Review Daihatsu Terios TX 2006 : Varian Tertinggi Lebih Banyak Fitur Di Dalamnya

27/12/2019| Abdul

1. PENGANTAR DAIHATSU TERIOS TX 2006

Untuk perakitan mobil Terios, dari pihak Daihatsu melakukan kolaborasi dengan Toyota dan akhirnya selain mobil tersebut juga menghasilkan Rush 2006. Untuk sasis bodi yang dipakai adalah Platform dari Toyota RAV4 gen 2 yang diterapkan pada kedua mobil besutan tahun 2006 tersebut.

Namun apabila dibandingkan dengan Toyota Rush generasi pertama yang dapat menampung 5 penumpang, Terios lebih diunggulkan terutama dari segi kapasitas penumpangnya. Meskipun begitu, pada tahun 2017 pihak Toyota memperbarui Rush hingga berkonfigurasi 7 seaters sehingga sama dengan Daihatsu Terios.

2. EKSTERIOR DAIHATSU TERIOS TX 2006

Jika dilihat secara menyeluruh maka akan tampak bodinya yang gagah dengan mengandalkan warna hitam. Desain yang dihadirkan juga tampak maskulin dan mempunyai kesan tajam.

Review Daihatsu Terios TX 2006: Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Daihatsu Terios TX 2006

Tampang depan seakan menatap tajam dengan senyuman

Kita mulai dari bagian depan, pada penggunaan Front Grille memakai latar hitam yang dipadukan dengan 2 projector headlamp ukuran besar. Di bagian tengah ada logo Daihatsu yang menghiasinya dengan mengandalkan aksen warna krom.

Kemudian untuk bumper dan rumah fog lamp terbalut menggunakan latar hitam sehingga menampakkan aura sporty dan membuat tampilannya lebih tegas. Di bagian depannya ini juga diberikan Front Under Guard yang berfungsi untuk meminimalisir kerusakan saat terjadi benturan, tergesek batu dan juga berguna saat ingin menerjang banjir. Ditambah lagi, adanya komponen tersebut membuat tampilannya lebih maskulin khas mobil SUV.

Review Daihatsu Terios TX 2006: Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping Daihatsu Terios TX 2006

Tampak samping akan terlihat ketangguhannya

Menuju ke bagian samping Daihatsu Terios TX 2006, yang mana di bagian ini akan tampak rumah spion yang sudah dibekali dengan lampu sein. Desain tersebut terbilang modern di zamannya, ditambah lagi pengendara yang sedang di sampingnya dapat mengetahui ketika Sobat akan berbelok. Bahkan tampak samping tampilan sebuah SUV juga semakin kuat dengan adanya Roof Rail di bagian atap yang berguna untuk membawa barang berlebih.

Review Daihatsu Terios TX 2006: Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil Daihatsu Terios TX 2006

Ban cadangan masih terdapat di pintu belakang mobil

Sementara di bagian buritan daihatsu Terios TX 2006 masih terdapat konde atau ban cadangan yang ditempelkan di belakang. Dengan penggunaan desain tersebut membuatnya tampil gagah. Sementara untuk lampunya memakai konfigurasi Combination Lamp yang memiliki penerangan yang berkualitas. Hanya saja untuk penggunaan ban cadangan di belakang ini juga mempunyai kekurangan, seperti misalnya pada bagian engsel pintu yang mudah mengalami keausan. Ditambah lagi pada saat pintu terbuka terlalu lama maka resikonya adalah engsel pintu akan menahan berat ban cadangan sehingga mudah mengalami keausan.

>>> Lihat Juga :

3. INTERIOR DAIHATSU TERIOS TX 2006

Review Daihatsu Terios TX 2006: Bagian Dashboard Dan Kemudi

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil Daihatsu Terios TX 2006

Kemudi mobil mudah dioperasikan dengan adanya teknologi EPS (Electric Powew Steering)

Di bagian dashboardnya terdapat fitur yang menarik dan dikemas dengan rapi. Pada Daihatsu Terios TX 2006 telah dilengkapi dengan penggunaan AC Double Blower sehingga kenyamanan yang ditawarkan terbilang lebih dibandingkan varian terendahnya yang masih memakai Single Blower.

Selain itu, fitur yang diberikan berupa panel audio 2DIN yang dihubungkan dengan penggunaan 6 buah speaker, sehingga bisa memberikan hiburan untuk pengemudi dan penumpangnya. Hanya saja untuk formatnya hanya mendukung radio dan CD.

Sementara untuk bagian kemudi telah diberikan teknologi Electric Power Steering sehingga untuk memutarnya jadi lebih ringan. Dengan begitu pengemudi tidak akan mudah kelelahan saat mengoperasikan kemudi Terios TX 2006. Ditambah lagi telah diberikannya pengaturan audio pada kemudinya ini dengan tombol sehingga kenyamanan lebih didapatkan.

Review Daihatsu Terios TX 2006: Bagian Kursi

Gambar ini menunjukkan jok mobil Pada Daihatsu Terios TX 2006

Jok mobil dapat diatur ketinggiannya agar tubuh bersandar dengan baik

Untuk konfigurasi jok mobil sudah dapat menampung 7 penumpang. Di zamannya memang konfigurasi tersebut menjadi salah satu kelebihan untuk sebuah kendaraan SUV. Ditambah lagi untuk bangku pengemudi telah diberikan jok mobil yang dapat diatur ketinggiannya sehingga dapat disesuaikan dengan postur tubuh yang membuat perjalanan lebih nyaman.

Review Daihatsu Terios TX 2006: Kapasitas Bagasi

Meskipun soal kapasitas penumpang menjadi salah satu kelebihan, tapi kalau bagasi terbilang sempit. Namun apabila ingin membawa barang lebih dan bagasi tidak muat bisa mengandalkan Roof Rail di bagian atap Daihatsu Terios TX 2006.

>>> Mungkin Tertarik :

4. FITUR DAIHATSU TERIOS TX 2006

Review Daihatsu Terios TX 2006: Fitur Hiburan

Untuk memberikan hiburan kepada pengendara dan penumpangnya, pihak Daihatsu memberikan panel audio 2DIN yang dipadukan dengan penggunaan 6 buah speaker. Untuk formatnya hanya radio dan CD, yang mana di zamannya format tersebut sudah sangat mumpuni. Selain itu, dibekali juga dengan GPS sehingga saat melewati jalan yang tidak dikenali bisa melintasinya tanpa tersesat.

Gambar ini menunjukkan head unit dan kemudi mobil Daihatsu Terios TX 2006

Fitur mumpuni di zamannya namun jika dibandingkan sekarang terbilang kurang

Review Daihatsu Terios TX 2006: Fitur Keselamatan

Berlanjut soal keselamatan, Daihatsu Terios TX 2006 telah dibekali dengan Seatbelt yang telah mendukung dengan teknologi Pretensioners dan juga Force Limiter yang membuat keselamatan lebih maksimal. Pada varian tertingginya ini juga telah diberikan sistem pengereman dengan teknologi ABS uang bisa membuat pengereman lebih presisi dan juga empuk. Yang menarik adalah adanya fitur Key Reminder yang bisa memberikan notifikasi audio pada saat kunci kelupaan dan masih tertinggal di kabin mobil. 

>>> 10 Tahun Berturut-turut Daihatsu Jadi Runner Up Mobil Terlaris di Indonesia, Ini Rahasianya​

5. OPERASI DAIHATSU TERIOS TX 2006

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Daihatsu Terios TX 2006

Mesin lebih bertenaga dan hemat konsumsi bahan bakar

Berlanjut ke bagian performa Daihatsu Terios TX 2006, yang mana pihak Daihatsu menyematkan mesin dengan kode 2SZ-VE VVT-I yang mempunyai kapasitas 1.500 cc. Dengan mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 109 Ps dan torsi puncaknya adalah 14.4 kg.m. Tidak hanya itu saja, mobil besutan Daihatsu tersebut juga terbilang hemat bahan bakar berkat penggunaan teknologi EFI(Electronic Fuel Injection) yang disematkan. 

>>> Klik Di Sini Jika Berniat Membeli Mobil Daihatsu Terios

6. SPESIFIKASI DAIHATSU TERIOS TX 2006

Berikut ini merupakan spesifikasi Daihatsu Terios TX 2006 :

DIMENSI

Panjang

4.385 mm

Lebar

1.745 mm

Tinggi

1.740 mm

Jarak Sumbu Roda

2.685 mm

MESIN

Tipe Mesin

1.5 Liter 3SZ-VE DOHC 4 Silinder Segaris 16 Katup DOHC VVT-i

Kapasitas

1.495 cc

Tenaga Maksimal

109 PS / 6.000 Rpm

Torsi Maksimal

14.4 Kg.m / 4.400 Rpm

Transmisi

5 Tingkat Manual / 4 Tingkat Otomatis

Sistem Bahan Bakar

EFI

HANDLING DAN SUSPENSI

Rem Depan

Disc

Rem Belakang

Drum

Suspensi Depan

MacPherson Strut dengan Coil Spring dan Stabilizer
Suspensi Bela

5 Link Rigid Axle dengan Coil Spring

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN DAIHATSU TERIOS TX 2006

Berikut kelebihan dan kekurangan Daihatsu Terios TX 2006 menurut pandangan kami :

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Dengan adanya rida cadangan di belakang tampilannya lebih gagah dan terlihat maskulin. Di zamannya memang desain ini sangat diunggulkan

Kapasitas bagasi yang dimiliki terbilang sempit dan jika ingin membawa banyak barang perlu ditempatkan di atap

Di bagian head unit telah mendapatkan GPS sehingga akan mempermudah pergi ke suatu tempat yang dituju tanpa takut tersesat

Penggunaan roda belakang bisa membuat engsel pintu mengalami keausan apabila terlalu lama pintu belakang dibuka

Dapat menampung 7 penumpang mengingat mobil ini adalah sebuah SUV sehingga dapat mengajak anggota keluarga jalan-jalan

Format pada sistem audio hanya radio dan CD saja dan belum se modern zaman sekarang yang sudah memakai USB dan juga Bluetooth

Performa mesin yang dimiliki cukup mumpuni dan dengan teknologi EFI konsumsi bahan bakar jadi lebih irit   

 

8. DAFTAR HARGA DAIHATSU TERIOS TX 2006

Sebagai mobil yang dikeluarkan tahun 2006, tentunya mustahil untuk bisa mendapatkannya dalam kondisi baru. Jadi jika mempunyai minat pada mobil SUV satu ini harus membeli dalam kondisi second. Untuk harga bekas Daihatsu Terios TX 2006 berkisar antara Rp. 85 jutaan sampai Rp. 115 jutaan. Namun harga tersebut tergantung kondisi mobil dan juga wilayah tempat menjualnya.

9. VIDEO DAIHATSU TERIOS TX 2006

10. KESIMPULAN DAIHATSU TERIOS TX 2006

Daihatsu Terios TX 2006 bisa menjadi pilihan bagi Sobat yang menginginkan sebuah SUV kapasitas 7 penumpang dengan harga yang terjangkau. Soal mesin mempunyai tenaga mumpuni dan hemat konsumsi bahan bakar. Ditambah lagi untuk jaringan diler Daihatsu terbilang mudah ditemui sehingga sial perawatan akan tergolong mudah.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Review mobil serupa

  • Review Daihatsu Terios TX 2006 : Varian Tertinggi Lebih Banyak Fitur Di Dalamnya

    27/12/2019| Abdul

    Review Daihatsu Terios TX 2006 : Varian Tertinggi Lebih Banyak Fitur Di Dalamnya

    Terios merupakan salah satu mobil SUV besutan Daihatsu. Yang mana untuk pembahasan kali ini adalah mengenai Terios TX 2006 yang merupakan varian tertinggi. Dulunya mobil ini tergolong populer terutama untuk wilayah perkotaan. Lantas apa yang membuatnya begitu? Mari kita simak ulasannya tentang review Daihatsu Terios TX 2006.

  • Review Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2016

    27/09/2019| Fatchur Sag

    Review Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2016

    Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2016 hadir dengan banderol harga paling murah dan paling terjangkau. Meski demikian Anda harus mempertimbangkan masak-masak untuk membeli mobil ini. Mau tahu alasannya, simak review-nya berikut!

  • Review Daihatsu Sigra 1.2 R AT Deluxe 2016

    25/09/2019| Fatchur Sag

    Review Daihatsu Sigra 1.2 R AT Deluxe 2016

    Daihatsu Sigra 1.2 R AT Deluxe 2016 sangat mencolok pada harganya yang terjangkau dan punya kapasitas penumpangnya yang besar, tapi bukan itu saja kelebihan yang dimiliki. Simak ulasan lebih lengkap Daihatsu Sigra 1.2 R AT Deluxe 2016 berikut!

International