 1.0 D MT 2020

    Mobil murah menjadi salah satu solusi bagi masyarakat yang ingin mobil baru tapi harga terjangkau. Ya benar, Sobat bisa membeli mobil Daihatsu Ayla 1.0 D MT 2020. Solusi mobil pertama dengan budget yang terjangkau di Indonesia.

International